Hot!

Pameran Lukisan Duta Besar Pakistan


Duta Besar Pakistan, Sanaullah adalah juga seorang pelukis. Lukisan-lukisannya itu bisa disaksikan dalam pameran lukisan dan patung yang diadakan di Kedutaan Besar Pakistan hingga 22 Maret mendatang, bersama sejumlah seniman Indonesia dan Pakistan. Dari Indonesia, ada sejumlah pelukis yang berpartisipasi dalam pameran ini, di antaranya Saman yang menitikberatkan objek lukisannya pada buah-buahan, Irsam, Hidayat Ambon, Kompoel, Pardolli Fadli, Very Apriyatno, Puguh Tjahjono, X-Ling, dan Iwan Suhaya.

Dalam pameran yang digelar atas kerja sama Kedutaan Besar Pakistan dengan Galeri Ciputat itu, Sanaullah memamerkan empat lukisannya. Karya sang duta besar, terselip di antara puluhan karya seni berupa lukisan cat minyak atau cat air, dengan berbagai tema karya pelukis Pakistan dan Indonesia. Salah seorang seniman Pakistan yang ikut memajang karyanya adalah Ayesha M. Khan. Ayesha merupakan seniman lukis profesional, yang mempunyai pengalaman lebih 23 tahun. 

Dia menggunakan berbagai media seperti cat air atau minyak untuk melukis. Dengan gaya realis, Ayesha melukis sejumlah keunikan di Indonesia. Misalnya, dengan cat air ia menggambarkan sosok perempuan Jawa, orang tua di Jawa, dan juga perempuan Bali. Ayesha juga menghadirkan pintu rumah Jawa dan Bali. Untuk lukisan pintu Bali, sapuan kuas Ayesha cukup detail menggambarkan lekuk-lekuk pintu Bali. Warna abu-abu, merah, dan emas menghiasai bebatuan di sekeliling pintu. 

Tak hanya lukisan, pameran yang bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara ini juga menampilkan hasil karya para pemahat dari masing-masing negara. Selain itu, Kedutaan Besar Pakistan mengundang Lucian Taran, pemahat asal Hungaria.


(berbagai sumber)

24 apresiator:

  1. Wahhh... baru tau kalau duta besar Pakistan juga seorang pelukis...

    BalasHapus
  2. Rock. Thanks. Buat semua..maaf nih kalau aku belum sempat berkunjung balik. Aku agak sibuk beberapa hari ini.

    BalasHapus
  3. Info mantap van. Baru tau kalau dubes Pakistan juga seorang pelukis.

    BalasHapus
  4. Sebagai dubes pakistan masih sempat-sempatnya melukis dan ikut pameran!

    BalasHapus
  5. Kesenian memang milik siapapun tanpa memandang profesi!

    BalasHapus
  6. Persahabatan seniman kita dengan Pakistan semoga semakin erat dan melebar kenegara lain!

    BalasHapus
  7. Wah hebat sekali. Hal seperti ini bagus untuk mempererat hubungan bilateral antar negara.

    BalasHapus
  8. Seorang DUta Besar ternyata juga pelukis..? Wah, hebat tuh.

    BalasHapus
  9. Semoga persahabatan Indonesia dengan Pakistan dapat terjembatani lewat pameran lukisan itu.

    BTW.., mau ngucapin selamat atas kemenangannya di kompetisi anti korupsi. Bravo..

    BalasHapus
  10. Mampir, Gan...
    sambil kirim "sumbangan"

    Wah, hebat, Gan! ternyata DuBes Pakistan bisa ngelukis juga yah???

    BalasHapus
  11. kereen..selain dubes juga jad pelukis.

    BalasHapus
  12. hebat jabatan tinggi punya bakat seni lagi

    BalasHapus
  13. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


    Wah...Baru tahu saya kalau duta pakistan seorang pelukis...
    Hebat uy...
    Lukisannya tentang Indonesia lagi..
    Banga...

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  14. wow..
    para seniman ini hebat juga ya..

    BalasHapus
  15. Wah.... hebat benner nih, seorang pejabat, sekaligus seorang pelukis.
    Ada nggak yah di Indonesia gituan?

    BalasHapus
  16. mantab pejabat juga berjiwa seni

    BalasHapus
  17. pejabat juga manusia
    setiap manusia yg punya nilai seni
    cuma beda kadarnya aja
    mantap
    salut untuk pak dubes
    salut untuk semua seniman/wati

    BalasHapus
  18. malam sahabat gimana kesibukannya udah berkurang ya

    BalasHapus
  19. keren - keren lukisannya ....

    BalasHapus
  20. Wah,udah dubes,pelukis lagi yah?hmm,Seni emang seperti "kasih sayang" bisa menjiwai seseorang.

    BalasHapus
  21. hmmm... kedubes pakistan. dulu pernah jadi utusan kampus ke kedubes pakistan. sayangnya dubesnya ga bs bhs inggris,m jadi pake penerjemah bhs arab deh kesana hahahaha tapi lukisannya emang bagus2. sama kayak lukisan di kedubes cina. sama2 indah dan unik. Tapi dulu ga tau, mana lukisan yg dibikin dubesnya mana yg dibikin oleh benar2 pelukis

    BalasHapus
  22. Hmm...semoga agenda seperti ini benar-benar bisa mempererat hubungan bilateral dua negara. Sebab kita memimpikan dunia yang penuh kedamaian....

    Apa kabar mas ivan?
    Maaf br bermain ke sini, eh kok sudah singgah di Ruang Jeda. Hehe.
    Kalau berkenan, diambil ya di:

    http://jedahsejenak.blogspot.com/2010/03/ayo-bermain-lagi.html

    salam.

    BalasHapus