Hot!

Asrul Sani, Pelopor Sastrawan Angkatan '45


Sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, teman-teman sekelas saya yang suka membolos pun pasti mengenal sosok ini. Namanya memang termasuk yang paling sering harus dihapalkan untuk mata pelajaran sastra dan bahasa Indonesia. Jika Indonesia lebih mengenal Chairil Anwar sebagai penyair paling legendaris milik bangsa, maka adalah Asrul Sani, Chairil Anwar, dan Rivai Apin yang mengumpulkan karya puisi bersama-sama berjudul “Tiga Menguak Takdir” yang kemudian diterbitkan dalam bentuk buku di tahun 1950. Mereka bertiga didaulat menjadi tokoh pelopor sastrawan Angkatan 45. Yang paling dituakan di antara kertiganya adalah Asrul Sani, Seniman kelahiran Rao, Sumatera Barat, 10 Juni 1927 dan wafat 11 Januari 2004. Ia adalah salah satu pelaku terpenting sejarah kebudayaan modern Indonesia.

Sewaktu sekolah, Asrul Sani pernah duduk sebangku dengan sastrawan Pramoedya Ananta Toer di SLTP Taman Siswa Jakarta. Zaman revolusi fisik membakar semangatnya lalu bersama kawan-kawannya menyatukan visi perjuangan revolusi kemerdekaan ke dalam bentuk Lasjkar Rakjat Djakarta. Di Bogor dia memimpin Tentara Pelajar, menerbitkan suratkabar “Suara Bogor”, redaktur majalah kebudayaan “Gema Suasana”, anggota redaksi “Gelanggang”, ruang kebudayaan majalah “Siasat”, dan wartawan pada majalah “Zenith”.

Setamat Sekolah Rakyat di Rao, Asrul Sani merantau ke Jakarta belajar di Sekolah Teknik, lalu masuk ke Fakultas Kehewanan Universitas Indonesia (di kemudian hari dikenal sebagai Institut Pertanian Bogor). Sempat pindah ke Fakultas Sastra UI namun kemudian balik lagi hingga tamat memperoleh titel dokter hewan. Kekuatan jiwa seni lebih mencetak seorang Asrul Sani untuk total berkesenian. Dia sempat ke negeri Belanda untuk belajar di Sekolah Seni Drama. Pada tahun 1955 hingga 1957 ke Amerika Serikat untuk belajar dramaturgi dan sinematografi di University of Southern California

Totalitas jiwa berkesenian terutama film makin menguat pada dirinya setelah Asrul Sani bertemu Usmar Ismail, salah seorang tokoh perfilman. Keduanya sepakat mendirikan Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) yang melahirkan banyak sineas maupun seniman teater terkenal, seperti Teguh Karya, Wahyu Sihombing, Tatiek W. Maliyati, Ismed M Noor, Slamet Rahardjo Djarot, Nano dan Ratna Riantiarno, Deddy Mizwar, dan lain-lain. Sebagai sutradara, Asrul Sani menyutradarai film “Titian Serambut Dibelah Tudjuh” pada tahun 1959. Dan, ia mulai mencapai kematangan ketika sebuah film karyanya “Apa yang Kau Cari Palupi” terpilih sebagai film terbaik pada Festival Film Asia pada tahun 1970. Karya besar film lainnya adalah “Monumen”, “Kejarlah Daku Kau Kutangkap”, “Naga Bonar”,. “Pagar Kawat Berduri”, “Salah Asuhan”, “Para Perintis Kemerdekaan”, “Kemelut Hidup”, dan lain-lain. Enam piala citra berhasil dia sabet, disamping beberapa kali masuk nominasi.

Asrul Sani menerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Pemerintah RI pada tahun 2000 dan berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Namun dia berpesan kepada istrinya, Mutiara Sani untuk hanya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Menteng Pulo, Jakarta Selatan dengan alasan, "masak sampai detik terakhir, kita masih mau diatur negara". Asrul Sani, dia lebih dari seorang pejuang.

74 apresiator:

  1. Rekam jejak sastra yang mantap van. Beliau, Asrul Sani, memang pelopor sastrawan angkatan 45 yang hebat. Saya masih ingat waktu SMP suka menonton drama teaternya, sang Istri Mutiara Sani jadi pemeran utamanya.

    BalasHapus
  2. woooww asrul sani, buwel jadi inget salah asuhan mas....hehehehehe...
    siiip mas reviewnya....

    BalasHapus
  3. wiihh... jadi tau lebih banyak tentang Asrul Sani ni...

    BalasHapus
  4. Selamat sore chezz...,
    kembali tersaji rekam jejak tokoh yang mantep.

    BalasHapus
  5. Ternyata Asrul Bani termasuk sang pelopor toh,,baru tau aku mas,..thx infonya..

    BalasHapus
  6. Saya banyak mengenal tokoh dari membaca postingan di blog ini. makasih buanyak Van

    BalasHapus
  7. Asrul sani..seorang sastrawan hebat...kemaren sewaktu sekolah pernah mempelajarinya..tapi disini bisa lebih lengkap saya dpt infonya..makasih bang..

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr. Wb, nak Ivan dan juga semuanya para blogger Indonesia. Kebetulan saya pernah bertemu dgn pak Asrul Sani sekitar thn 80an. Beliau memang sangat berdedikasi dalam bidang kebudayaan di Indonesia ini. Dalam moment hari peringatan proklamasi ini seyogyanya kita semua rakyat Indonesia bisa meneladani para pendahulu kita. Ulasan para tokoh bangsa semacam ini sangat bermanfaat.
    Semoga sukses menyertai kita semua.Wassalam.

    BalasHapus
  9. @ Newsoul< wah,asyik dong bunda punya kesempatan nonton teaternya waktu itu.
    @ buwel< oh ya..makasih udah dingetin kok saya lupa ya ttg salah asuhan itu?he he, kebanyakan ngopi kali ya?
    @ a-chen< terimakasih juga ya. Met weekend.
    @ Bunda Sasha< ya, cuma sekedar ingin berbagi aja kok, bunda.
    @ Seti@wan Dirgant@Ra< Selamat malam pak Iwan. Sebelum magrib saya mampir baca "juara sejati" di tempat anda.
    @ Dinoe< Terimakasih ya. Semoga postingan ini bermanfaat.
    @ HM Jusuf Kalla< Waalaikumsalam. Saya jadi kaget dan gak nyangka nih bapak juga menyediakan waktu berkomentar di blog saya. Mimpi apa ya saya semalem. Apa kabar pak. Semoga tetrap dilimpahkan kesehatan dan umur panjang agar ttap bisa mngabdi di negeri ini. Bapak adalah seorang negarawan sejati. Cukup lama juga gak pernah lagi saya mengunjungi blog bapak. Insya Allah, ntar lagi saya ke blog bapak.

    BalasHapus
  10. aq kenal nih Asrul Sani, soalnya dia paling banyak disebut2 apalagi pas sma kelas 3, karya-nya yg paling aq inget salah asuhan

    BalasHapus
  11. btw, bro klo mo jln2 diLosari *makassar* aja, view-nya bagus lho...

    BalasHapus
  12. mengenang sjarah, jadi inget jaman sd dulu, euuhmm

    BalasHapus
  13. mmm..dulu wkt jaman saya SD, ketika hanya ada 1 saluran tv, sering tuh, drama2 lepas di TVRI yg menyayangkan drama2 karya Asrul Sani, dan yg tdk bisa aku lupakan adalah, pasti deh pemeran utamanya adalah sang istri sendiri. Mutiara Sani...

    artikel yg menarik :)

    BalasHapus
  14. Wah, Asrul Sani pantas tuh menerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama.
    Aku ingat, saat kecil suka nonton hasil karyanya di TVRI..

    BalasHapus
  15. Biografi Asrul Sani .... tokoh sastrawan yang hebat. Jadi lebih mengerti banyak tentang beliau.
    Salam

    BalasHapus
  16. duh mas, setiap kali ke sini, saya selalu di ingatkan akan sejarah juga karya sastra. Betapa ia ilmu yang sangat berharga.

    BalasHapus
  17. Dari blog ini saya banya bElajar tntng sastra, makasih Mas Ivan... mantab...

    BalasHapus
  18. saya bangga karena sekampung dengan Asrul Sani sekaligus juga sedih karen atidak ada lagi yang bisa jadi pengganti beliau...
    nice post...
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. terimakasih pak, informasinya sangat bermanfaat sekali
    untuk menambah pengetahuan saya ..

    BalasHapus
  20. Nice post, cocok buat nambah pengetahuan
    post yang benar benar menarik dan bermanfaat ini ..

    BalasHapus
  21. artikel yang sangat bermanfaat, semoga saja dapat memberikan kontribusi kepada para pembaca setia website ini. terimkasih yaahh .

    BalasHapus
  22. artikelnya sangat bagus sekali nih.
    terimakasi h atas informasi nya yaa ...

    BalasHapus
  23. setelah saya amati artikel nya ternyata bagus juga ya,,, semangat terus untuk mebuat informasi yang yang terbaru...

    BalasHapus
  24. terimakasih banyak telah berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya always be the best and do the best to the next information..

    BalasHapus
  25. di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda ..

    BalasHapus
  26. informasinya sungguh sangat berguna untuk menambah ilmu baru,terima kasih ya pak admin untuk informasi nyah ..

    BalasHapus
  27. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  28. blog ini memang berisi banyak informasi yang bermanfaat. lanjutkan mas bro.

    BalasHapus
  29. terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

    BalasHapus
  30. terimakasih untuk infromasi yang anda berikan ini semoga dengan adanya infromasi ini bisa membantu semua pembaca dan menambah wawawan maupun ilmu pengetahuian. meskipun sedikit setidaknya ini ilmu.
    Saya tunggu postingan-postingan sekanjutnya.
    Thanks :)

    BalasHapus
  31. selamat siang salam hangat untuk kita semua..
    Informasi ini sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk di simak.

    BalasHapus
  32. atas informasinya saya ucapkan terimakasih, semoga apa yang ditulis bisa bermanfaat untuk pembaca umumnya.. Ditunggu postingan terbaru yang lebih bermanfaat dan lebih bagus dari pada postingan yang ini. Terimakasih salam Sukses Semangat !!

    BalasHapus
  33. terima kasih atas informasi yang sudah disampaikan semoga bermanfaat bagi semuanya ..

    BalasHapus
  34. mantap, artikel yang menarik, tetap semangat bikin artikel artikel menarik ya !

    BalasHapus
  35. met sore ..
    artikel nya berisi sangat penting.terimakasih banyak atas informasinya yang udah agan posting. sukses sob ..

    BalasHapus
  36. terima kasih banyak untuk informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung !!!

    BalasHapus
  37. terimakasih atas share yang sudah anda berikan ..

    BalasHapus
  38. artikel yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan saya ...

    BalasHapus
  39. selamat dan sukses untuk website anda, tentu kami sangat beruntung bisa berkunjung kesini.

    BalasHapus
  40. terima kasih banyak untuk informasi yang telah diberikan senang bisa berkunjung dan salam sejahtera !!!

    BalasHapus
  41. wah., mantap nih informasinya terimakasih ya.

    BalasHapus
  42. terimakasih informasinya, Salam hangat dan Sukses selalu. .

    BalasHapus
  43. share nya semoga bermanfaat dan bertambah lagi ilmunya !!! trimakasih atas infonya pencerahan baru untuk saya

    BalasHapus
  44. terimakasih atas segalanya yang agan informasikan dan agan posting, semoga blog ini selalu bermanfaat bagi para pembacanya !!

    BalasHapus
  45. maanfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas postingan dan informasinya ...

    BalasHapus
  46. artikel sangat menarik dan menginspirasi, thanx yah udh berbagi ..

    BalasHapus
  47. Makasih atas Informasi yang pade bagus bagus gan, Sukses selalu dari Ane

    BalasHapus
  48. terimakasih infonya bermanfaat sekali saya sangat suka dan terkesan dengan semua artikelnya.

    BalasHapus
  49. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung

    BalasHapus
  50. terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini ..

    BalasHapus
  51. salam kenal, ijin untuk menyimak artikel yang super mantap ini
    terimakasih

    BalasHapus
  52. informasi yang sangat kami tunggu tunggu , terimakasih gan hehe ..

    BalasHapus
  53. infonya cukup bagus, saya tunggu info-info yang lainnya terimakasih karena telah memberikan pengetahuan terhadap saya

    BalasHapus
  54. terimakasih banyak kepada admin atas informasi yang sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  55. salam admin informasinya sangat bermanfaat dan berkualitas. terima kasih banyak sudah berbagi ..

    BalasHapus
  56. ijin menyimak langsung infonya..
    Terimaksih banyak telah berbagi info and websitenya..sukses selalu untuk info and websitenya.. ...

    BalasHapus

  57. ikut berkunjung sekaligus mohon izin untuk menyimak artikelnya yang menarik ini ......

    BalasHapus
  58. Semangat siang ..
    trimakasih atas beritanya sangat berbobot untuk ane pribadi. Saya tunggu info berikutnya.Thanks

    BalasHapus
  59. artikelnya luar biasa min...
    ditunggu updatan terbarunya jangan bosan share pengetahuannya ya ;) ...
    terimakasih...

    BalasHapus

  60. info-infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali gan, sukses terus deh .....

    BalasHapus
  61. Artikelnya sangat menarik sekali sehingga wawasan kami semakin bertambah.
    Makasih ya :)

    BalasHapus
  62. Numpang baca artikelnya pak admin. Dan selamat siang untuk pengunjung semuanya. Salam kenal dari saya. :)

    BalasHapus
  63. Websitenya sangat tertata rapih, saya juga sangat suka menyimak semua artikelnya pak, salam kenal dan saya tunggu berita selanjutnya..

    BalasHapus
  64. Selamat sore, saya membaca artikel pada website ini dan ternyata memang bermanfaat, saya ucapkan banyak terimakasih untuk berita yang telah di sampaikan, semoga admin tak jemu untuk terus berikan kami informasi seperti ini. sukses selalu ..

    BalasHapus
  65. saya sangat puas sekali dengan apa yang di sampaikan di dalam situs ini ..
    terimakasih yah :)

    BalasHapus
  66. terima kasih telah berbagi artikel menarik,, semoga semakin banyak pengunjungnya :)

    BalasHapus