Hot!

Mengungkap Sedikit Misteri Agatha Christie


Bagi anda yang pecandu cerita misteri mungkin pernah membaca salah satu atau puluhan karya Agatha Christie. Hampir pasti, anda yang aslinya tergolong pembaca misteri tak akan pernah mau membuka lebih dulu halaman terakhir dari novelnya. Sebab menikmati karyanya jelas lebih menegangkan jika membukanya dari awal hingga tamat. Kisah-kisah misteri dan detektifnya membius dunia dan membuatnya sangat laku sepanjang masa . Buku-bukunya telah terjual lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris dan satu miliar lagi dalam 45 bahasa asing hingga 2003. Dame Agatha Mary Clarissa Christie, lahir pada 15 September 1890 dan wafat 12 Januari 1976 di Inggris, negeri yang banyak memberinya inspirasi seperti halnya William Shakeaspeare.

Terlanjur identik dengan novel misteri membuatnya lebih dikenal dengan novelis misteri dibanding sebagai penulis dengan genre roman. Padahal sebenarnya Christie juga menulis kisah-kisah roman dengan nama Mary Westmacott. Karyanya dengan nama Mary Westmacott, di antaranya Giant's Bread, Unfinished Portrait Novel, dan The Rose and the Yew Tree. Christie juga seorang pemain sekaligus penulis naskah teater. Sandiwara panggungnya "The Mousetrap" memegang rekor sebagai sandiwara dengan masa putar terpanjang di London,—sejak dimulai pada 25 November 1952 hingga sekarang ia telah diputar lebih dari 20.000 kali.

Christie pernah bekerja sebagai seorang apoteker pada masa Perang Dunia II. Pekerjaan itu mempengaruhi karyanya. Misalnya banyak dari pembunuhan dalam kisah-kisahnya dilakukan dengan racun. Pada Desember 1926 dia menghilang selama sebelas hari dan menimbulkan suatu keributan dalam pers. Mobilnya ditemukan dibiarkan kosong di sebuah lubang kapur. Dia akhirnya ditemukan sedang tinggal di sebuah hotel di Harrogate, di mana dia mengatakan bahwa dia telah mengalami amnesia yang disebabkan gangguan urat syaraf setelah kematian ibunya dan masalah dalam perkawinan pertamanya. Bersama suaminya Sir Max Mallowan, seorang arkeolog Inggris, dia menjelajahi Timur Tengah yang memberinya banyak ide untuk beberapa novelnya. Novel-novel lainnya mengambil lokasi di Torquay, Devon, di mana di dilahirkan.

Christie telah menerbitkan lebih dari 80 novel dan sandiwara teater yang kebanyakan merupakan kisah detektif dan misteri ruangan tertutup, kebanyakan berkisah mengenai salah satu tokoh serialnya, Hercule Poirot atau Miss Marple. Dia adalah seorang tokoh besar dalam fiksi detektif untuk keberhasilan komersilnya dan inovasinya dalam genre tersebut. Ciri khas Christie adalah kemampuan mengaduk-aduk alur cerita namun tetap mempersulit kisahnya dengan teka-teki yang lain dari umumnya. Dia juga sangat teliti dalam "bermain adil" terhadap para pembacanya dengan memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan teka-tekinya diberikan. Salah satu karya awalnya, "Pembunuhan atas Roger Ackroyd", terkenal untuk akhir ceritanya yang tak terduga dan mengejutkan.

Beberapa novelnya yang difilmkan seperti: Pembunuhan di Atas Orient Express, Pembunuhan di Sungai Nil, Kereta 4.50 dari Paddington. BBC telah memproduksi versi televisi dan radio dari hampir semua kisah-kisah Poirot dan Marple. Pada 1971 dia dianugerahi gelar "Dame Commander of the British Empire". Anda ingin lebih jauh menyibak "misteri" Agatha Christie? Silahkan buka saja Situs resmi Agatha Christie.

11 apresiator:

  1. Agataha C. satu nama yg layak dapat penggemar. saya juga suka novelnya meski yang ukuran kecil.

    klo yang halamannya tebal......hihikz,ga sabar nyelesaikannya.

    well, kapan post abaout habiburrahaman coba kepiye jal?

    BalasHapus
  2. Ulasan yang mantap tentang riwayat Agatha Christie van. Jadi tau lebih banyak tentang riwayat kepenulisannya.

    BalasHapus
  3. Thanks atas infonya. Saya fans berat Agatha Christie. Aku suka dgn gaya penulisannya yg menitikberatkan pada logika, karakter tokoh dan sisi psikologis manusia. Senang rasanya menemukan pelajaran ttg watak. Semua tokohnya adalah personifikasi org2 biasa seperti kita, yang walau di luar baik2 saja, namun tetap mampu melakukan suatu kejahatan. Dari situ aku belajar, bahwa menjadi baik atau jahat, tergantung keputusan kita sendiri. Org jahat tidak dilahirkan sebagai penjahat, namun org baik yg karena moralnya kurang kuat, lalu terdesak keadaan, maka ia bisa jadi jahat.

    BalasHapus
  4. Woooowww kalo untuk yang ini top bgt bangettttsssss...salutttt

    BalasHapus
  5. @ TRIMATRA, Insya Allah Habiburrahman menyusul, kang.
    @ Newsoul,wah biasa saa kok bunda. Yg penting ada kopi asli dari kampung bunda Elly he he..
    @ Tri Wahyudi Iman Dantara, jangan pernah bosan ke sini ya, sobat.
    @ Fanda, salam kenal mbak. Thanks for your attention.
    @ buwel, kang buwel bangeeettts..he he

    BalasHapus
  6. iya mbaca novelnya jd kebayang juga kayak apa ya penulisnya ... thanks sudah berbagi info soal agatha

    BalasHapus
  7. Terimakasih kembali, Rosi. Jangan pernah bosen main ke rumahku yg sederhana ini ya.Salam kenal.

    BalasHapus
  8. heheh.. setuju dengan Fanda, orang ini emang keren abis.. bikin yg baca penasan

    BalasHapus
  9. akhirnya anda menulis tentang penulis yang jadi salah satu idola saya. yang juga salah satu inspirasi saya. saya baca pertama novel ini yang pembunuhan atas roger ackroyd.. endingnya benar2 luar biasa nggak menyangka kalau sang pembunuh adalah sang penulis cerita itu sendiri.. kalau diperhatikan baik2 kisah yang ada poirot di dalamnya selalu ada sindiran kepada detektif lain(sherlock holmes) karena metode mereka yang berbeda.. setelah itu saya mulai mengkoleksi novelnya agatha christie ini. yah ada yang beli baru tapi banyak yang bekasnya hehe.. kisah poirot yang akhirnya mati di novel "tirai" pun heboh.. bunuh diri setelah menbunuh salah satu tersangka pembunuhan.. saya dari dulu ingin membuat cerita detektif seperti agatha tapi susah untuk membuat trik-triknya.. tapi tokoh kedua karya agatha yang saya sukai mr.quinn yang ada di novelnya "mr.quinn yang misterius" sayang cuma satu(yang saya tahu lho kalau salah bisa kasih info mas?). saya bahkan dapat salah satu buku dramanya.. yang dah lecek, saya beli di pasar buku bekas di kota saya hanya 3000 rupiah hehe.. nice post.. sori mas kepanjangan.. soalnya yang dibahas idola saya sih hehe...wah saya jadi ingin review novel-novel yang saya punya..

    BalasHapus
  10. @ JALOE, sama halnya penasaran saya terhadap anda. he he, thanks ya.
    @ Ansgarius, bagus banget jika mas mereview khusus novel2 atau buku lainnya di blog mas.

    BalasHapus