Hot!

Festival Danau Sentani 365 Hari


Pesta budaya akbar Festival Danau Sentani (FDS) yang mengusung tema "Loving Culture For Our Future - Cinta Budaya Untuk Masa Depan kami" di Kawasan Wisata Kalkote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua pada 19-23 Juni 2010 merupakan gerbang utama industri pariwisata selama 365 hari. 
  
Perhelatan akbar FDS 2010 merupakan pesta budaya tahunan untuk ketiga kalinya setelah mendulang sukses menggelar dua kali festival budaya pada tahun 2008 dan 2009 lalu.

FDS 2010 diharapkan dapat memperkuat jati diri masyarakat Papua, melestarikan nilai-nilai tradisi dan budaya orang asli Papua dan budaya Nusantara sekaligus pengembangan ekonomi kerakyatan tidak hanya berlangsung pada 19-23 Juni tetapi selama 365 hari atau satu tahun penuh.

Jauh hari sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jayapura berupaya membangun dan menata kampung-kampung wisata guna menarik sebanyak mungkin wisatawan Nusantara (Wisnu) dan wisatawan mancanegara (Wisman) untuk datang ke kampung-kampung wisata secara terus-menerus tanpa henti. Wisatawan datang ke kampung wisata untuk menyaksikan dan menikmati panorama alam tanah Papua yang indah, melihat dengan mata-kepala sendiri berbagai tradisi dan budaya masyarakat setempat.

Dampak positif dari kedatangan wisatawan itu adalah masyarakat Papua semakin terbuka pada dunia luar, terjadi interaksi yang positif, saling belajar, saling memberi dan menerima. Lebih dari itu, roda perekonomian rakyat di kampung-kampung akan berputar semakin cepat menuju pencapaian kesejahteraan hidup bersama.

Wisatawan  yang datang ke kampung-kampung dapat membeli berbagai souvenir atau tanda mata untuk dibawa pulang berupa hasil kerajinan industri rumah tangga dan sebagainya.

Paket-paket FDS yang telah  disiapkan panitia yakni pagelaran, pameran, promosi investasi dan paket wisata. Untuk paket pagelaran akan ada atraksi dan lomba budaya khas Papua dan Nusantara secara kolosal, baik tarian, musik, lagu, permainan rakyat, acesories dan sebagainya.

Paket pameran berupa promosi, investasi dan perdagangan dengan tampilan stand dari berbagai subsektor ekonomi Kabupaten Jayapura dan tanah Papua.

Paket wisata yaitu tour menarik mengelilingi danau Sentani dan mengunjungi kampung-kampung wisata yang terletak di bibir Danau Sentani hingga mengunjungi kampung wisata Tablanusu yang panorama alamnya sangat indah. Masyarakat Kabupaten Jayapura terbuka bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Masyarakat Jayapura menyambut gembira kedatangan para wisatawan selama 365 hari tanpa henti.  Ini juga sebagai pembuktian bahwa Papua aman dan nyaman untuk dikunjungi.

(sumber: panitia FDS 2010)
  

26 apresiator:

  1. wow...satu tahun penuh?!
    hmmm...semoga anak bangsa semakin menghargai budayanya. Salam budaya......

    BalasHapus
  2. Mari kita lestarikan kebudayaan indonesia...

    BalasHapus
  3. Semoga budaya Indonesia akan tetap eksis...

    Maaf baru mampir kembali :-)

    BalasHapus
  4. waw...liputan yang keren...
    semoga Indonesia semakin dilirik oleh dunia luar..ga cuma Bali terus..
    ngomong2 met kenal ya mas^^..thx

    BalasHapus
  5. So nice.....kebudayaan kita yg amat membanggakan.

    BalasHapus
  6. its very interesting to know most of culture in Indonesia from this blog

    BalasHapus
  7. Kebudayaan adalah aset buat suatu bangsa,dengan memajukan dan memperkenalkan suatu kebudayaan daerah di mata dunia akan menarik pelancong..maju trus PAPUA....

    BalasHapus
  8. budaya Indonesia yang kaya, wajib dilestarikan ^^

    happy monday ^^

    BalasHapus
  9. Keren banget ya Bang Festivalnya

    BalasHapus
  10. waow
    festival yang sangat keren menurut saya
    karena bertema mengusung ttg budaya indonesia
    :D

    BalasHapus
  11. ayoo kita semua cinta budaya bangsa sendiri
    hidup indonesia

    BalasHapus
  12. Maju terus masyarakat dan budaya papua.

    BalasHapus
  13. Wah, manis juga cewek2 papua ya?

    BalasHapus
  14. ye ay hehe budaya indonesia yakan
    asik kali ya kalo ikutan

    BalasHapus
  15. Mendengar nama Danau Sentani. Mengingatkan sy pd jalan dimana sebuah rumah tempat sy dikaratina.
    Kebudayaan Indonesia memang tak hnya mengema di negeri sendiri. Di Hong Kong, juga sering mengundang sanggar budaya KJRI Hong Kong untk tampil mengisi acra warga lokal.

    BalasHapus
  16. sepertinya jaya pura semakin terkenal, kayak aku *kaburrrrrrrrrrrrrr ikut ikut bang ivan, kan sukanya ngabur haha

    BalasHapus
  17. seandainya deket jd kepengen lihat, pasti meriah, setahun penuh'e

    BalasHapus
  18. Liputan yang mantap,,bikin enak dibacanya,,salam kenal ya mas dari orang garut jawa nbarat

    BalasHapus
  19. Hu ramai,but orangnya kelihatan serem-serem ya?

    BalasHapus
  20. mamntap mas,semoga kaindahan seni budaya di indonesia semakin berkembang.Dan tentunya memberikan dampak positif untuk bangsa indonesia sendiri....

    BalasHapus
  21. Bang Ivan udah ke Jayapura toh?

    BalasHapus