Hot!

Sejarah Sastra-Radio


Sebenarnya sejak dulu saya ingin menulis sejarah singkat blog ini. Setelah membaca review di blog mbak Fanny, saya semakin sadar bahwa judul blog ini ternyata memang membingungkan bagi sebahagian besar teman-teman blogger. Terlebih lagi bagi mereka yang baru pertama kali bertandang ke sini.

Pada pertengahan Januari 2009, bos saya di RCA menganjurkan agar semua penyiar (jumlahnya tujuh orang) dan karyawan lainnya memiliki blog pribadi. RCA bahkan bersedia mensponsori semua blog yang dikelola penyiar. Disiapkan tunjangan khusus setiap bulan bagi blog pribadi milik karyawan RCA. Syaratnya setiap blog harus menampilkan link dari RCA dan link live streaming RCA.

RCA membebaskan pilihan tema. Tema blog boleh apa saja. Jika memungkinkan, tema blog tidak jauh-jauh dari salah satu program acara di RCA. Kebetulan selain beberapa program musik dan program news saya juga mengasuh dua program sastra dan budaya sejak tahun 2005. Kedua program itu yakni "Ekspresi" yang disiarkan setiap hari Minggu siang jam 11.00-13.00 Wita dan "Sembilu" (Senandung Malam dan Bisikan Kalbu) Minggu malam jam 21.00-23.00 Wita. Perbedaan keduanya, Ekspresi bermuatan pembacaan puisi, cerpen, esai diselingi info budaya dan resensi buku. Ekspresi juga sering menghadirkan bintang tamu dari para sastrawan lokal bahkan nasional (WS Rendra juga pernah baca puisi di RCA). Program Sembilu khusus berisi pembacaan prosa lirik dan karya sastra naratif. Karya-karya bunda Elly Suryani, mbak Latifah HIzboel, Galih Pandu Adi dan masih banyak lagi blogger lainnya pernah saya bacakan di acara itu. Maka saya memutuskan untuk membuat blog yang berkaitan dengan kedua program sastra tersebut.

Sejak saat itu saya mulai coba-coba belajar ngeblog mulai 6 Maret 2009. Postingan pertama saat itu adalah sebuah puisi untuk seorang keponakan. Pada awalnya bingung juga mau menulis apa. Sayang sekali hingga kini tinggal dua orang penyiar RCA yang masih bertahan ngeblog, yaitu Icham "Gergy" Mohammad. dan saya sendiri. Teman-teman lainnya mungkin terhambat oleh kesibukan lain jadi agak sulit membagi waktu untuk mengelola bog masing-masing.

Ide nama blog yang pertama kali muncul di benak saya adalah "Ivan Kavalera Blog" dan "Jejak Sastra RCA." Pada postingan pertama saya juga sempat menjelajahi Google dan Yahoo dengan maksud mencari situs radio yang mungkin memiliki program sastra. Saya mengetik "Sastra Radio" dan alhasil, tidak ada satu pun situs ataupun blog yang memiliki nama "Sastra Radio" yang kemudian menerbitkan ide di kepala saya akan nama blog ini.

Secara umum, pengertian sastra radio (tanpa tanda hubung) adalah program acara sastra atau segala karya sastra yang dibacakan di radio. Ada juga yang mungkin keliru mengartikannya sebagai "radio sastra" namun artinya lain lagi. Radio Sastra bisa berarti nama sebuah stasiun radio. Untuk membedakannya, sebab ini adalah blog pribadi maka saya menambahkan saja tanda hubung pada "sastra-radio" sejak beberapa waktu lalu. Blog Sastra-Radio berarti blog yang merekam karya, ide, tokoh, peristiwa dan apa saja seputar sastra bahkan seni budaya secara umum juga secara berkala merekam khusus jejak program sastra di sebuah radio.

19 apresiator:

  1. wah...gitu ya bro.Baru tahu.Pantesan artikelnya maupun idenya selalu menarik.Met hari pahlawan bro!Moga blognya makin sukses.

    BalasHapus
  2. Mantap infonya van. Jadi tau neh sejarah pendirian blog ini. Ternyata kita memulai blog dalam waktu yang hampir bersamaan, saya 2 Maret 2009. Semoga blog ini juga acara sastra yang diasuh di RCA makin sukses.

    BalasHapus
  3. Tidak salah dinamakan Blog Sastra Radio...cocok banget dan ide yang briliant,nama yang langka untuk sebuah blog.Sukses selalu ya buat Satra radio dan RCA.

    *Salam budaya...

    BalasHapus
  4. hehe,mantab mas.... udah gak da bayangan lain lagi tentang makna sastra-radio . udah dijelasin sampai tuntas...

    jadi pengen nyanyi nih,..

    "diradio aku dengar lagu kesayanganku...."

    BalasHapus
  5. dulu waktu belum tau kalo mas ivan itu penyiar, saya sempet mikir kenapa judulnya 'sastra radio', bukan 'sastra blog'?
    mwehehehe
    ternyata emang dari radio dulu baru ke blog
    nice, usaha yg bagus utk tetep ngeblog sambil siaran

    BalasHapus
  6. saya rasa nama ini udah cocok, van. jangan diganti lagi. unik malah. sukses terus ya.

    BalasHapus
  7. Kunjungan balik..! sebenarnya saya sudah liat sejak lama seliweran di komennya mba Fanny namun saya belum sempat berkunjung karena sempat minder baca blog sastra radio " sastra ? wah..berat nih...". Salam kenal dan saya janji akan berkunjung kembali untuk belajar buat puisi...

    BalasHapus
  8. Sekelumit biografi dari blog Sastra Radio. Jadi penyiar tuch bro. Jadi pengen dengerin suaramu diudara sobat.

    Salam

    BalasHapus
  9. Menurutku ini pelengkap informasi, sebab dari tulisan yang tampil saya pribadi sudah dapat menyimpulkan (mudah2an tidak keliru) bahwa program sastra di radiomu dan blog-mu ini adalah rectoverso (pinjam istilahnya Dee) yakni dua sisi yang berbeda namun saling melengkapi meski dalam citarasa dan design yang tidak sama.

    Hanya memang sejarahnya baru tahu sekarang ini.

    Sukses terus ya, Van. Jangan ada matinya...

    BalasHapus
  10. Sastra Radio blog Fave saya tempat menambah pengetahuan tentang orang-orang hebat dibidang sastra sukses selalu Ivan

    BalasHapus
  11. Saya membawakan acara Gomezoner's Creation di radio Gomezone (swasta di kota Ende). Di situ yang semua hasil karya Gomezoner (Pendengar) diudarakan/dibaca; cerpen, puisi, artikel, surat cinta, sampe lagu2 karya orisinil mereka...

    Saya jadi terbiasa... dan sangat mencintai acara yang satu itu hehehe... sekarang rehat siaran dulu...sakit :D

    BalasHapus
  12. Saya membawakan acara Gomezoner's Creation di radio Gomezone (swasta di kota Ende). Di situ yang semua hasil karya Gomezoner (Pendengar) diudarakan/dibaca; cerpen, puisi, artikel, surat cinta, sampe lagu2 karya orisinil mereka...

    Saya jadi terbiasa... dan sangat mencintai acara yang satu itu hehehe... sekarang rehat siaran dulu...sakit :D

    BalasHapus
  13. akhirnya.. mengerti juga diriku kenapa dibilang sastra...:0)

    ia nih ivan jarang mampir.. oia linkmu udah kutempel di blogku yaah...

    BalasHapus
  14. sastra-radio maksutku, van...

    padahal saya lebih ngerti radio sastra lho..

    BalasHapus
  15. ohhhhhh,...sambil manggut-manggut hihihi ^_^

    gitu ya mas ?
    kapan y saya bisa denger mas ivan siaran *_*

    BalasHapus
  16. salam sobat
    wah jadi tahu juga sejarah sastra radio.
    bulan maret ya bikin blognya.
    semoga sukses selalu mas IVAN..

    BalasHapus
  17. Wah... memang tidak gampang untuk konsisten ngeblog ya... gua aja ini berusaha karena kebiasaan untuk bisa ngeblog, dan dikarenakan ada koneksi internet dirumah. kalo tidak, beeeuh... boro-boro blogwalking, wuakakaka...

    BalasHapus
  18. Owh begitu ya sejarahnya sastra Radio
    aku sebelum kenal sama mas Ivan, sering lihat namanya disebut-sebut diblog-blog
    makanya aku sering penasaran, apa sih sebenernya sastra radio itu?

    BalasHapus