Hot!

Gandrang Bulo di MTQ Mahasiswa Nasional

Musabaqah Tilawatil Qu'ran tingkat nasional bagi mahasiswa se-Indonesia yang berlangsung 10-15 Juli 2011 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar  akan diwarnai nuansa kesenian daerah di Sulawesi Selatan. 

Saat ini peserta yang diketahui baru 324 orang tiba di Makassar dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Jumlah total PT yang ikut dalam daftar sebanyak 104 PT, dan secara keseluruhan mencapai 1.222 orang. Rencananya Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh akan membuka kegiatan.

"Kesenian daerah akan dipentaskan pada malam pembukaan nanti, Seperti, Gandrang Bulo, Manggaru', Tarian Pepeka Rimakka, nyanyian Sinriliq, dan Orkestra dari UKM UMI," kata Ketua Panitia kegiatan MTQ, Prof Dr Achmad Gani, di Media Center Kampus UMI di Makassar, Sabtu (9/7/2011).  

Konsep pementasan, sebanyak 200 anak secara bersamaan akan menari Gandrang Bulo sebagai simbol kemenangan pada masa perang dahulu, kemudian nyanyian sinriliq sebagai simbol bagaimana sejarah perjalanan Islam masuk di Sulawesi sehingga menjadi agama mayoritas.

10 apresiator:

  1. Alhamdulillah Gandrang bulo sdh mulai dikenal secara nasional...maju trus budaya bugis mks!!!!

    BalasHapus
  2. wah dukung kegiatan positif :D

    BalasHapus
  3. target di tahun depan..
    amiiin..

    BalasHapus
  4. Salut sama postingannya yang sarat budaya Indonesia.
    Btw pa kabar bung? Saya gak ngeblog lantaran gak ada kompi n modem.

    BalasHapus
  5. Hallo Bung, itu yang gambar tari di atas masih satu post sama mtq ini? coz gak ada kolom tuk komen. Btw gembira ngeliat anak -anak kecil mengapresiasi budaya.

    BalasHapus
  6. Anak-anak kecil itu adalah pemain Gandrang Bulo, mas.

    BalasHapus
  7. semoga acara berjalan lancar..
    sering2 aja diadain acara seperti in untuk melestarikan budaya indonesia..

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum..
    Informasi menarik,Kang.

    BalasHapus