Home » » Pameran Celengan Museum Anak Kolong Tangga

Pameran Celengan Museum Anak Kolong Tangga

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 17 Oktober 2010 | Oktober 17, 2010


Celengan bagi masyarakat nusantara tempo dulu merupakan suatu simbol seni, kepercayaan pada mitos dan kekuatan dari imajinasi manusia di beberapa daerah Indonesia.

Museum Anak Kolong Tangga Yogyakarta akan menggelar pameran bertajuk "Celengan, Simpan Satu Rupiah" di Benteng Vredeburg Yogyakarta pada 23 Oktober hingga 10 November 2010. Pameran akan menampilkan 500 koleksi celengan yang dimiliki museum anak pertama di Indonesia itu.


Ratusan koleksi celengan yang akan dipamerkan sebagian besar adalah artefak asli masa Majapahit. Salah satu koleksi  celengan  zaman Majapahit itu ada yang berbentuk babi. Celengan lain yang akan ditampilkan adalah kelinci terracota jawa, ayam, dan katak. Bentuk yang beragam dari celengan tradisional dan kuno itu memiliki nilai budaya masyarakat Indonesia, khususnya jawa.
Koordinator Humas Museum Anak Kolong Tangga Marisa Latifa, di Yogyakarta, menjelaskan, pameran juga akan menampilkan benda, artikel, dan dokumen yang ada kaitannya dengan celengan. Celengan bukan hanya sekadar salah satu kegiatan ekonomi semata, tetapi ada aspek lain yang belum banyak kita ketahui.


Pameran diselenggarakan sebagai wujud kepedulian Yayasan Dunia Damai sebagai pihak pengelola Museum Anak Kolong Tangga terhadap kebiasaan menabung anak-anak Indonesia. Selain itu, juga bertujuan untuk melestarikan fungsi celengan tradisional yang terbuat dari tanah liat dan memiliki sejarah yang begitu panjang sejak zaman Majapahit.


Share this article :

6 komentar:

  1. di tempatku juga ada info menarik, gan..

    BalasHapus
  2. info menarik :)
    selamat berakhir pekan :)

    BalasHapus
  3. Rupanya istilah celengan sudah lama ada ya, saya baru tahu. mksih ya mas.

    BalasHapus
  4. Semenjak kuliah celengan ku selalu kosong sob :D

    BalasHapus
  5. kayaknya celengan ini bisa dijual apa nggak ya

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday