Hot!

"Bongkar" Lagu Terbaik Sepanjang Masa


Majalah Rolling Stone Indonesia edisi Desember 2009 menobatkan lagu "Bongkar" sebagai Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa. Lagu "Bongkar" diciptakan dan dinyanyikan Sang Legenda Hidup, Iwan Fals bersama kelompok Swami dan mulai populer sejak 1989. Rezim Orde Baru sempat mencekalnya untuk tampil di televisi maupun radio. Dari segi lirik, lagu "Bongkar" sebenarnya terlalu keras untuk ukuran zaman Orde Baru. Protes sosial yang tegas dalam lagu itu menandakan banyak yang tidak beres di republik ini.

Di samping menjadi nomor satu, ternyata Iwan juga memecahkan rekor menyumbangkan lagu terbanyak yang bertengger di deretan 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa. Menempati urutan pertama versi Roling Stone Indonesia tentu melalui penilaian secara profesional dan kriteria yang sangat objektif.

001 : Bongkar (Swami I)
005 : Guru Oemar Bakrie
010 : Bento (Swami I)

042 : Yang Terlupakan
051 : Wakil Rakyat
056 : Pesawat Tempur

065 : Galang Rambu Anarki
082 : Kesaksian (Kantata Takwa)

097 : Sarjana Muda

“Bongkar” menduduki posisi puncak daftar lagu legendaris sepanjang masa setelah melalui proses pemilihan yang melibatkan 53 musisi, kritikus musik, jurnalis serta para pelaku industri musik nasional, di antaranya Yon Koeswoyo (Koes Bersaudara & Koes Plus), Addie MS, Dwiki Dharmawan, Log Zhelebour, Dewa Budjana, Armand Maulana, Remy Soetansyah, Theodore KS, Denny MR, Denny Sakrie, David Tarigan dan sebagainya.

Adib Hidayat, Managing editor Rolling Stone Indonesia menulis, “Kriteria yang kami sepakati bersama dari lagu-lagu yang terpilih ini adalah lagu tersebut harus diciptakan WNI, memberikan inspirasi, berasal dari wilayah musik populer, tergabung dalam album, kompilasi atau single yang di rilis, masuk di playlist radio nasional serta bukan karya yang menjiplak karya lagu lain.”

Kalau cinta sudah dibuang
jangan harap keadilan akan datang

Kesedihan hanya tontonan
bagi mereka yang diperbudak jabatan
ooh ya... oh ya... oh ya...bongkar!

ooh ya oh ya..... oh ya...bongkar!

20 apresiator:

  1. Upss gak nyangka saya kalo lagu itu bakal dapat penganugerahan sebagai "Lagu Terbaik Sepanjang Masa"...

    Saya setuju banget dah....

    BalasHapus
  2. Wah, hebat banget berarti ya. Patut ditiru tuh, bro....

    BalasHapus
  3. Iwan fals memang luar biasa,penyanyi sang lagenda hidup yang superstar ,emang patut lagu Bongkar mendapat penghargaan.

    BalasHapus
  4. Nice post...iwan fals memang hebat dlm menciptakan lagu, bukan hanya lagu2 fokal dan keras, tapi punya nilai tersendiri dan tak lekang di makan zaman..

    BalasHapus
  5. He, Iwan Fals mania. Sama van. Info mantap.

    BalasHapus
  6. Paling suka Iwan Fals, Album Guru Oemar Bakrie kesukaanku!

    BalasHapus
  7. saya suka lagu itu. bongkarrr..keren..penuh kritik sosial.

    BalasHapus
  8. semua lagu OI ( om iwan) aku suka
    apa lagi yang itu tuh, sore tugu pancoran.. nyentuh bangett

    BalasHapus
  9. Mantap !!
    Saya juga suka lagu-lagu bang Iwan, sejak lama. Memang pantas lagu-lagu beliau dapat penghargaan itu. Kalau tak salah bang Iwan juga diberi gelar Pahlawan Asia, ya?

    Trims infonya, ya!

    BalasHapus
  10. salam sobat
    saya juga penggemar Iwan Fals,,
    memang lagunya ngga membosankan dan tetap disukai sampai saat ini ya,,
    apalagi yang lagu bongkar ini
    seperti menyindir penggusuran ya,,

    BalasHapus
  11. Ternyata kita harus ke jalan...
    robohkan setan yang berdiri mengangkang..

    BalasHapus
  12. Jadi ingat masa-masa lalu nih... O..o.. ya'o ya'o ya bongkar.....

    BalasHapus
  13. Iwan Fals memang seniman sepanjang masa..
    btw, Mas. link ku belum ada yaa..
    huaa huaaa..

    BalasHapus
  14. klo miliknya iwan fals aq ngefan ma "sugali" bang...kisah dalam lagu itu membuat q bersemangat hehehehehe

    BalasHapus
  15. saya suka iwan fals, suka lagu itu, suka sawong jabo.
    dan menantikan seniman muda yang kualitasnya sama seperti mereka....

    BalasHapus
  16. memeng gak salah kok kalo si bapak mendapat banyak penghargaan... soalnya emang lagunya keren dan tanpa manipulasi, plus bukan lagu "penjilat"

    BalasHapus
  17. Sejak kecil saya sudah menyukai lagu2 bang Iwan ini..bahkan dulu antara 91/94 saat masih SMA dan masih lihai2nya bermain gitar...lagu Bang Iwan sering aku nyanyikan...

    "sukses OI"

    BalasHapus
  18. semangaaaattt...aq mampir lagi sekedar untuk blogwalking....

    BalasHapus
  19. mas......aku juga suka sama iwan fals!!! coba dech searcing lagu yang judul, SELAMAT TIDUR SAYANG, ENTAH dan yang terakhir au suka adalah AKU MILIKMU!!! mantab! kayaknya cocok dech di puter di acara Sembilu Halah! ngarep sekalian request!! kalo nggak punya ntar aku kiriin dech heheheheh

    BalasHapus
  20. fals salah satu legenda hidup musik indonesia.
    dul sumbang, ebit gad, franky s dll yg menulis dengan nurani...saluuut

    BalasHapus