Home » » Fredy S, Yang Tidak Diakui Tapi Dikagumi

Fredy S, Yang Tidak Diakui Tapi Dikagumi

Posted By Ivan Kavalera on Jumat, 24 Juli 2009 | Juli 24, 2009


Saya mempunyai seorang tante yang suka membaca dan mengoleksi novel berjumlah sekitar 200 lebih novel Fredy Siswanto. Kata tante, koleksi novel tersebut dimulainya sejak masih duduk di bangku SMP. Tapi penulis merasa masygul hingga hari ini. Kemasygulan itu disebabkan tidak adanya pengakuan dunia sastra Indonesia terhadap Fredy S yang sebenarnya adalah seorang penulis hebat. Novelis pop yang telah menulis novel sebanyak 300 lebih judul ini ternyata tidak pernah dianggap ada di kancah sastra Indonesia. Namanya Fredy Siswanto atau menuliskan Fredy S saja pada sampul novelnya yang laris manis dan benar-benar selalu habis dibeli oleh jutaan penggemarnya.

Ratusan novel Freddy berjaya pada dekade 80 hingga 90-an di Indonesia. Tapi mengherankan, tetap saja di pentas sastra Indonesia dia diangggap tidak pernah ada. Mungkin saja sebab dia bukanlah Sutan Takdir Alihsyahbana, WS Rendra, Romo Mangunwijaya ataupun HB Yassin. Kebanyakan para kritikus memvonis karya-karyanya
memang jauh dari apa yang kerap disebut karya sastra dari sisi kualitas . Oleh karena itu novel-novelnya harus terpinggirkan dan harus puas dengan cap sebagai roman picisan bahkan ada yang menyebut sastra kaki lima. Tapi toh Fredy tidak pernah peduli. Novelnya tetap membanjiri kamar-kamar para remaja tanah air.

Sekitar 100 judul novelnya ternyata telah diterbitkan oleh beberapa penerbit luar negeri terutama di kawasan Asia.Novel-novelnya laku keras dijual di Malaysia, Singapur dan Brunei Darussalam. Ia menulis tentang apa saja terutama tentang cerita cinta. Mulai yang humor sampai serius. Gaya berceritanyamemang kadang tidak konsisten, terkadang dia meniru gaya pengarang yang sudah terkenal, Ashadi Siregar misalnya. Namun, salah satu novelnya Senyumku adalah Tangisku diangkat ke film layar lebar, dan sukses. Film itu diproduksi tahun 1980-an dengan bintang Rano Karno dan Anita Carolina.


Harus diakui, Fredy S adalah fenomena unik dalam mengajak kaum remaja agar gemar membaca. Fredy seangkatan dengan Abdullah Harahap juga Maria Fransiska di era 80-an di mana karyanya banyak dinantikan para penggemarnya. Dengan sangat mudah buku-bukunya dapat dijumpai di kaki lima, lapak koran, dan penjual buku eceran sebelum kemudian menjadi santapan anak-anak sekolahan dan mahasiswa. Dari kalangan muda inilah karya-karya Fredy banyak memperoleh sambutan hangat. Satu fenomena unik juga sebab kadang adegan-adegan nakal di beberapa lembar halaman novelnya menjadi koleksi dan beredar di antara anak-anak sekolahan.

Siapapun tidak dapat memungkiri novel-novel popular karya Fredy Siswanto merupakan salah satu jenis novel popular yang laku di pasaran. Hal ini tidak terlepas dari unsur-unsur intrinsik pembentuk novel. Unsur-unsur yang paling dominan dalam novel popular karya Fredy Siswanto yang berkaitan dengan struktural novel dan aspek penerbitan yakni tokoh yang steorotip dan adanya unsur tema yang ditonjolkan. Dengan demikian kaitan antara struktur novel dengan penerbitannya konsisten dengan ciri-ciri novel popular. Unsur-unsur tersebutlah yang menjadi pedoman penerbit bahwa karya sastra tersebut layak diterbitkan dan dibaca masyarakat. Dan terbukti masyarakat kita menerimanya dengan hangat. Mereka menikmatinya sebab memang novel Fredy adalah karya seni sastra.



*Tulisan ini Ivan dedikasikan buat sobat-sobat blogger yang tetap berdedikasi menulis apa saja di blognya. Tetaplah menulis dengan penuh semangat, kawan. Jangan peduli dengan nada sumbang. Teristimewa kepada beberapa sahabat (Newsoul, Joni, Irma, mbak Latifah, dan Bagus Siedharta) yang telah menganugerahkan award kepada Ivan. Maaf sebesar-besarnya sebab Ivan belum diberi waktu oleh Allah, SWT untuk mereview atau membalas award teman-teman dalam sebuah edisi khusus. Salah satu penyebabnya adalah terjadi broken link di blog ini dan memerlukan perbaikan beberapa waktu. Tapi Insya Allah, suatu saat. Kalau boleh, anggap saja ini adalah award sementara untuk semua yang telah memberi award juga semua yang telah mampir di sini. Terimakasih.

Share this article :

60 komentar:

  1. *Tulisan ini Ivan dedikasikan buat sobat-sobat blogger yang tetap berdedikasi menulis apa saja di blognya. Tetaplah menulis dengan penuh semangat, kawan. Jangan peduli dengan nada sumbang. Teristimewa kepada beberapa sahabat (Newsoul, Joni, Irma, mbak Latifah, dan Bagus Siedharta) yang telah menganugerahkan award kepada Ivan. Maaf sebesar-besarnya sebab Ivan belum diberi waktu oleh Allah, SWT untuk mereview atau membalas award teman-teman dalam sebuah edisi khusus. Salah satu penyebabnya adalah terjadi broken link di blog ini dan memerlukan perbaikan beberapa waktu. Tapi Insya Allah, suatu saat. Kalau boleh, anggap saja ini adalah award sementara untuk semua yang telah memberi award juga semua yang telah mampir di sini. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Wah harusnya aku 'kenal' nih dengan Fredy S. ini karena ternyata karyanya banyak dipublikasikan pada tahun 1980-an sampai 1990-an ya..?
    Tapi ternyata pada jaman itu aku lebih suka baca buku-2 Agatha Chirstie dan Sidney Sheldon.
    Bukan karena aku tak suka dengan Fredy S., namun karena aku bukan penggemar novel roman.
    Saat ini masih ada gak ya buku-2 Fredy S. ? Jadi pengen 'mengenal' hasil karyanya nih....
    Thanks infonya...

    BalasHapus
  3. Wah jadi ingat, kakak perempuan saya penggemar berat Freddy S, dulu saya gak ngerti kenapa dia suka novel2 Freddy S. Freddy S, dia hebat, produktif di zamannya. Setuju setiap penulis punya genre, gaya dan stylenya sendiri. Dan van, terimakasih sudah mempersembahkan tulisan ini kepada kami. Kalau saya, hehe, menulis memang sesuka saya saja. Apa yang mengendap di benak ya saya tuliskan, siapa tau ada hikmah yang bisa dipetik oleh orang lain yang membacanya.

    BalasHapus
  4. terima kasih atas dukungannya sesama blogger yang berprinsip tetap menulis dengan semangat di blognya! Informasinya sangat bermanfaat dan memberi dukungan semangat tanpa ada kata putus asa!

    BalasHapus
  5. Sahabat..
    Award tidak selalu harus ber-bentuk sebuah gambar yg indah ataupun bentuk lainnya ...
    Tapi award yg sesungguhnya ialah ungkapan yg tulus keluar dari hati yg terdalam .
    Ungkapan sahabat ..telah mewakili penghormatan bagi kami..Terimakasih sahabat .

    Untuk Fredy S,dia patut di beri gelar penulis novelis sejati ...

    BalasHapus
  6. wah.. selama ini novel2 dari bang fredy yang pernah tak liat beraroma exotic.. hihihih... dasar saya nya aja yang punya otak mesum.. salam kenal mas... tetap semangat nulis..

    BalasHapus
  7. ketika saya menghadiri seminar2 kepenulisan atau sekedar kelas mneulis karyanya cenderung d identikan dengan karya terminal. yang terpinggir.

    Jadi inget dulu ketika saya kecil, saya sering mencuri2 novel kaka sepupu saya untuk membacanya. hampir semua yang di punyainya adalah karyanya. Salut sama beliau, gak ada matinya dalam berkarya. Saya mohon maaf selalu lambat datang. terkadang, kesibukan membuat saya sok sibuk. :( makasih dah muat mbak Helvy, saya sudah ketemu belia beberapa kali. Lagi2, untuk awalnya ketemu di rumah dunia :)

    BalasHapus
  8. *Tulisan ini Ivan dedikasikan buat sobat-sobat blogger yang tetap berdedikasi menulis apa saja di blognya. Tetaplah menulis dengan penuh semangat, kawan. Jangan peduli dengan nada sumbang."

    Aku suka dengan semangatnya yang mas Ivan tulis. Penulis, gak harus menerbitkan buku khan? sekarang, teknologi dah canggih hehehe... lagian, Annida juga sudah gak beredar di pasaran khan?

    Baca tentang mbak Helvy, merinding aku di buatnya. Sungguh ketika melihat masa lalunya perjuangnnya cukup luar biasa.

    Oh ya, mbak Helvy sudah. Giliran minta request adiknya boleh gak? mbak Asma nadia..

    BalasHapus
  9. wkwkwk... dulu sy suka baca karya freedy ini.. tapi emang tidak segeret karya sastra layaknya

    BalasHapus
  10. wakakakakkak..jadi inget waktu sd sering baca karyanya....malah sempet di marahin kakak, karena cerita percintaan semua...heheheh

    BalasHapus
  11. soudara aq juga punya koleksinya pak fredy s, ga tau sekarang masih ada atau ga..sudah lama bgt sih aq liatnya..

    BalasHapus
  12. salam sobat,,hebat ya FREDY S..banyak menulis novel yang top walaupun tidak diakui tetapi layak dengan diacungkan jempol karyanya.

    BalasHapus
  13. @ reni, penggemar cerita misteri dan detektif ya mbak? Insya Allah akan ada review khusus cerita misteri.
    @ Newsoul,..dan siapapun termasuk saya tak akan pernah melewatkan hikmah2 yg beraroma harum dari taman bunga bunda Elly.
    @ belly, smangat '45 kan mas belly? Ntar lagi 17 Agustusan nih he he
    @ ateh75, terimakasih mbak, duuh bener lho jadi gak enak nih.
    @ kucrit, makasih kang. wah, bernostalgia lagi nih ha ha..
    @ anazkia, Insya Allah mbak. Adiknya nyusul..
    @ jaloee, hmm, waktu itu kelas berapa kang? Wah pasti masih ada bertumpuk novelnya di kamar nih he he..
    @ buwel, seru lho kalo cerita cinta he he..
    @ Sigit, pasti masih disimpan koleksinya tuh..
    @ NURA, ya sepakat. Sehebat blogger2 Indonesia. thanks. Oh ya maaf telat nih dipasang banner anda di rumahku yg sederhana ini.

    BalasHapus
  14. for u my lovely father.. FREDY SISWANTO..
    thanks for giving me life in this world...
    deep in my hearts i will always LOVE U..
    your daughter.. NILA DAMAYANTI

    BalasHapus
  15. Freddy S, adalah teman saya dan kawan-kawan masa tinggal di Asrama sepanjang menempuh pendidikan SMA. Novel2 Freddy kami selundupkan ke Asrama, menemani kami melewati jadwal tidur siang yang diwajibkan.

    Freddy S, menciptakan tokoh cerita pria dan wanita setara, termasuk dalam menikmati seks. Sebuah perlawanan terhadap keangkuan maskulinitas di masyarakat kita.

    Artikel ini sungguh membangkitkan kenangan akan gairah muda....

    BalasHapus
  16. mmmmm... thanks buat postingan tentang karya om saya. memang di koleksi pribadi ada ratusan koleksi beliau. Gapapa kalo memang karyanya tidak pernah dianggap sebagai karya satra. Karena dasar ideologi menulis adalah berkarya. Apapun bentuknya, karya om saya sudah pernah menjadi bagian anak anak muda dijamannnya. Siapa yang nggak kenal novel Fredy S di tahun 80 an... Thanks for all

    BalasHapus
  17. Terimakasih kepada semua yang telah mampir. Teristimewa kepada teman, anak dan keponakan Fredy S.

    BalasHapus
  18. analisa yang menarik! saya smp sekitar tahun 1990-an dan novel freddy banyak beredar di kalangan kami dulu. ketika tanpa sengaja ayah saya menemukan novel tsb di kamar saya, beliau marah2 karena menganggap saya membaca buku porno sekelas nick carter. sejak itulah saya selalu dibelikan buku2nya sidney sheldon atau buku2 classic spt les miserables dan wuthering heights.

    freddy s memang fenomena yg unik, tidak diakui oleh elite2 sastra kita namun terus berkarya dan menghiasi hati anak2 muda pada jamannya.

    BalasHapus
  19. Saya pernah curi-curi Novel punya om saya yang saat itu masih kuliah, sedangkan aku waktu itu masih SD. Kalau kepergok ya dimarahi, kalau nggak ya sampe puas tuh bacanya

    BalasHapus
  20. saya pernah baca novel-novel fredy s di pesantren, disaat jenuh menghadapi situasi ujian, karya fredy s membuat saya jadi fresh kembali. momentum mengingat masa lalu hehehe..

    BalasHapus
  21. saya pernah baca novel-novel fredy s. karya2 emang patut di acungi jempol

    BalasHapus
  22. ...Dari 100 lebih novel yang pernah aku baca 70%nya karya Fredy S sisanya karya Bastian Tito 20%, Maria Fransiska, Abdullah Harahap 10%...." TAK HARUS MENDAPAT GELAR APAPUN JIKA IKHLAS BERKARYA, BERKARYALAH... APAPUN KATA ORANG " Jika Baik menurutmu berbuatlah, jika buruk menurutmu, tinggalkanlah..."

    BalasHapus
  23. ...Dari 100 lebih novel yang pernah aku baca 70%nya karya Fredy S sisanya karya Bastian Tito 20%, Maria Fransiska, Abdullah Harahap 10%...." TAK HARUS MENDAPAT GELAR APAPUN JIKA IKHLAS BERKARYA, BERKARYALAH... APAPUN KATA ORANG " Jika Baik menurutmu berbuatlah, jika buruk menurutmu, tinggalkanlah..."

    BalasHapus
  24. dulu blue sekali beli buku karyanya pas plng sekolah di daerah blok m ...hahha........pas beli pas ada acara hmmnya....hahahha.......seru seru......

    BalasHapus
  25. dulu aku pernah punya bisnis sewa novel ini jadi novel favorit pilihan remaja selain wiro sableng tentunya, sekarang pun saya masih punya beberapa koleksinya Van, Selamat menunaikan ibadah puasa Van

    BalasHapus
  26. wah...klo cerita novel bang freddy.s di zamannya mah gila lho...ampe2 gue menabalkan salah satu nama tokohnya pada adik perempuan gue yg bernama Dian Nur Hayati.Ada yang ingat gak,judul novel tersebut?

    BalasHapus
  27. gimana downloadnya

    BalasHapus
  28. aku pingin membeli novel lama yg berjudul BADAI KEMESARAN

    BalasHapus
  29. jumpa lagi untuk menyimak artikel yang sangat bagus ini terimakasih selamat beraktivitas kembali :)

    BalasHapus
  30. saya membaca semua artikel pada website ini dan ternyata memang bermanfaat, saya ucapkan banyak terimakasih untuk berita yang telah di sampaikan, semoga admin tak jemu untuk terus berikan kami informasi seperti ini. sukses selalu ...

    BalasHapus
  31. terimkasih infonya, sangat bagus sekali, mudah di mengerti dan tetap selalu menjadi web yang bagus .. sukses yaaa :)

    BalasHapus
  32. terima kasih telah berbagi..
    mudah2n jadi berkah dan manfaat gan..

    BalasHapus
  33. website ini penuh dengan informasi yang bermanfaat .. thank

    BalasHapus
  34. Kunjungan di pagi hari yang amat menyenangkan dengan suguhan artikel cukup menarik....

    BalasHapus
  35. informasi yang sangat berguna sekali khususnya bagi saya sebagai pembaca
    terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  36. terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya.

    BalasHapus
  37. dikunjungan pagi ini saya izin simk beritanya gan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas infonya

    BalasHapus
  38. terimakasih atas infonya,,kami sangat menunggu informasi yang selanjutnya.

    BalasHapus
  39. Terimakasih ya atas informasi yang sangat bermanfaatnya ini.

    BalasHapus
  40. Informasi yang bermanfaat, ditunggu update terbarunya

    BalasHapus
  41. seluruh isi beritanya sangat menarik sekali.
    terimakasih banya nih.

    BalasHapus
  42. Mungkin ini bisa jadi berita yang mengispirasi.

    BalasHapus
  43. Maaf jika ada sedikit bahasa saya yang mungkin anda sukar untuk fahami kerana saya menggunakan Bahasa Malaysia. Sebenarnya ibu saya pernah memiliki novel karya Fredy S pada pertengahan tahun 80 an yang bertajuk KARTIKA. Novel ini bersambung sehingga menjadi 7 buah buku. Plot cerita ini saya sangat suka di mana seorang wanita bernama Kartika yang berasal dari desa pergi ke kota Jakarta untuk mencari suaminya. Setelah bertemu dengan suaminya beliau sendiri amat terkejut di mana suaminya merupakan ketua mafia lalu suaminya tidak mengakui dirinya sebagai isteri. Kemudian beliau bertemu dengan seorang pelacur kelas atasan bernama Marina dan wanita itulah yang menyara hidup beliau. Apabila wanita itu mati beliau disara oleh teman lelaki wanita itu yang merupakan lelaki kulit putih. Dendam terhadap suaminya yang membuatkan beliau terus untuk memburu suaminya. Rasanya setakat itu sahaja yang dapat saya ceritakan kerana ceritanya sangat panjang sehingga menjadi 7 buah buku. Masalahnya sekarang di mana saya bisa mendapatkan buku-buku itu kerana buku-buku ibu saya telah hilang...Harap dapat membantu...

    BalasHapus
  44. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  45. Terima kasih, jangan lupa kunjugi web kami untuk melihat ramalan zodiak hari ini. http://zodiaker.blogspot.com/

    BalasHapus
  46. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  47. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  48. Harapan kita terus memberi inovasi yang baru, up to date dalam menyampaikan berita.

    BalasHapus
  49. terimakasih atas informasinya yang bermanfaat.

    BalasHapus
  50. selamat sore, terima kasih informasinya semoga sukses selalu dan ditunggu berita terbarunya lagi. Salam Sehat !

    BalasHapus
  51. Di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda ..

    BalasHapus
  52. selamat sore admin,
    Makasih banyak untuk informasinya.
    Semoga informasinya bermanfaat!

    BalasHapus
  53. terimakasih untuk informasi yang sudah anda berikan,
    salam sehat admin ..

    BalasHapus

  54. Informasinya sangat berguna sekali menjadikan ilmu pengetahuan saya semakin bertambah, Terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday