Home » » Angklung Resmi Sebagai Warisan Dunia

Angklung Resmi Sebagai Warisan Dunia

Posted By Ivan Kavalera on Rabu, 17 November 2010 | November 17, 2010

Alat musik angklung akhirnya resmi ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia, pada sidang ke-5 Inter-Governmental Committe Unesco di Nairobi, Kenya, 16 November pukul 16.20 waktu setempat, ditetapkan sebagai The Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Direktur Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tjetjep Suparman, yang juga Pimpinan Delegasi Republik Indonesia pada sidang tersebut mengatakan, ditetapkannya alat musik angklung ini sebagai The Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity, merupakan kebanggaan bagi Indonesia, dikutip dari Antara.

Bagi orang Indonesia ada kecenderungan melihat angklung dari fungsi kebendaannya saja. Padahal, dalam angklung ada banyak nilai-nilai yang bisa diambil. Lebih luar biasa lagi, angklung bisa digunakan dalam industri kesehatan, seperti untuk terapi kesehatan dan banyak nilai-nilai lain yang bisa dikembangkan.

Angklung merupakan rumpun kesenian yang menggunakan alat musik dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Jenis bambu yang dipakai biasanya menggunakan awi wulung (bambu berwarna hitam) dan awi temen (bambu ber warna putih). Setiap nada yang dihasilkan dari bunyi tabung bambu yang berbentuk wilahan dari ukuran kecil, sedang, hingga besar, akan membentuk irama lagu yang mengasyikkan.

Asal muasal terciptanya musik angklung tak bisa dilepaskan dari pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan sumber kehidupan dari padi sebagai makanan pokok, yang melahirkan mitos kepercayaan terhadap Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Padi, pemberi kehidupan. Kendati muncul pertamakali di daerah Jawa Barat, angklung dalam perkembangannya, berkembang dan menyebar ke seantero Jawa, lalu ke Kalimantan dan Sumatera.

Angklung berkembang dan menyebar ke seantero Jawa, lalu ke Kalimantan dan Sumatera. Pada 1908 tercatat sebuah misi kebudayaan dari Indonesia ke Thailand, antara lain ditandai penyerahan angklung, lalu permainan musik bambu ini pun sempat menyebar di sana. Bahkan, sejak 1966, Udjo Ngalagena tokoh angklung yang mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas.

 (disarikan dari berbagai sumber)
Share this article :

10 komentar:

  1. banyak budaya2 kita dari warisan leluhur kita yang patut dilestarikan dan dijaga jangan sampai diakui oleh bangsa lain.
    semoga sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  2. saya jg mau belajar angklung oom

    BalasHapus
  3. Sangat penting untuk terus dilestarikan.

    BalasHapus
  4. tetap semangat dan terus berkarya......

    BalasHapus
  5. harapan kita utk kesenian yg lain jg bisa mendapat pengakuan dunia internasional utk menghindari klaim dari neraga lain

    BalasHapus
  6. Iya..iya..nulis nih.Jangan kasar-kasar dong,jantungku mau copot nih.Wah..address baru,ya.selamat ya..and sukses selalu,bro.

    BalasHapus
  7. mantap,,,url sdh sy arahkan ke http://www.ivankavalera.com

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday