Hot!

Atraksi Seni dalam Aksi Demo


Demo itu juga mengandung unsur seni. Sebahagian besar dimaksudkan sebagai salah satu cara menarik perhatian publik. Sebuah aksi demo tidak harus hanya berisi orasi. Sebuah demo juga kadang mementaskan aksi teatrikal, baca puisi, musik, seni rupa bahkan seni dan permainan tradisional. Seperti yang tampak dalam foto-foto berikut ini. Beberapa atraksi dalam berbagai demo yang berkaitan dengan kasus Bank Century.






Demonstrasi adalah hak azasi bagi manusia dan merupakan salah satu cara mengekspresikan diri ketika negoisasi mengalami stagnan. Ketika lahir kejenuhan terhadap sebuah kenyataan. Juga ketika suara dibungkam dan tidak menemui jalan lain untuk meneriakkannya. Sementara aksi-aksi seni yang biasanya mewarnai demonstrasi, itu semua sangat alamiah. Sebab seni juga adalah bagian dari hak-hak dasar bagi manusia.

SELAMAT HARI HAK A
ZASI MANUSIA 10 DESEMBER (^_*)


(foto-foto dari berbagai sumber di internet)

25 apresiator:

  1. semoga perjuangan itu tak sia-sia. setidaknya memberikan edukasi bagi masyarakat tentang suatu kebenaran. biarpun diabaikan 'mereka'

    BalasHapus
  2. tontonan yang dahsyat ya sebenere?????bang ivan....aq masuk kedai kopi kok kosong?gmn tuh?apa sih isinya?apa hitam sesuai dengan filosofinya (kopi?)

    BalasHapus
  3. @lina- ya, semoga siapapun tak akan mengabaikannya.
    @Aditya's Blogsphere- oh ya, mas. kopi yg latar hitam itu aku udah lupa paswordnya. aku bikin yg baru dg judul kedai kopi. di sini alamatnya:

    http://penulisbiasa.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. SBY ngerasa saah yah kok takut...
    masaka jumlah polisi m ayg demo banyak polisinya

    kayakna para intelek cuma ngetes dgn sebarin isu :D

    BalasHapus
  5. Gimana kabar demo di makassar kemarin urang

    BalasHapus
  6. Sebenarnya demo enak jd tontonan yg penting nggak anarki

    BalasHapus
  7. nah,, demo yang seperti ini yang aku suka
    ada seninya
    bukan hanya kebanyakan yg banyak berkoar2 saja
    hehehe

    BalasHapus
  8. Demo kreatif dan bernilai edukatif.
    Andai setiap demo tak berakhir ricuh...

    BalasHapus
  9. Demo yang dikemas dengan seni lebih mengena daripada teriak!

    BalasHapus
  10. gw baru tau ada hari HAM sedunia.... eh, sedunia bukan?! selamat hari HAM sedunia ya, Ivan... eh, salam kenal, bro... kpn2 mampir ke blog aku yaaaaa.... :D

    BalasHapus
  11. semoga tidak ditumpangi seseorang atau golongan tertentu yangmenginginkan keuntungan pribadi.

    BalasHapus
  12. hari ini ikut aksi ngga bang ?
    oya kedai kopi ntu punya bang ivan yah ? baru dilaunching kah ?

    BalasHapus
  13. Foto-fotona ambil sendiri ya..

    Iyaaa, Gek juga kena tuh, jebakan "kopi basi" nya Mas Ivan.. heeheheheh...

    Semua pada beternak Blog.. jadi pengen.. hehehhee!

    BalasHapus
  14. bener sob....kadang klo ngeliat berita demo, banyak yang pada ngelakuin aksi teatrikal atau seni lain....jadinya unik juga sih...dan ga ngebosenin ditengah panasnya cuaca dan situasi. Tapi tambah kesini kayanya indonesia tambah rumit aja...semuanya saling berebut kekuasaan apalagi pas terbongkarnya deretan kasus kriminalisasi KPK, jadi kebuka semua deh hehehe...pusing sob klo ngeliat politik. Kalo menurut aku kayanya korupsi diindonesia hampir mustahil dihilangkan...ga usah jauh2 ke kasus yang gede, sekarang aja klo mau masuk PNS diminta duit terang-terangan ya tentu aja bakal tumbuh lagi calon2 koruptor....sedih juga ngeliatnya.

    BalasHapus
  15. demo nya keren kalo gitu mas. nyenio. jangan demo yg ngancur2in ga jelas itu. katanya mau menuntut hak rakyat, kok malah ngerusak milik rakyat juga.

    BalasHapus
  16. Demo-kreatif cara yang cerdas dalam berekspresi. sastra dan seni bisa menjadi medium untuk menuntut penyelesaian masalah hak asasi.

    Selamat Hari HAM

    BalasHapus
  17. Aksi-aksi teatrikal seperti ini sebenarnya bagus. Tapi terus terang saya suka nggak ngerti maksudnya. Tapi yang ini pasti jauh lebih keren ketimbang demo yang bakar-bakar ban dan ujung-ujungnya melempari gedung sampai bikin macet.

    BalasHapus
  18. Siip. Kalau demonstrasi juga diisi atraksi seni, kan jadi lebih adem dan mantap. Pesan moral yang ingin disampaikan juga akan melekat kuat, katanya......

    BalasHapus
  19. Atraksi seni itu sendiri merupakan demo, baik di banggung maupun di jalanan. Bukankah seni merupakan sebuah pengungkapan dari perasaan manusia terhadap sekitarnya?

    BalasHapus
  20. xixixi... kreatif banget ya mereka, moga aja pesan-pesannya tersampaikan.

    BalasHapus
  21. demo dengan teatrikal yang sangat menarik

    BalasHapus
  22. Semoga Sukses Segala Kinerjanya

    Terus Berkarya
    ----------------->

    Salam musik Indonesia

    band ternama, directory pop, lirik pop, lagu pop, pop lyric, free pop lyric, lirik

    pop gratis, kumpulan lirik pop, lirik pop melayu, tembang pop lengkap ada di

    http://popindonesia.co.cc

    Selamat Bersenandung Ria
    ------------------------------

    Salam Dangdut

    goyang dangdut, directory dangdut, lirik dangdut, jago dangdut, dangdut lyric, free

    dangdut lyric, lirik dangdut koplo, direktori lirik dangdut, hot dangdut lengkap

    bisa dikunjungi di http://goyangdangdut.co.cc

    Salam Dangdut
    ---------------------

    Salam Sastra

    Kumpulan Puisi Acep Zamzam Noor, Artikel Budaya, Artikel Sastra, Artikel Sosial,

    Artikel Seni, Lukisan Acep Zamzam Noor dapat di update pada Blog

    http://acepzamzamnoor.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ----------------------------


    Salam Karya

    Kumpulan puisi, Kumpulan Cerpen, Artikel Bebas, Gita Lirik, Otodidak Computer

    silakan kunjungi di http://kobongsastracipasung.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ------------------------

    Terima Kasih

    BalasHapus