Hot!

Film Aliguka, Ketika Realitas Menjajah Idealisme


Kali ini saya berusaha memenuhi permintaan beberapa sahabat yang penasaran dengan sinopsis film Aliguka setelah postingan sebelumnya hanya memuat berita pemutarannya di Sulawesi Selatan. 

Film Aliguka bercerita tentang seorang mahasiswa fakultas hukum semester akhir yang terancam drop out karena proposal skripsinya tidak disetujui oleh dosen pembimbing. Dia ingin menulis skripsi tentang korupsi anggota legislatif. Sebagai mahasiswa hukum, dia muak melihat realitas yang terjadi di sekelilingnya.

Tetapi bukan hanya di dunia kampus dia mengalami penolakan atas idealismenya. Ayahnya sendiri yang seorang anggota legislatif juga menekan dengan ingin menjadikan Aliguka sebagai pegawai di sebuah kantor pemerintahan melalui jalur kolusi dengan temannya.

Aliguka yang senang menulis, juga mengalami penolakan luar biasa dari media yang tidak mau memuat tulisan-tulisannya yang menyuarakan ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya. Korupsi berbanding lurus dengan orang-orang yang termiskinkan di sekitarnya. Tekanan demi tekanan dihadapi oleh Aliguka membuatnya dia pergi dari rumahnya.

Dia kemudian hidup bersama orang-orang kecil di sebuah rumah kontrakan. Dia mengenal Daeng Tato, seorang tukang parkir yang mengajarinya banyak hal dalam hidup ini—juga Bu Rina, seorang pelacur yang kerap mendapat perlakuan kasar dari suaminya yang malas.

Tetapi tekanan hidup yang tak pernah putus membuatnya merasa bahwa satu-satunya tempat yang masih manusiawi di negeri ini adalah rumah sakit jiwa. Di sanalah dia akhirnya beristirahat, menenangkan diri—mengikuti saran Adil, seorang perempuan cantik yang selalu memperhatikan dirinya.

Untuk informasi paling lengkap termasuk mengenai jadwal pemutaran film Aliguka, bisa menghubungi dua cineas muda Makassar  di bawah ini:
  • Imam, HP 085656677075
  • Anata, HP 081355922680

sumber: For Film Makassar 



15 apresiator:

  1. Pertamanya nggak ya? AMankan dulu deh...

    BalasHapus
  2. Subhanallah! Luar biasa..
    Spirit idealisme yang tak padam-padam. Semangat yang pantang menyerah. Konflik yang tragis dan menohok. Sepertinya akan seru nonton fil ALIGUKA ini.

    Kira2 akan diputar di seluruh Bioskop Indonesia nggak, Mas?

    BalasHapus
  3. Atau mungkin, CD-nya sudah beredar di Makasssar? Masak cuma diputar di sekolah dan perguruan tinggi Makassar doang?

    Ah jadi pengen ke Makassar nih...

    BalasHapus
  4. Untuk sementara baru diputar di Makassar, mas. Ini termasuk film Indie jadi terbatas distribusinya.

    BalasHapus
  5. pengen nonton... di mana carinya ya?

    BalasHapus
  6. kaya apa yah nih film, kok aq jadi penasaran pengen lihat

    BalasHapus
  7. Wah, ceritanya keren juga ternyata... Jadi pengen nonton..

    BalasHapus
  8. wah ide ceritanya mantab...jadi penasaran penggarapannya kayak apa yah?

    BalasHapus
  9. kunjungan perdana bang Ivan Kavalera
    wah jadi di solo ga ada nie bang....
    ijin follow sekalian
    sebagai tanda persahabatan
    kalau berkenan follow back :)
    salam kenal

    BalasHapus
  10. nah,ini film mantap.bertema korupsi dan memasukan alur kehidupan masyarakat kecil.siip ni mas...

    BalasHapus
  11. wahhh..terus maju pelem indonesia..mudah2an bisa memberikan nuansa lain di bidang perfilm an indonesia..sedikit mengobati maraknya pilem horor2 ga jelas..selamat promosi...^^

    BalasHapus
  12. ouwhh..
    baru ada di makassar toh..
    semoga bisa meluas ya bang..

    BalasHapus
  13. kalau mau download film nya dimana

    BalasHapus