Hot!

Festival Phinisi II, 16 -18 Juli 2011

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba tahun ini kembali menggelar perhelatan akbar yaitu Festival Pinisi II 2011 dengan tema : “BANGKITKAN WISATA MULTI INTEREST DI BULUKUMBA DEMI MENDUKUNG VISIT SOUTH SULAWESI 2012”. 

Kegiatan ini sudah masuk dalam kelender event tahunan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, yang mana diharapkan kedepan dengan dilaksanakannya kegiatan tahunan ini dapat lebih membangkitkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya ke Kabupaten Bulukumba. Lebih khusus lagi pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan dapat ikut mendukung Visit South Sulawesi 2012 tahun depan.

Pembukaan Festival Pinisi II 2011 digelar pada tanggal 16 Juli 2011 dipusatkan di Pantai pasir putih Tanjung Bira dan direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Pada malam harinya masih di Pantai pasir putih Tanjung Bira akan digelar konser musik oleh band ibukota, Seventeen.


Pada hari kedua, 17 Juli 2011 acara dipusatkan di Kawasan Adat Ammatowa Kajang, seperti tahun lalu di kawasan ini digelar Ritual Adat Andingingi yang kurang lebih bertujuan untuk “mendinginkan” alam agar lebih bersahabat dengan manusia. Beberapa rangkaian ritual ini yaitu : “andingingi kampong”, “andingingi balla”, “attunu panroli”, penganugerahan gelar kepada tamu adat.


Pada hari ketiga 18 Juli 2011, digelar Pesta Nelayan di pantai Samboang kecamatan Bonto Tiro. Sebagai rangkaian acara pesta nelayan ini yaitu pembacaan barzanji, pelarungan hasil bumi ke laut lepas, lomba perahu tradisional jolloro, dan lain-lain. (rca/ry-/www.rca-fm.com)

9 apresiator:

  1. semoga benar2 bisa menyedot wisatawan asing ke Bira. sukses bro..

    BalasHapus
  2. sukses selalu untuk bulukumba tercinta

    BalasHapus
  3. mohon link sy di daftar teman di ganti bro...dah gak pake .co.cc lagi tq

    BalasHapus
  4. Lihat replikanya aja sudah menarik apalagi kalau lihat langsunf

    BalasHapus
  5. Apa kabar mas Ivan keling malam sambil berbudaya biasa

    BalasHapus
  6. wah, pasti keren tuh festivalnya :)

    BalasHapus
  7. Orang Bulukumba emang terkenal sebagai orang maritim n jago bikin kapal. semoga eventnya lancar.

    BalasHapus