Hot!

Koleksi Pusaka Baru di Museum La Galigo


Seorang kolektor benda pusaka, Prof. Dr. Mustari Pide menyerahkan benda-benda pusaka miliknya kepada Museum Lagaligo di Benteng Rotterdam Makassar, Rabu (15/9).  Benda-benda pusaka itu diserahkan sebagai kontribusi peradaban untuk anak-anak bangsa. Sebanyak  21 koleksinya merupakan peninggalan kerajaan Bugis-Makassar dan Jawa.

Ke 21 koleksi tersebut terdiri atas lima tombak, dua kapak, satu sabit, tiga pedang, satu meriam, dua keris, satu cambuk besi, sejumlah panah dan satu meja giok. Jumlah pusaka di atas 200 buah itu merupakan peninggalan dari seluruh kerajaan di Indonesia, didominasi peninggalan kerajaan Jawa termasuk Batak dan Minangkabau.
 
Salah satu tombak besi yang diserahkan bersepuh emas dengan ukiran naga dan pegangan terbuat dari bahan gading begitu juga dengan sarungnya. Koleksi baru museum ini akan ditempatkan khusus dalam ruangan sesuai nama kolektornya sekaligus mendukung tahun kunjungan Sayang Museum pada 2011.

Sang kolektor, Prof. Dr. Mustari Pide mengatakan, koleksi benda-benda pusakanya tersebut telah dikumpulkannya sejak ia berusia muda dan diperoleh dari pemberian pemangku-pemangku adat kerajaan di Indonesia dan hasil perburuannya hingga ke luar negeri dan disimpan di Rumah Adat Saoraja di Kecamatan Batu batu Kabupaten Soppeng.

 sumber: www.rca-fm.com

10 apresiator:

  1. Wow..banyak juga ya?Nice info,kang.

    BalasHapus
  2. woow.. salut untuk Prof. Dr. Mustari Pide, atas kesediaannya untuk menyerahkan koleksinya pada negara.. ^^ luar biasa..

    BalasHapus
  3. wah, 21 barang dikumpulin sejak masih muda..
    salut deh sama perjuangannya :)

    BalasHapus
  4. kayaknyaya ada koleksi yg ketinggalan deeh..nih ada bom molotok blm di catet..wkwk.
    salam kenal..heppi blogging

    BalasHapus
  5. haloo..slm kneal yah..mohon kunjungan balik =)

    BalasHapus
  6. asalam... lg blogwalking neh.. numpang komen yak..
    sangat besar sekali apresiasi dri Bpk Prof. Dr. Mustari Pide demi kebudayaan indonesia, salut deh bwt beliau....
    kak, kalo nggak keberatan silakan kunjungi blog sy ya... terimakasih...

    BalasHapus
  7. pingin sekali lihat semua barang pusaka itu van pasti seru banget

    BalasHapus
  8. sangat besar sekali apresiasi dri Bpk Prof. Dr. Mustari Pide demi kebudayaan indonesia..

    BalasHapus