Home » » Epos I La Galigo Akhirnya Pulang Kampung

Epos I La Galigo Akhirnya Pulang Kampung

Posted By Ivan Kavalera on Sabtu, 26 Februari 2011 | Februari 26, 2011


Lebih lima tahun terakhir mengembara di berbagai negara, pentas teater kelas dunia I La Galigo akhirnya berlabuh di kota kelahirannya, Makassar. Pementasan ini akan berlangsung di Fort Rotterdam, 23-24 April mendatang berkat prakarsa Tanri Abeng, Yayasan Bali Purnati, Pemerintah Kota Makassar , dan Change Performing Arts (Italia).

Pementasan I La Galigo terinspirasi dari Sureq Galigo, hikayat kepahlawanan di Sulawesi Selatan. Lakon ini dipentaskan pertama kali di Singapura pada tahun 2003, lalu menyusul di antaranya di Amsterdam, Barcelona, Madrid, Lyon, New York, dan di Jakarta pada tahun 2005.
Di Makassar, pentas akan digelar dalam format opera di ruang terbuka dengan durasi dua sampai 2,5 jam. Setidaknya seratus pendukung acara, termasuk seniman Sulawesi Selatan, akan dilibatkan.

Penyelenggara saat ini masih mensurvei lokasi untuk menyiapkan detail tata panggung dan pencahayaan. Gladi bersih diperkirakan bisa dihelat dua minggu sebelum pementasan.

Kehadiran I La Galigo di Makassar merupakan penghormatan bagi mereka yang membuat epos ini dikenal hingga dunia. Tanri Abeng berhasil meyakinkan sutradara Robert 'Bob' Wilson untuk mementaskannya di Makassar.

Ke depan rencananya juga  akan dibangun perpustakaan dan museum I La Galigo yang lebih lengkap untuk menambah khazanah kebudayaan Sulawesi Selatan.

I La Galigo bersumber dari naskah Sureq Galigo yang ditulis dalam huruf lontara. Naskah asli berada di Leiden, Belanda, dengan tebal 6.000 halaman. Penerjemahan secara utuh sudah dilakukan oleh M Salim, dosen fakultas seni dan desain Universitas Negeri Makassar. Salim membutuhkan waktu lima tahun dua bulan untuk menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia.

Dari 24 jilid yang diterjemahkan, baru dua jilid yang diterbitkan. Adapun pentas teater akan menampilkan tari, musik, dan dialog berbahasa Bugis klasik.


Share this article :

5 komentar:

  1. kekayaan budaya yg sangat penting...

    BalasHapus
  2. apa kabar mas Ivan. Thanks kunjungan en bantuannya kemaren..

    BalasHapus
  3. Kisah La Galigo semoga akan terus lestari dan dinikmati anak cucukita, Jayalah Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  4. Cuma minat generasi sekarang terhadap hal-hal seperti ini kurang sekali diusur oleh hal-hal dari luar jadi sedih rasanya

    BalasHapus
  5. semoga I La Galigo dapat makin dikenal di manca negara bang n tetap semangat bang dalam memberi info sastra

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday