Hot!

Ide JK Rowling Di Atas Kereta


Siapapun tidak akan mengira bahwa ide cerita Harry Potter lahir di atas kereta api yang mogok. Dalam sebuah perjalanan dari Manchester ke London tahun 1990, kereta yang ditumpangi Joane mogok selama empat jam. Saat duduk di kereta, sambil memandangi segerombolan sapi melalui jendela, ide tentang kisah Harry Potter tiba-tiba muncul di benak perempuan ini. Selama beberapa bulan berikutnya Joane berhasil merampungkan kisah petualangan penyihir cilik Harry Potter.

Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J.K. Rowling dilahirkan pada 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris. Sebagai seorang ibu tunggal yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia, Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller setelah memperoleh kemenangan yang sama di Britania Raya. Kekayaan Rowling semakin bertambah saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000. Seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Sejak kecil Joanne Kathleen Rowling punya cita-cita jadi penulis. Tapi, mengikuti saran orangtuanya, ia belajar Sastra Prancis di Universitas Exeter supaya bisa jadi sekretaris yang mampu bicara dalam dua bahasa. Pekerjaan itu ternyata tidak cocok baginya. Soalnya, bukannya mencatat jalannya rapat, ia malah sibuk menulis cerita fiksi. Bisa ditebak, akhirnya ia dipecat.

Pada September 1990 Joane jatuh cinta pada seorang jurnalis televisi berkebangsaan Portugal bernama Jorge Arantes. Mereka menikah dan tahun 1993, lahirlah putri mereka, Jessica. Sayang sekali akhirnya mereka bercerai, dan Joanne balik ke Edinburgh, Skotlandia. Pada masa itu hidup Joanne benar-benar terpuruk, begitu miskin sehingga ke mana-mana ia harus jalan kaki meski ongkos bus kota murah. Ia sering menulis di kafe, karena flatnya yang sempit dan dingin jelas bukan tempat yang penuh inspirasi. Untung si pemilik kafe baik bati, membiarkan Joanne menulis di sana meski ia cuma memesan secangkir kopi dan segelas air, sementara bayinya tertidur.

Nasib Joane ditakdirkan berubah total ketika penerbit Inggris, Bloomsbury Press, bersedia menerbitkan buku Harry Potter yang pertama Harry Potter and the Philosopher`s Stone (di Amerika terbit dengan judul Harry Pooter and Sorcerer`s Stone) pada tahun 1997. Sebuah buku yang membuat dunia terperangah dan JK Rowling sukses sebagai penulis sesuai cita-citanya.

28 apresiator:

  1. Wah hebat..hanya diatas kreta jk mampu menciptakan sebuah karya besar.... Btw ternyata benar ya bang..ide itu ada dimana-mana tanpa mengenal tempat dan waktu..

    BalasHapus
  2. Ide yang muncul diatas kereta mengantar JK Rowling membuat dunia terperangah.
    Rekam jejak yang mantap sobat.

    BalasHapus
  3. Dengan hanya menulis bisa kaya raya seperti itu! Hebat! Perjalanan hidup yang berhasil dimana kesulitan hidup yang dialaminya dapat diatasinya dengan baik!

    BalasHapus
  4. insfirasi dan mod untuk menulis bisa dimana ajah ya

    BalasHapus
  5. ckckckc... hebat bener si JK ini ya bang... di atas kereta saja ia bisa dapat ide yang sedemikian hebat...

    BalasHapus
  6. aku punya bigraphy dia,,,,

    BalasHapus
  7. salah satu novelist fav gw nih...jenius

    BalasHapus
  8. ide bisa mucul dmn aja..di toiletpun bisa

    BalasHapus
  9. Inpirasi bisa muncul dan datang dimana saja dan kapan saja ya,terkadang bila sengaja kita mencarinya malah tidak diketemukan,seperti hal JK ,salut untuknya.

    jejak rekam yg mantav seperti biasa.

    BalasHapus
  10. kang...aq merinding kang.....JK rowling ternyata perempuan ya?astaga.....novelis idolaku (meski seumur-umur cuma baca novel harpot seri 3 doang)tapi aq ngikutin terus film nya.....orang yang berkali-kali di tolak penerbit tapi novelnya kini best seller itu tyt perempuan?wah.......aq ga nyangka...

    BalasHapus
  11. Aku salah satu pengagum beratnya JK Rowling, mas. Ia adalah contoh wanita yang tidak mau menerima begitu saja nasibnya, tapi mau berusaha untuk maju. Ia juga mampu membuat sebuah tren baru (lihat saja begitu banyak sekarang cerita tentang dunia sihir setelah Harry Potter terbit!).

    Aku ingat ketika itu aku membuka Amazon.com dan menemukan di top 10-nya ada cerita anak-anak bertema sihir. Aku penasaran, bgmana cerita anak2 kok bisa jd best seller? Bkn hanya 1, tp hingga seri 3 sekaligus. Apa istimewanya sih?

    Setelah itu akupun penasaran dan coba beli no. 1. Ternyata Harry Potter bukan hanya cerita anak2. Berkat kehebatannya JK Rowling!

    Thanks mas sudah berbagi sosok hebat ini di sini...

    BalasHapus
  12. Kalau membaca kisah sukses orang-orang besar kita selalu dapat melihat benang merah yang terulur sejak lama. Jatuh bangunnya dan perjuangannya. Jadi, ide-ide yang lahir itu buah dari ketekunannya. Maka Tuhan mengalirkan ide dimanapun, karena telah sekian lama ia buktikan bahwa hatinya tak pernah diam.

    Trims, ya

    BalasHapus
  13. saya penggemar berat JK. Rowling, bahkan saya mengoleksi seluruh seri Harry Potter...
    gaya penulisan Rowling bener2 hidup, seakan2 saya ngerasa ikut masuk dalam ceritanya...
    saya dan beberapa teman2 saya yg juga penggemar HP ga pernah bosan2nya membahas tokoh2 ciptaan Rowling seakan-akan mereka bener2 ada di kehidupan nyata...
    salut buat JK. Rowling...

    BalasHapus
  14. Ya bagi mereka ide bisa didapat dimana saja, saat sedang melakukan apapun. Pramudya Anantatoer dapat ide menulis Nyanyi Sunyi Seorang Bisu saat beliau sedang di penjara. Rieke Dyah Pitaloka membuat puisi saat sedang berada di kloset,...ups. Rekam jejak yang mantap, seperti biasa.

    BalasHapus
  15. ck ck.. salut yah... dari bukan siapa2 menjadi seseorang yg dipandang. kalo hobi nulis dijadiin uang asik juga ya. tapi idenya briliant banget, cuma karena kereta mogok doang, hasilnya bisa mendunia....

    BalasHapus
  16. Ide bisa muncul dimana aja...JK Rowling memang sangat fenomenal dengan karya Harry Potternya..
    Saya follow yach, maaf baru sempat follow n berkunjung di blog yang keren ini..keep happy as always :)

    BalasHapus
  17. siapa sangka the best seller Harry Potter lahir di atas kereta makasih banyak Ivan baru tahu dari sini info yang sangat berharga

    BalasHapus
  18. Huebat banget wanita itu, hanya dari atas kereta, ia bs menghadirkan sebuah karya yg luar biasa. Memang menulis itu adalah sesuatu yg menynangkan

    BalasHapus
  19. aku mau tempat na di manapun, kek na yang namanya ide jarang mampir ke otak ku de -_-a

    BalasHapus
  20. Sempet dimarahin Ibu karena dia ga mau beliin saya novel Harpot (maklum anak SMA, uang saku miriss....)

    Ortu saya ga tau sih.. tau2nya, dapat sokongan dari ayah saya, yg beli satu set buku harpot.. hihihi..

    Lebih mengejutkan?
    Dapet seri yg bhs inggris, dari Ibu saya. Tapi sdh duluuuu.. entah berapa tahun lamanya.

    Salut buat J.K. kapan ya, kita bisa begitu?? :)

    BalasHapus
  21. Jadi pengen seperti dia, bisa ngga ya...!?

    BalasHapus
  22. Hyy.. Lam knal,,

    Thanks atas kunjugannnya

    BalasHapus
  23. aku pernah baca ttg jk rowling. hmm..kapan bisa kyk dia ya?

    BalasHapus
  24. SAYA JUGA SALAH SATU PENGGEMAR BERAT J.K. ROWLING. APALAGI DENGAN SEMANGATNYA UNTUK TERUS BERKARYA, WALAUPUN KARYANYA SEMPAT DITOLAK. TERNYATA KETEKUNANNYA DALAM MENULIS MEMBUAHKAN HASIL YANG GEMILANG.
    IDE YANG BRILIANT. TERNYATA KESUSAHAN YANG DIALAMINYA MENJADI MOTIVASINYA DALAM MENGHASILKAN KARYA HEBAT YANG BISA MENDUNIA. NGGAK KEBAYANG, GIMANA DIA BISA NULIS 7 SERI BUKU SETEBAL KAMUS.
    MBAK FANY SAMA GEK, KAPAN-KAPAN BISA SEPERTI DIA,,,

    BalasHapus
  25. karya hebat kadang berawal dari hal-hal yang sepele...

    BalasHapus
  26. luar biasa ya bang, dia menemukan ide cerita keren itu yg akhirnya merubah hidup dan mewujudkan impiannya...

    aku suka buku dan mengikuti filmnya...harry potters memang keren bgt.

    BalasHapus
  27. aneh pernah baca biografi lengkap si JK ini, memang benar idenya muncul pas dia dikereta api, hehehe
    pengarang twilight mendapatkan idenya setelah ia bermimpi...

    BalasHapus