Hot!

Zona Cergam Indonesia



Cergam atau cerita bergambar atau komik terbukti belum mati di tanah air.  Petualangan Jaka Sembung dan Si Buta Dari Gua Hantu misalnya ternyata masih malang melintang di rimba persilatan komik Indonesia. Setidaknya para komikus dan penggemar komik masih setia menceburkan diri bersama jejak heroisme para tokoh cergam tersebut . Meski dalam nuansa dan dimensi yang tentu jauh berbeda dengan era kejayaan komik pada tahun 60 sampai 80-an.

Komunitas Komik Indonesia bekerja sama dengan Grand Indonesia Shopping Town menyelenggarakan Zona Cergam Indonesia, pameran komik Indonesia dulu dan kini, yang dibuka hari Jumat, 21 Mei dan tuntas pada 30 Mei mendatang. Acara itu berlangsung di Level One, East Mall, Level 1, Grand Indonesia, Jakarta. Mulai pameran sejarah komik, bazar komik, lomba komik strip, dan peluncuran beberapa buku komik baru digelar di sana.

Acara ini merupakan pertemuan akbar kedua bagi komunitas itu setelah sebelumnya mendapatkan kepercayaan untuk berpartisipasi pada Pekan Produk Kreatif Indonesia 2009. Dalam rilisnya ke berbagai media dan kebetulan satu di antaranya "kesasar" ke e-mail saya, komunitas menyatakan bahwa tujuan dari Zona Cergam Indonesia ini adalah "untuk membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat, terutama pengunjung Grand Indonesia, akan kekayaan dan perkembangan wajah komik Indonesia sejak 1931 hingga hari ini.

17 apresiator:

  1. Mas Ivan hadir...???

    Seru yah, kalau bisa ikutan :(

    BalasHapus
  2. Jadi pengen ke sono hohohohohh...

    BalasHapus
  3. Kamu ikutan juga ya Van?

    BalasHapus
  4. Insya Allah, kalau Allah memberi waktu, mas.

    BalasHapus
  5. MAMPIR DULU KE SINI JENGUK IVAN HAHHAHAHA..

    BalasHapus
  6. Wah,andai bisa kesana ya?Saya juga suka komik petualangan si buta dari gua hantu-dulu waktu masih kecil.

    BalasHapus
  7. pintar bikin komik juga ya van wah gimana ya wajah jaka sembung versi modern, si kecil sekarang udah tk van sibuk hapal doa-doa jadi sibuk dia

    BalasHapus
  8. wah, saya dulu juga baca komik Si Buta, terus serial Mandala "Siluman Sungai Ular", serial Gina, dll. Seru tuh, Van ... titip mata ya kalo kesana hehe ...

    BalasHapus
  9. jaka sembung dan si buta ini dulunya film yang paling aq favoritkan

    BalasHapus
  10. bang Ivan akan hadir ya..? Ditunggu lho laporan pandangan matanya hehehe

    BalasHapus
  11. Semoga acara ini dapat mendongkrak semangat para komikus Indonesia.

    BalasHapus
  12. Maju terus cergam indonesia... Yeahhhhh!!!

    BalasHapus
  13. jadi inget wakltu klecil gila klomikl klarangan ganes th neh...

    BalasHapus
  14. kalo saya karangannya djair mas.. he

    BalasHapus
  15. Sukses untuk Mas Ivan deh...
    Maju terus komik Indonesia!

    BalasHapus