Hot!

Dewan Ketahanan Budaya Sulsel 2011


Rencananya pada 2011 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan membentuk dewan ketahanan budaya guna melestarikan budaya khas Sulsel. Pembentukan dewan ketahanan budaya ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap kebudayaan di Sulsel yang menunjukkan identitas diri dan memiliki nilai yang sangat tinggi, seperti dikutip dari situs rca-fm.com,
Keberadaan dewan ketahanan budaya ini nantinya dapat menjadi sarana sekaligus media untuk memelihara dan menjadi pusat kebudayaan di Sulsel. Selama ini tidak adanya wadah yang menjadi induk kebudayaan membuat kecenderungan semakin terancamnya budaya Sulsel, tidak hanya di mata masyarakat dunia, melainkan juga masyarakat Sulsel sendiri.

Di belahan bumi manapun berada, masyarakat tidak mungkin mengisolasi diri dari kemungkinan interaksi kebudayaan maupun pengaruh ideologi atau informasi dari luar. Untuk dapat tetap bertahan dalam pergaulan global diperlukan ketahanan yang diharapkan akan menjadi fondasi untuk mempertahankan eksistensi kebudayaan.

Pengembangan kearifan-kearifan lokal yang relevan dan kontekstual, memiliki arti penting bagi berkembangnya suatu bangsa, terutama jika dilihat dari sudut ketahanan budaya, serta untuk identitas daerah itu sendiri. 

Kearifan-kearifan lokal dapat menjadi landasan bagi pembentukan jati diri bangsa secara nasional yang sering kali berfungsi sebagai sumber atau acuan bagi penciptaan-penciptaan baru. Misalnya, dalam bahasa, seni dan bahkan teknologi yang kemudian ditampilkan dalam perikehidupan lintas budaya. Tersisa satu pertanyaan yang akan sering mengusik di masa-masa yang akan datang, mampukah dewan ketahanan budaya lebih sigap dibanding dewan kesenian?

8 apresiator:

  1. semoga bukan hanya wacana tanpa realitas

    BalasHapus
  2. memang perlu dewan seperti ini semoga bisa menjalankan fungsinya dengan baik

    BalasHapus
  3. semoga secepatnya di realisasikan.

    BalasHapus
  4. salam sobat
    semoga rencana pemerintah sulawesi selatan terwujud.
    agar melestarikan budaya khasnya.

    BalasHapus
  5. Semoga dewan ketahanan budaya dapat menjalankan visi dan missinya dengan baik...

    BalasHapus
  6. Beda tugas antara dewan ketahanan budaya dan dewan kesenian apa ya...?

    BalasHapus