Hot!

Google Doodle Rayakan Ultah Penyair Jorge Borges

Header Google hari ini, Rabu 24 Agustus 2011,  menampilkan sebuah lukisan yang berhubungan dengan Luis Borges.Google Doodle hari ini merayakan hari ulang tahun Jorge Luis Borges, seorang penulis Argentina yang dianggap salah satu tokoh sastra terbesar dari abad 20. 

Google Doodle dibuat oleh Google untuk memperingati kejadian-kejadian istimewa, seperti ulang tahun tokoh-tokoh ternama dan hari-hari besar dunia. Google Doodle pertama kali dibuat pada tahun 1998 dan mendapat hak patennya pada tahun 2010.

 Luis Borges yang juga dianggap sebagai salah satu tokoh sastra terbesar dunia abad 20 ini juga berporfesi sebagai penyair, kritikus seni dan penerjemah. Perayaan yang dilakukan oleh Google Doodle hari ini pun adalah ulang tahun obituari Luis Borges ke-112.

Luis Borges lahir pada tahun 1899 di Argentina dan meninggal di Jenewa, Swiss, pada tahun 1986.

Karya-karya  Borges  turut mempengaruhi perkembangan genre sastra terbaru, yakni magical realism, yang mana merupakan bantahan atas genre sastra realisme/naturalisme pada abad 19.

Tokoh-tokoh besar yang pernah dibuatkan Google Doodle antara lain Andy Warhol, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, Rabindranath Tagore, Louis Braille, Percival Lowell, Edvard Munch, Nikola Tesla, Béla Bartók, René Magritte, Michael Jackson, Akira Kurosawa, H. G. Wells, Samuel Morse, Hans Christian Ørsted, Mohandas Gandhi, Dennis Gabor, Antonio Vivaldi, Jules Verne dan lain-lain.


(pelbagai sumber)

1 apresiator: