Hot!

Goethe Terinspirasi Sastra Arab



Goethe menulis syair Kitab Kedai Minuman; Apakah Al Quran abadi? Itu tak kupertanyakan! Apakah Al Quran ciptaan? Itu tak kutahu! Bahwa ia kitab segala kitab, Sebagai muslim wajib kupercaya. Tapi, bahwa anggur sungguh abadi, Tiada lah ku sangsi; Bahwa ia dicipta sebelum malaikat, Mungkin juga bukan cuma puisi. Sang peminum, bagaimanapun juga, Memandang wajahNya lebih segar belia.

Karya-karya sastrawan Barat, Johann Wolfgang von Goethe (1749-1832) telah secara jujur mengapresiasi karya sastra Arab. Dia bukan sufi tapi dalam beberapa puisi dia sangat sufistik. Goethe bahkan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada bangsa Arab karena mengilhami karya-karyanya.

Goethe telah berkenalan dengan sastra Arab semenjak ia tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Leipzig, tahun 1761, pertengahan abad XVIII.

Ketika dunia Barat sibuk dalam studi-studi antropologis dan ekspedisi-ekspedisi geografis ke daratan Arab,  buku keenam dari Puisi dan Cinta, Goethe mencatat perhatian besarnya pada hasil-hasil ekspedisi itu. Terutama pada Carsten Neibhur yang pernah mengunjungi Mesir, Yaman dan daerah-daerah Arab lainnya (1767).

Dari perjalanan ekspedisi dan riwayat pendidikannya Goethe serius mengkaji Islam. Hal ini menjadikan dia begitu dekat dengan bangsa Timur dan keilmuan Islam. Hingga akhirnya dalam karyanya, dia membuat syair:

Bila makna Islam pada Tuhan berserah diri
Maka dalam Islam semua kita hidup dan mati

Jika Islam dimaknai berserah diri kepada Tuhan, kita semua hidup dan mati dalam Islam. Karya ini memiliki nilai sufistik yang tinggi. Setidaknya Goethe telah mencapai puncak ekstase sufistik membaca Islam dan seluruh ajarannya.

(disarikan dari berbagai sumber)

Melalui kesempatan ini saya juga ingin memohon maaf kepada sahabat-sahabat blogger yang sekian lama telah bertukar link dengan blog sastra_dio. Berhubung blog ini telah berganti domain ke www.ivankavalera.com,..maka saya sangat berharap agar link blog ini yang sebelumnya http://www.kavalera.co.cc diganti ke http://www.ivankavalera.com..mohon maaf jika merepotkan. Minal Aidin Wal Faidzin. Selamat Iedul Qurban 1431 Hijriah.
 

6 apresiator:

  1. Ternyata disini gudang ilmu sastra. Brother bagi ilmu sastra bagi pemula seperti saya. Saya kurang tau konsep sastra yang saya tulis mengalir tanpa mengetahui kaidah. Seperti ketika anda mengatakan diksi gelap-saya tidak tahu apa maksudnya. Hmm...Saya akan lebih belajar banyak dari anda, InsyaaAllah:)

    BalasHapus
  2. memang banyak sekali yang belajar dari seni islam , link nya akan saya ubah

    BalasHapus
  3. nam Goethe baru tahu,mas, yang saya tahu cuma az zamakhsary dan alburdah saja :D
    makasih infonya.. selamat aidil qurban 1431h :)

    BalasHapus
  4. ni blog "gue banget",, sebagai anak sastra, saya suka artikel-artikel berkelas kaya gini....

    BalasHapus