Hot!

Seniman Sulsel

Setelah membaca tulisan pada Daftar Nama sastrawan Indonesia, seorang teman mengernyitkan kening. Dia bertanya dengan agak gelisah,"Kapan-kapan tulis juga dong tentang daftar sastrawan Sulawesi Selatan." Saya berusaha meluluskan permintaannya. Agak berat juga sebab referensi tentang itu memang langka. Kelangkaan itu karena dua hal. Pertama karena memang jumlahnya sedikit. Kedua karena memang banyak tapi tidak pernah terkoordinasi dengan tepat. Paling cuma sekelebatan makhluk bernama Celebes Award atau apalah namanya.

Di depan teman yang gelisah itu saya mencoba mengingatkannya akan beberapa nama seniman, sastrawan dan budayawan yang mungkin juga pernah hinggap di kepalanya. Basri Baharuddin Sila dari Bone, seorang seniman musik, Andi Abu Bakar Hamid (seniman tari), Mike Turusi dari Tator (perupa), Badaruddin Amir dari Barru (sastra), Ahmad Dharsyaf Pabottingi dari Bulukumba (seni teater).

Sementara yang berdedikasi di bidang kebudayaan, bisa disebut Andi Anton Pangerang dari Palopo, H A M Ali dari Bone, AM Mappasanda dari Enrekang, Anwar Ibrahim dari Makassar, Drs Muhannis dari Sinjai, dan Akhyar Anwar.

Mungkin masih banyak lagi. Saya masih mencoba menguras ingatan tapi teman di hadapan saya terlanjur menguap karena mengantuk. Mungkin dia juga tak akan menyangka bahwa perbincangan kecil itu bahkan telah memproduksi sebuah ide kecil untuk mencoba mengabsen mereka yang masih tersisa di Sulawesi Selatan. Seniman dan budayawan yang pernah memperoleh Celebes Award, hampir pasti tak dikenali atau kurang dikenali oleh sekampungnya sendiri. Teman itu pernah bertanya dengan nada gusar,"Sebenarnya siapakah paling yang berhak untuk mendefenisikan bahwa seseorang adalah seniman?" Giliran saya yang mengantuk setelah mendengar kegusarannya.


..:: Berita Lengkapnya ::..

0 apresiator:

Posting Komentar