Hot!

Tunrung Tumpaka Di Unhas Hari Ini


Sendratari Tunrung Tumpaka yang dimainkan kelompok seniman Komunitas Pakampong Tulen (Komplen) Kabupaten Bantaeng akan meramaikan pelantikan Rektor UNHAS hari ini, Rabu 7 April 2010. Tari dan musik yang bercerita tentang kebersamaan ini naskahnya ditulis Bahruddin S.Sos (Dion) dengan arransemen musik digarap Haedir, A.Md tersebut siap mengetuk ego manusia untuk menghilangkan perbedaan (perseteruan) yang tidak jelas dan tak bermuara.

Koordinator Komplen, Dion menyebutkan, kelompok seni binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng ini akan memaniskan perseteruan hingga berbuah perdamaian. Masih menurut Dion, melalui alat musik tradisional yang disertai gerak lincah pemain gandrang dan lagu Makassar khas Bantaeng akan membawa penonton hanyut menyatukan rasa dan mengajak kita semua untuk satu persepsi, satu tujuan bersama menuju The New Bantaeng.

Kelompok seni yang menampilkan 13 pemain pada pelantikan Rektor Unhas ini lahir disebuah kampung Bissampole. Pendeklarasiannya dilakukan di Benteng Somba Opu pada 25 Juli 2005 silam. Komplen hingga saat ini masih tetap melakukan apresiasi dan eksplorasi pada Pentas-pentas yang telah dihasilkan. Kelompok yang terdiri atas berbagai multitalen dan dari sebuah kealamian (Otodidak ) tetap konsisten mengangkat budaya dan tradisi lokal Bantaeng.



17 apresiator:

  1. mantap pertunjukannya eh iya di Bantaneng ada bugis juga ya Van

    BalasHapus
  2. datang berkunjung dgn formasi dan PR baru...semoga mav terucap oleh sebab lama aku ngga' berkunjung kesini....

    BalasHapus
  3. Info mantap van. Semoga event tersebut berjalan sukses dan lancar.

    BalasHapus
  4. Semoga sukses acaranya...

    BalasHapus
  5. saluut..sama anak muda yang bangga sama budayanya sendiri..

    BalasHapus
  6. akand jadi acara yg seru nih.
    mas, klo bisa, udah beres pertunjukannya, tolong di postingin fotonya yah, soalnya saya pengen liat gimana acaranya. dan juga ksenian ini belum saya tau sebelumnya.

    BalasHapus
  7. Wah mantap mas..pasti acaranya bakal seru nantinya

    BalasHapus
  8. Halo., Salam kenal.
    Saya ngajak tukeran link nih.,
    LInk sudah terpasang,
    Saya tunggu link backnya ya, Thanks :)

    BalasHapus
  9. kayaknya keren tuh... hehe halo bang ivan akhirnya saya mampir sini lagi

    BalasHapus
  10. tak pernah tertinggal info dan blue suka selalu
    p cabar
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  11. "Untuk menghilangkan perbedaan yang tidak jelas dan tak bermuara"semoga saja bung.Amin

    BalasHapus
  12. berkunjung ke tempat sobat...semangat sll yeah...ma kasih kunjungannya

    BalasHapus
  13. alowww kawan met beraktifitas dan sukses sll

    BalasHapus
  14. Multif DjembeSenin, Mei 17, 2010

    KOMPLEN adalah subuah komunitas yang terlahir dari lorong dan trotoar, KOMPLEN adalah komunitas seni yang slalu mengangkat budaya, tradisi (Kearifan Lokal) yang kini hampir dilupakan

    BalasHapus