Home » » Apa Kabar Komik Tanah Air?

Apa Kabar Komik Tanah Air?

Posted By Ivan Kavalera on Rabu, 22 April 2009 | April 22, 2009

Semenjak bisa membaca di masa kecil saya termasuk penggemar komik di samping novel silat. Hari ini, apa kabar komik indonesia? Komikus yang akrab dalam ingatanku hingga detik ini seperti Ganes TH, Jan Mintaraga dan sebarisan lagi komikus hebat lainnya. Saat beranjak dewasa saya tidak lagi dapat menemukan komik-komik hebat karya komikus tanah air.

Kemana mereka? Memang saya menemukan mereka di beberapa situs bahkan masih ada komunitas-komunitas komik tanah air yang masih setia eksis. Namun gilasan zaman yang merubah selera masyarakat bisa jadi penentu utama keterpencilan mereka. Siapa yang tidak kenal Si Buta Dari Gua Hantu? Pendekar buta itu justru lebih hebat dari Harry Potter.
Atau Jaka Sembung, kisah fantastis Api Di Bukit Menorehdan masih banyak lagi. Konon pula Gatotkaca dikenal anak-anak Indonesia hanya karena ada komikus yang berani mengangkatnya dari kubangan lokalitas bangsa. Heroisme Superman yang mendunia, melegenda dan bahkan diidolakan justru kisahnya pertama kali dicorat-coret secara amat sederhana dalam komik serial di sebuah koran lokal di Amerika.

Masyarakat kita tentu kesulitan untuk merasa punya kewajiban menghidupkan kembali komik. Bagi para komikus? Saya tidak tahu pasti tersisa berapa jumnlah komikus di tanah air. Bagi orang yang hanya bisa menjadi penikmat komik seperti saya tentu lebih bingung lagi. Perlu sebuah kesadaran estetis barangkali untuk mengembalikan kejayaan komik walau tidak bisa dipaksakan bisa menjadi trend kembali. Lihatlah piramida dan mumi-muminya yang mungkin masih menyisakan kejayaan Firaun di Mesir kuno. Tapi komik bukanlah mumi dan saya tidak akan rela jika komik hanya diawetkan ibarat mumi.

Saya pernah kaget bukan kepalang ketika menemukan seorang keponakan yang asyik membaca komik. Tapi lebih kaget lagi ketika saya menemukan kenyataan bahwa komik yang disembunyikan di bawah bantai\l itu ternyata komik doraemonrobot kucing cerdas dari Jepang. Ironis memang. Doraemon dilahirkan di dalam industri televisi sebelum merambah dunia komik. Berbeda dengan Gatotkaca yang bisa terbang dalam kisah pewayangan. Gatotkaca pernah terbang juga di dunia komik. Tapi ternyata kesaktian putra Bima itu tidak mampu membawanya ke layar kaca maupun bioskop secara fenomenal. Bagi penggemar komik Indonesia, tidak usah berkecil hati. Kita masih bisa menelusuri komikus-komikus tanah air di internet.
Share this article :
Komentar

0 apresiator:

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday