Hot!

Percik



Tuhan menciptakan semua hari berbeda. Hari ini tentu tidak sama persis dengan hari kemarin. Begitupun dengan hari yang lain. Tapi Tuhan senantiasa menciptakan kesempatan-kesempatan yang sama pada semua hari. Yang selalu bisa merebut kesempatan adalah manusia pemikir tapi sekaligus pekerja.

Orang kaya adalah orang yang senantiasa merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. Sebaliknya orang miskin adalah orang yang selalu merasa belum cukup dengan segala apa yang dimilikinya. Batas antara keduanya terletak pada bentuk kesyukuran.

Mengapa manusia harus punya impian? Ternyata impian adalah bagian terbesar dalam sejarah peradaban dan kebudayaan manusia. Manusia yang tidak punya impian adalah manusia yang tidak ingin melanjutkan hidup.Maka hidupkanlah impian-impian anda.

Kebahagiaan yang sesungguhnya ternyata hanya bisa kita rasakan ketika kita bisa membahagiakan orang lain tanpa pamrih dan merasa lega ketika mampu membahagiakannya dengan andil terbesar kita.

Hanya tiga unsur terpenting yang selama ini selalu berhasil mendamaikan dunia, yaitu: agama, seni dan cinta! Milikilah ketiganya ataupun hanya salah satu dari ketiganya.

Tidak ada tugas yang lebih berharga dari orang-orang muda kecuali mengambil alih dan berani menyempurnakan tugas orang-orang tua.

Cinta kadang bisa menjadi lahan tandus bagi persahabatan. Tetapi sebaliknya persahabatan selalu menjadi lahan subur bagi tumbuhnya benih-benih cinta.

Salah satu ciri khas dari seorang manusia utuh dan patut merasa bahagia adalah ketika alam dan semua makhluk yang berada di dekatnya selalu merasa nyaman dan aman setiap dia datang. Setiap dia pergi, maka semua merindukannya.

Seberapa pentingkah sebuah ide yang paling gila sekalipun? Ternyata yang paling banyak mengubah dunia adalah ide-ide gila dari orang-orang besar dalam sejarah! Di masa renaissance Leonardo Da Vinci punya ide untuk bisa terbang seperti burung. Orang-orang di zaman Leonardo menganggap itu ide gila! Tapi ternyata 100 tahun kemudian Wilbur Wright berhasil membuktikan ide Leonardo bahwa manusia bisa terbang seperti burung. Wright berhasil menciptakan pesawat terbang pertama di dunia. Dan ratusan lagi contoh lainnya, betapa pentingnya sebuah ide gila.! (ivan- Selasa, 17 Februari 2009)

Tidak ada rezeki yang paling bermanfaat kecuali tiga hal, yaitu: kesehatan, umur yang diisi kebaikan-kebaikan dan ilmu pengetahuan yang ditularkan kepada sesama.

Memindahkan sebuah gunung jauh lebih mudah daripada memindahkan sebuah keyakinan seseorang. Keyakinan, dia adalah senjata paling mematikan dan harus tetap dijaga sampai akhirnya yang memiliki keyakinan itu mati.

Ada orang yang mengelilingi dunia tapi tidak mendapatkan apa-apa selain pengalaman-pengalaman kejahatan yang semakin membuatnya sesat. Cara terbaik mengelilingi dunia adalah mulai berangkat dari hati yang bersih, dalam perjalanan membaca buku dan akhirnya bisa membaca kehidupan.

Menenangkan hati dan menyegarkan pikiran kadang sulit diperoleh walaupun telah berada pada tempat yang paling menyenangkan di dunia. Ternyata kuncinya memang bukan tergantung pada tempatnya melainkan pada niat untuk benar-benar menyegarkan pikiran.

Manusia telah dirancang untuk bisa saling memahami dan saling pengertian. Ketika itu sudah tidak ada dalam diri anda, sepertinya telah terjadi kerusakan pada salah satu bagian penting dalam diri anda.

Seberapa parahkah sebuah keserakahan? Dia cikal bakal kolonialisme, perang dunia dan semua bentuk kejahatan yang ada di muka bumi. Manusia bijak adalah yang selalu berhati-hati terhadap benih keserakahan meski sekecil atom sekalipun.

Mengerjakan sesuatu yang bermanfaat walau kelihatan sepele tapi rutin dan rajin jauh lebih berharga daripada mengerjakan sesuatu yang kelihatan sebagai pekerjaan besar tapi dikerjakan dengan setengah hati.

Seringkali kita baru merasa kehilangan ketika sesuatu yang kita miliki telah hilang. Tidak demikian halnya ketika kita masih memilikinya.

Lamunan adalah teman terdekat bagi kesunyian. Jika ingin menjadikannya sebagai kekasih terbaik bagi kesunyian, mintalah ia untuk berubah menjadi sebuah inspirasi.

Bilamanakah selembar uang itu dihargai? Ternyata cuma ketika digunakan sebagai alat tukar semata. Sangat berbeda dengan senyum sang pemilik uang, dia tetap dihargai dan bernilai seterusnya tanpa dipengaruhi inflasi sekalipun.

Hanya satu bentuk komunikasi yang paling dahsyat, yaitu: sebuah senyuman tulus.

( Ivan-Kamis 19 Februari 2009)

Melawan kekerasan dengan kekerasan pula adalah bukan kesalahan tapi yang pasti adalah sebuah bentuk kekalahan berpikir.

Jangan pernah berani untuk mewakili orang banyak jika tidak banyak tahu tentang keinginan-keinginan mereka. Mengkhianati mereka adalah malapetaka bagi diri sendiri tapi justru kemenangan bagi mereka.

Seorang pemimpin adalah orang yang pertama kali merasa lapar sebelum orang-orang yang dipimpinnya merasa lapar. Tapi paling belakangan merasa kenyang setelah orang-orang yang dipimpinnya kenyang.

Sebuah kemarahan dibutuhkan ketika terjadi angkara murka di depan mata. Sebuah ambisi kekuasaan dibutuhkan ketika terjadi ketimpangan dan ketidakadilan. Niat baik dan tanpa pamrih yang bisa mewujudkannya.

Kebenaran tanpa kekuatan adalah hal yang hampir mustahil. Kekuatan tanpa kebenaran adalah hal yang konyol.

Kemarin adalah tentang bagaimana yang telah dilakukan. Hari ini adalah tentang bagaimana sedang melakukan. Esok adalah perpaduan dari keduanya.

Sebait puisi lebih ditakuti oleh para pemimpin yang bijak sebab ternyata sebait puisi lebih berbahaya daripada satu batalyon tentara musuh.

Orang yang enggan berdoa adalah makhluk yang paling sombong di muka bumi. Berdoalah sebagai tanda makhluk yang merendahkan diri di hadapan Sang Maha Pencipta.

Sepuluh orang pemuda yang memberontak sangat efektif jika diajak untuk melakukan sebuah perubahan dibanding seribu orang tua yang berjiwa oportunis.

Memberikan sebahagian harta yang kita miliki kepada orang yang lebih membutuhkan ternyata itu tidak membuat kita menjadi miskin tapi malah semakin membuat kita kaya dan bahagia.

Seberapa pentingkah sebuah konsentrasi? Dalam semua sejarah bangsa-bangsa di dunia yang pernah berperang tidak ada peperangan yang berhasil dimenangkan tanpa konsentrasi.

Tidak akan pernah terasa bagaimana kenikmatan hidup jika dalam hidup ini tak pernah sekalipun mencicipi kepahitan dan kegetiran.

Ivan, 22 Februari 2009

2 apresiator:

  1. Percik adalah kumpulan olah pikir dan rasa yang sangat memungkinkan ada saja yang mirip dengan kalimat-kalimat bijak seorang tokoh. Tapi percik adalah sebuah originalitas yang lugu dari pemukim blog. Pesan-pesannya sangat memungkinkan tidak relevan dengan sikap atau keseharian pemukim blog ini.

    BalasHapus
  2. percik hanya sejenak olah pikir dan rasa ketika hidup diseduh ke dalam bejana harapan

    BalasHapus