Hot!

Seni Rupa Tanpa Tema, Tahun Baru Tanpa Miras


Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.

Pemuasan ekspresi pribad ini pula yang menyebabkan sekelompok mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar parade melukis dengan tema Seni Rupa Tanpa Tema. 

Acara ini berlangsung di pelataran Kampus Unismuh Makassar Jumat (31/12/2010) dan diikuti belasan mahasiswa. Demikian disampaikan seorang Facebooker yang menamakan dirinya Nyk Annyak.

Para mahasiswa ini melukis di atas media lukis dengan tema yang sesuai dengan imajinasi mereka. Walhasil lukisan ini menjadi hiburan tersendiri bagi sebagian mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut.

Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

Jika sebagian warga Makassar dan Indonesia mengekspresikan diri menggelar pesta hura-hura di akhir tahun 2010, sebaliknya pemuasan ekspresi pribadi mahasiswa Unismuh tersebut mungkin bisa digagas sebagai rutinitas yang bisa menggantikan miras, misalnya. (foto repro tribun-timur)


7 apresiator:

  1. fine art.. seru kayaknya dan positif.. alternatif untuk mencari kepuasan ekspresi..

    BalasHapus
  2. saya jadi miris sob begitu banyak sumber daya tenaga dan materil yang dihabiskan untuk merayakan sebuah tahun baru yang bukan tahun baru Islam

    BalasHapus
  3. Mahasiwa kita makin kreatif, tidak hanya kreatif menyusun aksi demo, tetapi juga kreatif dari segi inovasi Seni Rupa.

    BalasHapus
  4. Selamat Tahun Baru 2011 kawan

    BalasHapus
  5. kenang 2010 dan berharap lebih baik di 2011

    BalasHapus