Home » » Menelusuri Peninggalan Seni Budaya Islam

Menelusuri Peninggalan Seni Budaya Islam

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 23 Agustus 2009 | Agustus 23, 2009


Alhamdulillah, akhirnya bisa posting lagi meski jaringan internet agak kacau selama beberapa hari. Tapi saya yakin itu adalah juga ujian bagi kesabaran saya sebagai blogger yang sedang berpuasa. Semoga ada hikmah dan berkahnya. Amin. Itu semua harus disyukuri tanpa harus menggerutu. Sebagai bentuk kesyukuran dan sekaligus oleh-oleh setelah kembali dari pulang kampung, kali ini saya posting secuil dari jejak sejarah islam di Indonesia dilihat dari bukti peninggalan seni budaya.

Jejak-jejak sejarah Islam di Indonesia menempatkan bukti arkeologis, salah satunya karya seni yang mendukung eksistensi Islam di Indonesia. Bukti historis dan arkeologis dapat dilihat pada budaya dan tradisi yang telah lama hidup dan berkembang di tengah masyarakat semenjak puluhan abad lampau. Hasil-hasil kebudayaan yang bercorak Islam dapat kita temukan antara lain dalam bentuk bangunan (masjid, makam) dan seni.

Berbagai bentuk karya seni Islam meliputi seni ukir, seni pahat, seni pertunjukan, seni lukis, dan seni sastra. Seni ukir dan seni pahat ini dapat dijumpai pada masjid-masjid di Jepara. Seni pertunjukan berupa rebana dan tarian, misalnya tarian Seudati. Pada seni aksara, terdapat tulisan berupa huruf arab-melayu, yaitu tulisan arab yang tidak memakai tanda (harakat, biasa disebut arab gundul).

Salah satu peninggalan Islam yang cukup menarik dalam seni tulis ialah kaligrafi.
Kaligrafi adalah menggambar dengan menggunakan huruf-huruf arab. Kaligrafi dapat ditemukan pada makam Malik As-Saleh dari Samudra Pasai.

Di Bidang sastra, seniman muslim menghasilkan karya sastra berupa syair, hikayat, suluk, babad, dan kitab-kitab. Syair banyak ditulis oleh penyair Islam, Hamzah Fansuri. Karyanya yang terkenal adalah Syair Dagang, Syair Perahu, Syair Si Burung Pangi, dan Syair Si Dang Fakir.Syair-syair sejarah peninggalan Islam antara lain Syair Kompeni Walanda, Syair Perang Banjarmasin, dan Syair Himop. Syair-syair fiksi antara lain Syair Ikan Terumbuk dan Syair Ken Tambunan.

Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita atau dongeng yang sering dikaitkan dengan tokoh sejarah. Peninggalan Islam berupa hikayat antara lain, Hikayat Raja Raja Pasai, Hikayat Si Miskin (Hikayat Marakarma), Hikayat Bayan Budiman, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Hang Tuah, dan Hikayat Jauhar Manikam. Suluk adalah kitab-kitab yang berisi ajaran-ajaran tasawuf. Peninggalan Islam berupa suluk antara lain Suluk Wujil, Suluk Sunan Bonang, Suluk Sukarsa, Suluk Syarab al Asyiqin, dan Suluk Malang Sumirang.

Babad adalah cerita sejarah yang banyak bercampur dengan mitos dan kepercayaan masyarakat yang kadang di luar nalar. Peninggalan Islam berupa babad antara lain Babad Tanah Jawi, Babad Sejarah Melayu (Salawat Ussalatin), Babad Raja-Raja Riau, Babad Demak, Babad Cirebon, Babad Gianti. Kitab-kitab peninggalan Islam yang sangat terkenal antara lain Kitab Manik Maya, Us-Salatin Kitab Sasana-Sunu, Kitab Nitisastra, Kitab Nitisruti, serta Sastra Gending karya Sultan Agung.

Share this article :

23 komentar:

  1. Bettulko ces,... kita diuji ini, inetku juga lambat sekali,... berkahnya pastimi itu ada. Paling tidak kesabaran kita yang di uji.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi sobat,...

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi sobat,...

    BalasHapus
  4. Mas.., salut banget dengan penetahuannya tentang sastra...!!
    Ternyata peninggalan seni budaya Islam di Indonesia banyak juga ya.. ?
    ^_^

    BalasHapus
  5. salam sobat
    trims infonya
    ALQUR'AN kuno ya,,juga termasuk peninggalan seni budaya islam.
    cocok sekali kalau dibulan ramadhan ini mengulas peninggalan seni budaya islam,,sobat.

    BalasHapus
  6. blog ini menambah khazanah pengetahuan sastra bangsa indonesia...
    maju terus pantang mundur...

    BalasHapus
  7. Ini penelusuran peninggalan seni budaya Islam yang mantap. Terimakasih sudah merekam jejaknya disini van. Semoga inetnya kembali normal ya. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan hari kedua ini.

    BalasHapus
  8. mas inet sama lola udah damai ya..hehe.

    Islam itu memang sangat kaya ya dengan seni ,contoh seni kaligrafi yang sangat indah diukir lewat tangan 2 yg berbakat dalam seni melukis huruf arab .I love Islam.

    makasih sharingnya ya..

    BalasHapus
  9. ternyata dimana2 inet lemot ya. beberapa hari lalu (kalo gak salah jumat sore) flash saya malah gak bisa dipake sama sekali.

    BalasHapus
  10. peninggalan seni budaya islam betul-betul banyak ya, tapi terkadang banyak juga orang islam ya kurang mengerti tentang hal ini...nah, artikel ini bisa menyadarkan umat islam akan adanya peninggalan seni budaya islam :)

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    BalasHapus
  11. hikayat, babad buwel suka mas....hehehehe

    BalasHapus
  12. peninggalan seni budaya islam ternyata banyak ya mas...jadi agak mengerti ne... thanks mas ivan informasinya

    BalasHapus
  13. Nice info bang..kagum saya akan pengetahuan mas dalam sejarah dan seni sastra

    BalasHapus
  14. artikel yg keren ttg sastra

    met puasa, mas
    smoga lancar ampe hari kemenangan
    yeah!

    BalasHapus
  15. tapi sekarang di mana saya dapat mempelajarinya Om?

    BalasHapus
  16. @ Seti@wan Dirgant@Ra, Benar, ini ujian bagi blogger, pak.
    @ Reni, Ya banyak banget tapi sayang sekali saya hanya bisa review seujung kuku nih, mbak.
    @ NURA, salam kembali, mbak. Ya benar Al Qur'an kuno adalah peninggalan seni budaya Isalm tapi dari sisi kemasan dan cara penulisan. Isi dan intinya tetap asli dari maas ke masa.
    @ Berry, Terimakasih mas apresiasinya. Maju terus..!
    @ Newsoul, Makasih bunda. Insya Allah, semoga gak lemot lagi nih..
    @ Ateh75, Kekayaan seni budaya Islam masih terus harus digali oleh kita semua. Thanks.
    @ Sang Cerpenis, Lagi musimnya kali ya, mbak.
    @ iklan gratis, Terimakasih atas apresiasinya. Insya Allah saya akan segera meluncur ke tempat anda paasng iklan gratis.
    @ A-Chen, semantabbb a-chen kan? Met berpuasa ya.
    @ buwel, Kalo syair, pasti kang Buwel lebih jago lagi nih. Keliatan dari isi blog cikrik he he..
    @ jaiman, wah, memang banyak tapi baru secuil nih bisa direview, mas.
    @ Dinoe, wah mas bisa aja. Seujung kuku aja kok dan hanya pengen berbagi info sekedarnya.
    @ Pipit, Amiin.Makasih ya doanya..
    @ waluyo, Pasti masih banyak referensinya di perpustakaan nasional Jakarta dan perpustakaan2 di semua fakultas sastra di kampus2.Mas, thanks ya apresiasinya.

    BalasHapus
  17. Met berpuasa, moga ampe adzan maghrib...:)

    BalasHapus
  18. selamat puasa mas ivan.. semoga sukses sampe lebaran.

    BalasHapus
  19. Islam masuk Indonesia tahun 30 H berarti udah 1400 tahunan.Tapi belum bisa mengislamkan seluruh Indonesia ya?Nice post bro.

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday