Hot!

Corp Circle Sebagai Karya Seni Geometris Tingkat Tinggi


Sejak kecil saya termasuk seorang penggemar masalah seputar fenomena UFO (Unidentified Flying Objects). Jika Corp Circle (CC) di Sleman dan Bantul Jogjakarta yang menggemparkan itu adalah benar-benar bekas pendaratan pesawat makhluk luar angkasa yang mengunjungi planet bumi, maka itu fenomena CC bekas UFO yang pertama di Indonesia.

Namun jika itu benar-benar hasil buatan manusia -seorang mahasiswa UGM telah mengaku sebagai pembuat CC di Sleman atau sesuai keterangan resmi LAPAN- maka ini sangat mengagumkan. Ini CC buatan manusia yang sangat bernilai seni tingkat tinggi yang pernah ada di Indonesia. CC buatan manusia sejak dulu di luar negeri dikenal sebagai karya Seni Geometris yang sangat matematis. 

Sebuah dokumen mengungkapkan, pada Agustus 2004, John Lundberg, Rod Dickinson, dan Wil Russell diminta televisi National Geographic membuat crop circle di Silbury Hill, Wiltshire, untuk sebuah film dokumenter. Ketiganya dikenal sebagai circlemakers.

"Kami membuat sebuah formasi 200 kaki digabung dengan spiral persegi," kata Lundberg. Butuh waktu 3-5 jam untuk menyelesaikan. Menurut dia, tidak dibutuhkan peralatan canggih. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan circlemakers membuat pola yang menghebohkan tersebut.

1. Pilih lokasi yang lapang.
2. Buat desain diagram (beberapa circlemakers memutuskan datang dengan ide spontan ketika mereka tiba di tempat tujuan). Pola tidak hanya berbentuk lingkaran.
3. Setelah tiba di lokasi, gunakan tali dan tiang untuk mengukur lingkaran.
4. Satu circlemaker berdiri di tengah lingkaran yang diusulkan. Satu kaki mendorong tanaman agar rebah dan kaki lain untuk membuat pusat.
5. Tim membuat jari-jari lingkaran menggunakan sepotong tali yang diikat pada kedua ujungnya. Seorang anggota tim berdiri di tengah lingkaran, sedangkan yang lain berjalan di sekitar tepi lingkaran. Papan sepanjang 1,2 meter digunakan untuk menginjak-injak tanaman mengikuti garis.

9 apresiator:

  1. kasihan tuh yang punya sawah, jadi rusak....

    BalasHapus
  2. beugh....pinter juga cara bikinnya ya..

    BalasHapus
  3. Luar Biasa....
    Kreatifitas anak manusia...mestinya pemerintah bisa nyiapin sarana buat mereka,,,,spy sawah pak Tani gak rusak..hehehe

    btw Link nya sdhmi kutaruh di blog ku...

    Klo berkenan banner ku juga bisa dipasang....tarima kasih cappo....

    BalasHapus
  4. Kalau bener itu buatan manusia.., kasihan petani yg padinya sengaja dirusak utk membuat corp circle itu.

    BalasHapus
  5. memang sebuah karya seni yang menarik cuma bikin sawah orang lain rusak kok nggak bikin di tanah lapang aja, yang aku pikir crop circle diluar negeri yang diatas padang pasir dan lebarnya sampai 4 ha wah berapa orang yang dibutuhkan untuk bikin hal tersebut

    BalasHapus
  6. Circle yang di indonesia ini kok gua merasa kayanya buatan manusia ya... who knows, hihihi..

    BalasHapus
  7. crop circle adalah karya seni yang hebat
    sayangnya itu hasil karya manusia bukan UFO
    he..he..

    BalasHapus
  8. dari pertama keluar berita CC di Indonesia saya sudah tertawa dan publish di statuz fb saya kalo saya malash sudah sering lihat yang seperti ini... yang lain pada sibuk bahas UFO, saya langsung bilang ini buatan manusia... sudah ada dokumentasinya.. dan sumber saya sama dengan sumber anda bro' .. sama2 dari NGC ... :) like NGC, biar kadang bikin pusing karena mencoba memahami pembahasan yang mereka buat, tapi akhirnya bisa puas dan lega bisa ketambahan informasi yang sangat berguna, dan membuat kita lebih paham tentang alam dan manusia .. :)

    BalasHapus