Hot!

Catatan Sementara Dari Festival Phinisi Tanjung Bira 2009



Apa jadinya jika sebuah perhelatan budaya terpaksa diundur dengan alasan anggaran untuk itu belum mencukupi? Sebuah perhelatan budaya bertaraf internasional, Festival Phinisi Tanjung Bira, yang rencananya digelar di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Bulukumba 25 Oktober tahun ini diundur hingga Desember 2009.

Festival Phinisi Tanjung Bira rencananya akan dihadiri 23 negara. Namun panitia mengumumkan perubahan jadwal dengan alasan keterbatasan anggaran.
Pemerintah Kabupaten Bulukumba berjanji mengupayakan untuk menggunakan dana di pos APBD Perubahan akhir tahun ini.

Festival ini dikemas sebagai rangkaian dari Expedition Taka Bonerate di Selayar yang mulai berlangsung Kamis 15 Oktober. Festival Phinisi Tanjung Bira digagas menjadi promosi secara besar-besaran kepada wisatawan domestik dan mancanegara tentang kawasan wisata Sulsel. Sejumlah kegiatan yang telah masuk item acara yakni, pembuatan atau penyusunan miniatur phinisi, pameran UKM dan makanan khas daerah, Fun Diving dan lomba memancing serta pagelaran seni dan Budaya Bulukumba.

Salah satu kunci jadi tidaknya perhelatan ini terpulang kepada para legislator yang bercokol di DPRD Bulukumba untuk menyetujui penggunaan APBD Perubahan. Sebuah perhelatan budaya akan ditentukan oleh perhelatan kepentingan? Sangat mungkin. Hari ini Bulukumba memang lagi demam Pilkada 2010. Para politisi dan kandidat bupati mendadak jago bicara seni dan budaya. Sesuatu yang sebelumnya tidak pernah mereka sentuh sama sekali. Seni dan budaya menjadi lahan basah di ranah politik.

15 apresiator:

  1. Semoga perlehatan ini terlaksana sesuai harapan,dengan demam Pilkada 2010. Para politisi dan kandidat bupati yang mendadak jago bicara seni dan budaya.Semoga menjadi pemicu untuk kedepan nya lebih mengakui seni dan budaya,bukan sementara waktu untuk kepentingannya semata.

    * Wah pertama ya ?! *_*

    BalasHapus
  2. ah lebih bagus anggarannya di sumbangkan ke orang-orang yang kena musibah gempa di sumatra aja.

    BalasHapus
  3. Perhatian mas ivan terhadap budaya dan membagikan kpd kita luar biasa. Kagum saya mas.
    Soal Festival Phinisi Tanjung Bira 2009 konsepnya menarik sepertinya. Meningkatkan bergainning indonesia di mata dunia tak hanya soal budaya saja. Hanya saja kesiapan panitia sangat disayangkan, sehingga tidak sesuai rencana. Ach..selalu saja dimanfaatkan untuk kepentingan politik.
    Salam budaya mas.

    BalasHapus
  4. semoga terlaksana sesuai harapan

    BalasHapus
  5. Sebuah perhelatan budaya akan ditentukan oleh perhelatan kepentingan? menarik mas..

    sebetulnya perhelatan seperti ini mesti sering diadakan. jadi menarik ketika ada kepentingan disana, selalu begitu, hampir semuanya begitu. duh bangsa :D

    BalasHapus
  6. Festival Phinisi Tanjung Bira, hm....mantap dan terdengar spektakuler. Perhelatan yang menarik. Semoga dapat segera terlaksana.

    BalasHapus
  7. Phinisi... kapal yang paling stabil dengan balast hanya dari batu
    mantapssss

    BalasHapus
  8. rindu tanjung bira, bonto bahari, herlang, kajang dan semua tempat eksotis lainnya di bulukumba

    BalasHapus
  9. ada award ya. cek di http://just-fatamorgana.blogspot.com/2009/10/postingan-ke-500.html

    BalasHapus
  10. saya sekedar absen aja ya Mas.. sekalian ikut berdoa semoga semuanya bisa segera terwujud...

    BalasHapus
  11. semoga berjalan lancar gan. udah tanggal 10 okt nih. gila aja udah ngundang 23 negara tapi acaranya diunduurrr.. kan ga lucuuuu...
    hehehe

    eh, di tempatku ada posting baru,

    http://andiebuytank.blogspot.com/2008/10/link-teman.html

    mampir yaaaa....

    BalasHapus
  12. bagus juga festival kebudayaan... bisa untuk promosi budaya juga dan semoga gak ada colong-mencolong lagi kayak batik dulu...:-D

    BalasHapus
  13. Sepertinya menarik nih acaranya. Semoga dapat terlaksana sesuai dg yang diharapkan.

    BalasHapus