Latest Post

Perempuan Palembang

Posted By Ivan Kavalera on Senin, 12 Oktober 2009 | Oktober 12, 2009

Seperti bunyi kecipak air telaga yang dijatuhi beberapa butir batu kecil di larut malam. Hanya beberapa butir namun memaksa telinga untuk lebih mengamati lebih jelas lalu membuka mata. Bunyi kecipak itu memang ditimbulkan oleh sesuatu. Seperti itulah pendengaran saya terhadap kecipak sastra dan perempuan di Palembang. 

Saya belum pernah menjejakkan kaki ke sana namun beberapa buku hasil karya penulis Palembang di rak buku, memaksa saya untuk ikut melemparkan sebutir batu kecil ke tengah telaga hening ketidaktahuan kita.

Di Palembang, ternyata ada beberapa sastrawan perempuan seperti Indah Rizky Ariani (penyair), Deris Afriani (cerpenis), Ikhtiar Hidayati (puisi/cerpen), Handayani (penyair), Dahlia (cerpenis, penyair, novelis) dan Duhita Ismaya Arimbi (penyair). Siapa yang tidak kenal novel bagus seperti Juaro dan Buntung karya T. Wijaya?

Di Palembang, sejak lama muncul gerakan pemurnian warna lokal dalam puisi, cerpen, drama, dan novel. Seperti Novel Buntung karya T. Wijaya, misalnya. novel ini bercerita soal masa depan Indonesia, sebuah prediksi (materialisme marxis) yang membenturkan kondisi sosial, ekonomi, politik, sejarah, dan kepercayaan (agama) masyarakat Indonesia. Namun dengan mengambil setting “ Indonesia kecil” yakni Palembang, di mana Palembang memiliki sejarah yang panjang dan besar di nusantara, tentunya menjadi contoh ideal buat Indonesia.

Yang terakhir dan menghentak, adalah munculnya novel Jungut yang ditulis oleh seorang novelis perempuan bernama Dahlia Rasyad. Novel itu bercerita tentang perampasan tanah adat seluas 3000 Ha, yang pada gilirannya tanah itu menjadi hutan industri. Setting lokal sangat kuat mewarnai novel tersebut. Kemudian penulis lainnya, Purhendi mencoba mengetengahkan persoalan sosial budaya dalam novelnya Sang Duta.

Sesuatu memang telah terjadi di Palembang Sumatera Selatan. Sebuah gerakan pemurnian muncul sebagai semangat lokal sastra yang tidak ingin terus menerus dikuasai oleh hegemoni pusat. Bagaimana dengan semangat daerah lainnya di Indonesia?

Bunga Lampung: Iswadi Pratama

Posted By Ivan Kavalera on Sabtu, 10 Oktober 2009 | Oktober 10, 2009


Dia salah satu bunga dari Lampung tapi dia bukan gadis. Saya mengenal karya-karyanya dari beberapa buku antologi puisinya yang dipinjamkan seorang teman pada sekitar tahun 2000. Dia bunga di halaman sastra Lampung. “Bunga tumbuh di halaman layu di hatiku.” Begitu penggalan salah satu kalimatnya yang terkenal. Sebuah kalimat yang dia ciptakan pada masa kanak-kanak yang lalu membawanya menelusuri pergumulan sastra di Indonesia. Iswadi Pratama lahir 8 April 1971 di Tanjungkarang, Bandarlampung. Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung dan selesai tahun 1996 ini mulai menulis dan suka membaca buku-buku karya sastra sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Salah seorang mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada tahun 1992 ini juga sempat aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa dan Seni (UKMBS) pada tahun 1993, dan sebagai anggota pada Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) pada tahun 1994.

Iswadi adalah seniman dua arah, sastra dan teater. Pada kedua genre seni inilah dia bisa mengekspolarasi ide-idenya. Karya Iswadi Pratama, selama tahun 1993 sampai 1996 dipublikasikan di berbagai media tanah air diantaranya, Republika, Media Indonesia, Horison, Koran Tempo, Kompas, Lampung Post, Jurnal Puisi, Swadesi, Serambi Indonesia, dan Teknokrat, surat kabar mingguan Salam. Berkat prestasinya yang cukup gemilang, ia pernah diundang pada acara Refleksi Kemerdekaan di Solo pada tahun 1995, diundang DKJ (Dewan Kesenian Jakarta) mengikuti Mimbar Penyair Abad 21 di TIM Jakarta (1996), temu penyair se-Sumatra di Jambi, di samping pertemuan teater di berbagai kota di tanah air.

Sebuah prestasi terbesar yang pernah diraihnya adalah pernah menjadi nominasi 10 besar lomba puisi kemerdekaan di stasiun televisi swasta (AN-Teve). Penyair-cum jurnalis di Lampung Post ini pernah mementaskan drama yang diilhami dari puisi-puisinya, diantaranya ”Nostalgia Sebuah Kota”. Sebagai penulis naskah dan sutradara, Iswadi pantas diacungi jempol, karyanya ”Nostalgia Sebuah Kota”, meraih peringkat ketiga GKJ (Gedung Kesenian Jakarta) awards 2003: Anugrah Festival Teater Alternatif se-Indonesia (Oktober 2003). Pada kegiatan itu, naskah “Nostalgia Sebuah Kota” didaulat sebagai naskah terbaik. ”Nostalgia Sebuah Kota: Kenangan Pada Tanjung Karang”, Iswadi malakukan pentas keliling ke tiga kota yaitu Bandung, Jakarta, dan Makasar, atas dana hibah Yayasan Kelola (September 2004). Sebelumnya, Iswadi Pratama bersama Teater Satu memperoleh hibah seni dari Yayasan Kelola pada tahun 2002. Dedikasinya yang besar terhadap teater di Lampung mengantarkannya merintis Festival Teater Pelajar dan Arisan Teater Pelajar di lampung.

Iswadi pernah mengikuti Festival Seni Tari Mahasiswa tingkat nasional Padangpanjang pada Januari 1993. Ia juga pernah mengikuti seminar pertunjukan Indonesia, temu ilmiah ke III Masyarakat Seni Pertunjukan di Taman Ismail Marzuki (TIM) November 1992, dan festival teater tingkat nasional pertama di Surabaya.

Beberapa karya puisi Iswadi Pratama yang telah terbit: Belajar Mencintai Tuhan, Daun-Daun Jatuh Tunas Tumbuh, Refleksi Setengah Abad Indonesia, Antologi Cerpen Dari Lampung, Antologi Cerpen Dari Bumi Lada Cetik, Mimbar Penyair Abad 21 (DKJ)-Balai Pustaka (1996), Hijau Kelon dan Puisi 2002 (penerbit buku Kompas, 2002), Pertemuan Dua Arus (Jung Foundation, 2004), dan Matinya Cerita Pendek (DKJ)-Cipta (2007).

*disarikan dari berbagai sumber


Bunga silaturahmi dari Avior Clef:


Terimakasih ya, sobat. Award keren ini saya berikan lagi kepada: 136 followers Sastra Radio. Harap diambil dan disebarkan lagi kepada teman-teman yang lain.

Merebut Hegemoni Sastra dari Sastrawan dan Ahli Sastra

Posted By Ivan Kavalera on Jumat, 09 Oktober 2009 | Oktober 09, 2009

Pada dasarnya manusia sebenarnya secara alami sudah dibekali tuntunan menghargai seni dari rima bahasa sehari-hari dan panca indranya. Yang dibutuhkan bukan lebih banyak teori lagi, tapi cara mengupas dan menyerap esensi karya seni dengan cara sangat alami. Sastra sehari-hari semestinya adalah sastra yang ditekuni sebagaimana pekerjaan rumah lainnya.

Tujuan utama suatu karya seni adalah ia bisa dinikmati oleh segala lapisan dan dihargai lebih dalam sewaktu ia dikupas lapisan lain. Semua karya seni yang berhasil sukses karena semua elemen dalam karya itu bentuknya boleh tidak menyatu tapi konsisten dan mencerminkan visi individualisme sang pencipta.

Dengan membebaskan karya sastra dari akademisasi berlebihan, mungkin ia bisa berkembang lebih baik. Di masa yang didominasi oleh media elektronik dan mainan virtual ini, terdapat banyak penghalang bagi perkembangan sastra. Yang paling nampak adalah mengerucutnya para sastrawan ke dalam kelompok yang terorganisir secara sengaja ataupun tidak sengaja. Mereka cenderung membentuk kelompok elitis dan selebritas. Akhirnya sastra dianggap hanya dari, oleh dan untuk sastrawan dan para ahli sastra. Para penikmatnya berada dalam kelompok-kelompok tersendiri. Kebanyakan terisolir dari kesempatan publikasi karya. Sebab mereka secara alami hanya bermain di wilayah blog atau facebook, misalnya.

Saatnya merebut hegemoni sastra dari tangan para sastrawan dan ahli sastra. Sebahagian dari kita telah melakukan itu tapi mungkin lebih bagus lagi jika melakukan kudeta bersama.

Memahami Karya Sastra dari Alam

Posted By Ivan Kavalera on Kamis, 08 Oktober 2009 | Oktober 08, 2009


Tak akan pernah ada petunjuk khusus yang bisa lebih membantu memahami puisi selain mendengar dengan seksama segala bunyi yang dilontarkan oleh setiap puisi yang dibaca ataupun mendengarkannya dibacakan orang lain. Pengetahuan dari pendengaran kita untuk memahami satu larik puisi adalah pengetahuan pola bahasa yang sudah terbiasa pada kita sejak masih bayi. Pada intinya puisi bisa kita nikmati, sebagaimana kita menikmati percakapan, lagu, tanpa perlu pengetahuan khusus sebab puisi dan rima-rimanya mampu menggedor hati kita.


Bila ingin mempelajari metrik tradisional, kita hanya perlu baca kumpulan puisi William Butler Yeats atau Ben Johnson, misalnya. Untuk memahami free verse, baca dua volume kumpulan puisi William Carlos Williams dan Wallace Stevens. Untuk memahami linea pendek, baca kumpulan puisi Emily Dickinson. Tentang adaptasi metrik balada ke dalam puisi modern, baca kumpulan puisi Thomas Hardy.

Lee Siegel dalam pengantar novel DH Lawrence, The Lost Girl, mengatakan, “Sebagai akibat diakademikannya sastra, orang-orang literer ketika mengapresiasi fiksi menganggap perasaan dan persepsi merupakan ungkapan bagi seorang amatir. Bahkan di luar tembok universitas, dalam kritik sastra kita masih juga menemukan bahasan tentang alam sadar dan ironi, karakter dan karikatur, realisme sejarah dan realisme psikologis, dan lain sebagainya.

Terletaklah perbedaan persepsi seorang akademikus dengan seorang penulis. Bagi seorang penulis sastra, penulisan adalah reaksinya pada tempat, mood, waktu, dan kenyataan di sekelilingnya. Mereka menulis tanpa memikirkan teori, tanpa mengikuti metode pemahaman sastra baik dari buku sastra maupun dari kampus, sebab reaksi tiap penulis pada suatu kenyataan berbeda-beda. Hal kedua adalah bila penulis sastra menulis dengan “ekspresi kreatif sealami pernafasan”, maka menikmati karya-karya penulis sastra semestinya tak membutuhkan analisis yang memaksa pembacanya seolah terdampar di negeri asing.

Sealami nafas, puisi adalah denyut yang bersinggungan langsung dengan keseharian para penikmatnya. Yang tidak mampu menikmati, kebetulan mungkin hanya karena persoalan "ruang keinginan yang begitu sempit untuk menikmati."

La Galigo: Realitas Baru dari Idealisme Leluhur

Posted By Ivan Kavalera on Selasa, 06 Oktober 2009 | Oktober 06, 2009


Suku Bugis pada awalnya lebih dikenal karena karya sastra La Galigo, jauh sebelum dikenal sebagai bangsa pelaut ulung yang menjelajahi dunia dengan perahu phinisi. La Galigo adalah sebuah karya sastra yang lahir dari pertentangan dunia nyata dengan dunia ideal yang diyakini sebagai sebuah kebenaran. Para ahli meyakini La Galigo sebagai mahakarya sastra terpanjang di dunia. Lebih panjang dari kisah Mahabharata maupun Homerus.

Mungkin ada benarnya jika seorang sastrawan didefinisikan sebagai manusia yang berusaha lari dari realitas di lingkungannya dan berusaha membangun sebuah realitas baru yang ia yakini sebagai realitas yang ideal. Dari sastrawan ini lahir sebuah realitas baru dalam dunia sastra yang diyakini oleh semua orang sebuah realitas yang ideal dan mungkin saja sebagai sebuah kebenaran. Sastrawan-sastrawan Bugis kuno juga telah menunjukkan sisi penting ini.


Keberadaan La Galigo dalam masyarakat Bugis telah menjadi pegangan dalam kehidupan masyarakat Bugis sejak dahulu. Sebagai sebuah karya, sebagian para ahli melihat La Galigo dalam berbagai perspektif, antara lain sebagai karya sastra dan ada juga yang menganggapnya sebuah tulisan sejarah. Terlepas dari semuanya, La Galigo telah menempatkan dirinya sebagai sebuah karya yang menjadi pedoman hidup sebuah komunitas masyarakat yang hidup sampai saat ini.


Dalam bukunya Catalogus van de Boegineesche tot de I La Galigocyclus Behoorende Handschriften der Leidsche Universiteitbibliotheek yang diterbitkan oleh Universiteitbibliotheek
Leiden (1939 : 1), penulisnya, R.A. Kern menempatkan La Galigo sebagai karya sastra terpanjang dan terbesar di dunia setaraf dengan kitab Mahabarata dan Ramayana dari India, serta sajak-sajak Homerus dari Yunani­. Kenyataan ini pula diungkapkan Sirtjof Koolhof pada pengantarnya dalam buku I La Galigo yang diterbitkan atas kerjasama Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV) dan Penerbit Djambatan. (1995 : 1) mencapai lebih 300.000 baris panjangnya. Sementara Epos Mahabarata jumlah barisnya hanya antara 160.000-200.000 halaman. Keunggulan La Galigo sebagai karya sastra bukan hanya dalam bentuk tulisan, namun juga telah menyebar dalam bentuk lisan ke berbagai daerah, sebab terbukti tokoh utama dalam La Galigo, Sawerigading, secara mitologis dikenal pada berbagai etnik di Sulawesi, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.


Sebagai karya sastra, La Galigo memiliki konvensi-konvensi yang terealisasi dalam estetika dan muatan etikanya. Keindahan La Galigo termanifestasi pada konvensi bahasa, sastra, metrum serta alurnya. Isinya meliputi berbagai macam sumber tradisi, norma-norma, serta konsep-konsep kehidupan masyarakatnya. Peristiwa-peristiwa dan tokoh-tokoh dalam La Galigo bagaikan suatu pertunjukan tentang suasana kehidupan manusia Bugis beserta aktifitas sosial dan kulturalnya pada suatu zaman.


La Galigo adalah realitas baru dari idealisme leluhur. Selama berabad-abad terbukti La Galigo telah berfungsi sebagai realitas baru yang dianggap ideal yang dapat dijadikan pegangan dalam kehidupan oleh masyarakatnya. Telah saatnya kesadaran akan kekayaan budaya sendiri dibangun sedemikian rupa agar mampu melihat diri kita sendiri. Kesadaran akan tingginya peradaban dan kebudayaan leluhur di sisi lain juga tak seharusnya sekedar menjaga teks, literatur dan kitab kuno melainkan penjagan terhadap kandungannya dalam keseharian.

Perjalanan Prajurit Para Komando

Posted By Ivan Kavalera on Senin, 05 Oktober 2009 | Oktober 05, 2009


Judul Buku: "SINTONG PANJAITAN" : "PERJALANAN SEORANG PRAJURIT PARA KOMANDO"
Penulis: Hendro Subroto
Kata Pengantar: Prof. Taufik Abdullah
Buku ini menarik bagi para penggemar cerita militer dan kontroversi yang melingkupi para Jenderal. Inilah buku yang peluncurannya langsung menuai komentar dan kontroversi, utamanya bagi pihak-pihak yang bersinggungan dengan isi buku, antara lain mantan capres dari Partai Gerindra, Letnan Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto dan mantan capres dari Partai Hanura, Jenderal TNI Purn Wiranto.
Sintong Hamonangan Panjaitan, nama lengkap sosok Jenderal yang menjadi orang kepercayaan mantan presiden BJ Habibie ini. Pengalamannya yang banyak berkisar pada operasi tempur mulai dari penumpasan Kahar Muzakar di Sulawesi, Operasi Anti Teror Woyla di Bandara Don Muang serta penumpasan gerilyawan Paraku di Kalimantan Utara dimana dia membawahi beberapa sosok populer di militer Indonesia membuatnya menjadi sosok yang cukup layak diperhitungkan.
Jenderal AM Hendropriyono yang merupakan mantan kepala BIN (Badan Intelijen Negara) misalnya, ia pernah menjadi anak buah Sintong saat penumpasan Paraku di Kalimantan Utara. Sintong yang kerap dipanggil Batak oleh sosok jenderal kontroversial Leonardus Benny (LB) Moerdani merupakan komandan penyerbuan dan pembebasan pesawat Garuda yang dibajak di Bandara Don Muang Thailand. Operasi yang sukses ini (meski menuai sinyalemen adanya campur tangan intelijen) melambungkan nama Sintong dan Kopassus, satuan dimana Sintong cukup banyak terlibat didalamnya.
Untuk memuaskan keingintahuan pembaca, Hendro Subroto, pengarang sekaligus wartawan perang dan militer bahkan menempatkan drama peran dan situasi pencopotan Letjen Prabowo Subianto dari Panglima Kostrad, keanehan situasi saat peristiwa Mei 1998 dan peran Jenderal purn Wiranto pada peristiwa genting yang mengawali kejatuhan mantan Presiden Soeharto ini.
Saat terjadi kerusuhan Mei 1998 misalnya, Sintong mempertanyakan mengapa Jenderal purn Wiranto bersama para pejabat teras ABRI pada tanggal 14 Mei 1998 tetap berangkat ke Magelang untuk mejadi inspektur upacara serah terima PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) dari Divisi I ke Divisi II.
Sintong juga mempertanyakan mengapa Jakarta seperti dibiarkan tanpa penjagaan meski pasukan-pasukan garnisun ibu kota sudah siap dan tinggal menunggu perintah.
Disisi lain, Sintong juga mempertanyakan mengapa Prabowo menolak dicopot dari Pangkostrad dan menimbulkan praduga kurang baik karena menempatkan pasukan-pasukan disekitar kediaman BJ Habibie sehingga Habibie yang khawatir dikudeta dan bisa menjadi korban terpaksa mengungsikan keluarganya serta memerintahkan Jenderal Wiranto untuk mencopot Prabowo hari itu juga meski orang kepercayaan Prabowo, yaitu Danjen Kopassus Mayjen Muchdi PR dan Kepala Staff Kostrad Mayjend Kivlan Zen sudah membawa surat dari Jenderal TNI Purn AH Nasution agar Prabowo diangkat sebagai KSAD, Subagyo HS sebagai Panglima TNI dan Wiranto sebagai Menhankam saja (dalam arti kata lain Wiranto dibuat agar tidak punya kendali pasukan)
Membaca buku Sintong untuk bagian kerusuhan Mei 1998 ini memang tidak akan lengkap jika kita sebelumnya belum membaca buku BJ Habibie, “Detik-Detik yang Menentukan”, Buku Wiranto “Bersaksi Ditengah Badai” dan buku Kivlan Zen bertajuk “Konflik dan Integrasi TNI AD”. Sebagai bahan pembanding agar tetap objektif menelusuri drama kerusuhan Mei 1998 yang berujung pada tewasnya ratusan orang, porak porandanya Jakarta dan jatuhnya penguasa orba, Presiden Soeharto.
Yang menarik adalah adanya kisah mengenai Prabowo Subianto saat masih menjadi Kapten di Kopassus dan menjadi anak buah Letjen Purn Luhut Panjaitan (mantan Menteri Perindustrian dan Dubes RI di Singapura), yaitu tentang rencana Prabowo menangkap LB Moerdani dengan dugaan kudeta terhadap Presiden Soeharto. Kisah ini menarik karena melatar belakangi permusuhan antara Prabowo dengan orang terkuat kedua di Indonesia dimasa tahun 80-an tersebut. Kisah ini juga menarik karena bisa menjadi rujukan mengapa LB Moerdani yang menjadi orang kepercayaan presiden Soeharto tiba-tiba terpaksa dicopot dari posisinya sebagai Panglima ABRI dan digantikan Jenderal TNI Try Sutrisno menjelang Sidang Umum MPR 1998.
Bagi penggemar buku militer dan kisah-kisah TNI, buku Sintong Panjaitan ini cukup layak dikoleksi. Satu hal menarik yakni kebingungan yang tambah menjadi disebabkan pertanyaan penasaran mengenai siapa yang benar dan siapa yang salah dari orang-orang yang berperan dimasa kritis Mei 1998.
Dirgahayu TNI Republik Indonesia. Di pundak bapak-bapak prajurit yang perkasa kami titip keselamatan republik ini!

HB Jassin, Paus Sastra Indonesia

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 04 Oktober 2009 | Oktober 04, 2009


Nama H.B Jassin selalu dihubungkan dengan dokumentasi sastra Indonesia dan H.B Jassin adalah orang yang secara penuh mencurahkan perhatiannya kepada kerja dokumentasi. Itulah sebabnya, orang yang bermaksud mencari informasi tentang sastra Indonesia tidak dapat melepaskan dirinya dengan hasil pengumpulan bahan dokumentasi yang disusun oleh H.B Jassin

Pada bulan Januari 1940, Jassin mendapat izin dari orang tuanya untuk memenuhi permintaan Sutan Takdir Alisjahbana. Pada bulan Februari 1940, H.B Jassin mulai bekerja di Balai Pustaka. Ia mula-mula duduk dalam sidang pengarang redaksi buku di bawah bimbingan Armijn Pane pada tahun 1940-1942 dan kemudian menjadi redaktur majalah Panji Pustaka tahun 1942-1945. Setelah Panji Pustaka diganti menjadi Panca Raya, ia menjabat wakil pemimpin redaksi di tahun 1943 sampai dengan 21 Juli 1947. Tanggal 21 Juli 1947 itulah akhir kariernya di Balai Pustaka.

Setelah keluar dari Balai Pustaka, H.B Jassin secara terus-menerus bekerja dalam lingkungan majalah sastra- budaya. Ia menjadi redaktur majalah Mimbar Indonesia ditahun 1947-1966, majalah Zenith ditahun 1951-1954, majalah Bahasa dan Budaya ditahun 1952-1963, majalah Kisah tahun 1953-1956, majalah Seni tahun 1955 dan majalah Sastra ditahun 1961-1964 dan tahun 1967-1969. 

Ia juga pernah menjadi anggota dewan pertimbangan pembukuan Perum Balai Pustaka (1987-1994), anggota Panitia Pertimbangan Pemberian Anugerah Seni Bidang Sastra, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1975), anggota juri Sayembara Kincir Emas oleh radio Wereld Omroep Nederland (1975), anggota Panitia Pelaksana Ujian Calon Penerjemah yang disumpah (1979-1980), Extrernal assessor Pengajian Melayu, Universiti Malaya (1980-1992), anggota Komisi Ujian Tok-Vertlader, Leiden tahun 1972, peserta 29 tahun International Congress of Orientalist, Paris dari tanggal 16-22 Juli 1973, penasehat Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa ditahun 1973-1982, anggota dewan juri Sayembara Mengarang Novel Kompas-Gramedia tahun 1978, ketua dewan juri Sayembara Novel Sarinah di tahun 1983, anggota dewan juri Pegasus Oil Indonesia pada tahun 1984 dan ketua dewan juri Sayembara Cerpen Suara Pembaruan ditahun 1991.
 
Pada tahun 1964, ia dipecat dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia karena keterlibatannya dalam Manifes Kebudayaan. Pemecatan itu berlangsung ejak dilarangnya Manifes Kebudayaan oleh Presiden Soekarno 8 Mei 1964 sampai meletusnya G30S/PKI tahun 1965.

Dalam dua periode memimpin majalah Sastra, H.B Jassin mengalami masing-masing satu musibah, cerpen Langit Makin Mendung yang kemudian menyeret H.B Jassin kedepan pengadilan. Pada tanggal 28 Oktober 1970 ia dijatuhi hukuman bersyarat satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.
 
Sejak tahun 1940, H.B Jassin telah mulai membina sebuah perpustakaan pribadi. Pengalaman admisitrasinya selama ia magang di kantor Asisten Residen di Gorontalo sangat berguna bagi pendokumentasian buku

Pada tanggal 30 Mei 1970, lahirlah Yayasan Dokumentasi Sastra H.B Jassin yang menggantikan Dokumentasi Sastra, Sejak akhir September 1982 s/d sekarang bangunan itu berdiri dan menempati areal seluas 90 meter persegi dalam komplek Taman Ismail Marzuki, jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

*disarikan dari berbagai sumber

Jejak Harimau Sastra di Sumatera

Posted By Ivan Kavalera on Jumat, 02 Oktober 2009 | Oktober 02, 2009


Sumatera menjadi pulau yang paling sering disebut-sebut sejak beberapa hari ini. Peristiwa gempa telah meluluhlantakkan beberapa bagiannya di wilayah barat. Sumatera tidak hanya penghasil rempah. Sejarah telah membuktikan, swarnadwipa ini merupakan sokoguru budaya. Melayu, Minangkabau, Batak, Gayo-Alas-Singkil, Aceh, merupakan puak terbesar di samping kaum pendatang dari Jawa. Dalam sejarah, dua kerajaan besar pra Indonesia bermukim di sini: Samudera Pasai dan Sriwijaya. Gugusan pegunungan membentang dan menjulang dari utara hingga selatan: Bukit Barisan. Toba, Singkarak, dan Maninjau adalah danau yang menjadi ikon semenanjung Sumatera.


Deretan sastrawan besar Indonesia lahir di sini dan membesarkan Indonesia. Melacak nama mereka tidaklah sesulit melacak jejak harimau Sumatera yang semakin langka. Para harimau sastra Sumatera itu di antaranya adalah Agus Mulia, Ahmad Badren Siregar, Antonius Silalahi, Djamal, Elidawani Lubis, Herni Fauziah, Januari Sihotang, Lia Anggia Nasution, Pria Ismar, Pusriza, Embar T Nugroho, Indra Dinata SC. Ada pula nama Indra YT, Irwan Effendi, Richad Yanato, Rina Mahfuzah Nasution, Sumiaty KSM, Variati Husni, dan Yunita Sari. Itu semua dari Provinsi Sumatera Utara. Dari Sumatera Barat muncul sastrawan mudanya, seperti Anda S, Chairan Hafzan Yurma, Edo Virama Putra, Esha Tegar Putra, Pinto Anugrah, dan Yetti A.KA .

Konstelasi sastra itu menumbuhkan Kota Medan dan Kota Padang sebagai pusat sastra Indonesia yang utama di luar Pulau Jawa. Sastrawan dari kedua wilayah ini kemudian saling memberi warna sehingga muncullah Chairil Anwar dan Hamka sebagai orang Minang yang secara bersamaan melekat sebagai orang Medan. Sebaliknya, Sutan Takdir Alisjahbana dan Mochtar Lubis sebagai orang Medan yang merasakan atmosfer sastra Minang. Mereka merupakan bagian dari kelas menengah Hindia Belanda yang memperoleh pendidikan, sehingga terampil dalam mengekspresikan gagasannya, pandangan hidup sebagai subjek kolektif. Sedangkan Sumatera Utara, sebagaimana halnya Riau, tampaknya punya kedekatan sejarah dengan Semenanjung Malaysia. Karya-karya para sastrawan banyak yang terbit di sana. Setidaknya 12 novel telah dibukukan dan beberapa antologi puisi dan Cerpen.

Ada pula even “Dialog Utara” yang dilaksanakan sejak awal 1980-an yang pada mulanya diisi oleh para sastrawan dari Medan dan Pulau Pinang yang dianggap sebagai kota kembar karena kemiripannya yang sama-sama memiliki tradisi sebagai kota pantai.
Genre sastra yang banyak ditulis adalah puisi dan kemudian cerita pendek. Kurang diimbangi oleh penulisan novel.
Lampung menyumbang nama Isbedy Stiawan ZS. Peta sastra Indonesia tidak lengkap tanpa Lampung. Lalu Assaroeddin Malik Zulqornain Ch alias Amzuch. Lalu Iwan Nurdaya-Djafar, Sugandhi Putra, Hendra Z., Djuhardi Basri, dan Naim Emel Prahana. Bersamaan itu, dinamika sastra di Lampung kian bergolak dengan munculnya Syaiful Irba Tanpaka, Achmad Rich, serta yang berkiprah kemudian yaitu Panji Utama, A.J. Erwin, Iswadi Pratama, Ivan Sumantri Bonang, D.Pramudia Muchtar, Eddy Samudra Kertagama, Ari Pahala Hutabarat, Jimmy Maruli Alfian, Inggit Putria Marga, Diah Indra Mertawirana , Lupita Lukman dan Elya Harda.
Pada era 90-an muncullah Dimas Arika Mihardja, Acef Syahril (sekarang berdomisili di Indramayu), Iif Ranupane, Dimas Agus Pelaz, Iriani R. Tandi, Budi Veteranto, Ari Setya Ardhi, EM. Yogiswara, Nanang Sunarya, Suardiman Malay, Firdaus, Asro Al-Murthawy, Amri Suwarta dan Indriatno. Masih banyak lagi nama lainnya. Setelah peristiwa gempa, semoga eksistensi mereka tak menjadi langka seperti nasib harimau Sumatera.

September, Novel Sejarah Hitam

Posted By Ivan Kavalera on Kamis, 01 Oktober 2009 | Oktober 01, 2009


Judul: September

Pengarang: Noorca M. Massardi
Penerbit: Tiga Serangkai, 2006
Tebal: 622 Halaman

Sebuah kalimat tercetak: "Sebuah bangsa telah terluka. Luka itu tidak akan pernah terlupakan dan tidak akan terhapuskan untuk selama-lamanya… " cukup provokatif menghiasi sampul hitam novel September karya Noorca M. Massardi, seakan menyeret ingatan kita pada sejarah kelam bangsa Indonesia yang dipicu oleh Gerakan 30 September 1965.
Tapi jangan tergesa membayangkan detik-detik yang mencekam. Karena kita harus bersabar mengikuti petualangan Darius, manajer senior yang di-PHK karena pabrik kecap Mas Koki tempatnya bekerja dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga. Karena ”masih punya otak, punya kaki, dan punya tangan”, Darius berangkat mencari pekerjaan. Di dalam Bis Kota Darius jatuh pingsan setelah bertemu dengan Bo Gesti, seorang pemuda yang begitu mirip dengan dirinya sendiri.

Setelah sadar, Darius menghadapi hal-hal aneh yang terasa sudah menjadi bagian dari masa lalunya, terutama ketika tubuhnya bisa merasuki tubuh orang lain. Dalam tubuh Bo Gesti, Niko Firdaus maupun bintang film Johan Bagus Redana, Darius memasuki kehidupan-kehidupan borjuasi muda metropolitan dengan segala dinamika dan romantikanya. Termasuk hubungan seksual antar dan sesama jenis.

Merasuki tokoh inilah, yang dipakai Noorca untuk mengintip perjalanan sejarah. Detik-detik sejarah yang mencekam itu, dimulai dari pesan pendek yang mengabarkan bahwa malam itu ibu kota tegang dan mungkin akan terjadi peristiwa penting. Sebuah peristiwa kudeta terjadi ... tujuh samurai yang disewa warga kampung itu dibunuh semua. Para banditnya justru yang sekarang menguasai seluruh desa. Bahkan, kepala kampung dan istrinya juga disandera...

Dari sinilah pembaca mulai diajak untuk membuka kembali ingatan sejarah dan mengingat nama-nama. Hal itu penting karena tokoh-tokoh sejarah yang dihadirkan oleh Noorca telah dibolak-balik susunan hurufnya, misalnya Letjen Mahya Nida (Ahmad Yani?), Jenderal Tasnio Hanu (AH Nasution?), Wakil PM Alimenje (J. Leimena?), Letnan Errie Pandeten (Pierre Tendean?) dan lain-lain. Nama-nama itu mau tidak mau mengingatkan kita pada tokoh-tokoh bersejarah seputar peristiwa G 30 S PKI, hanya saja hari dalam novel Noorca itu bertanggal 10 september.

Maka untuk mengetahui bagaimana kronologis yang sebenarnya, Darius merasuki tubuh Kolonel Djiwakarno, seorang ajudan presiden. Tidak hanya sebagai saksi sejarah, Darius ternyata juga mengubah sejarah itu sendiri. Apalagi ketika ia merasuki tubuh tokoh paling penting yaitu Presiden Sukresno, yang digambarkan sudah melek iptek dan terbiasa menggunakan komputer, internet dan mempunyai situs pribadi.

Pada waktu itu opini publik sedang dikuasai oleh militer, melalui media Angkatan Bersenjata dan Berita Yudha. Kedua media itu dimanfaatkan untuk menebar isu tentang penganiayaan para jenderal oleh perempuan-perempuan Gerwani di lubang buaya. Tak pelak, isu itu mengakibatkan pembantaian yang meluas terhadap ratusan ribu orang yang dituduh sebagai anggota dan terkait dengan Paki, Partai Kiri yang dianggap berada di belakang penculikan dan penganiayaan itu.

Melihat semua itu, Darius dalam tubuh ”Putra Sang Surya” itu tidak tinggal diam. Ia bergerak mengubah sejarah dengan mengerahkan kemampuan tokoh-tokoh yang pernah dirasukinya. Yaitu Niko Firdaus (pemimpin redaksi harian Novum), Tamara, Nadya Duvierge dan Bo Gesti.

Empat sekawan itu berhasil mematahkan propaganda hitam, dan akhirnya memojokkan Mayjen Theo Rosa selaku Panglima Komando Pasukan Cadangan AD (Kopascad), untuk mengakui sebagai dalang kudeta september itu di depan DPR. Theo Rosa pun mengakhiri hidup secara tragis dengan menembakkan pistol, setelah menyampaikan sebuah pidato pengunduran dirinya. Adegan bunuh diri itu menjadi begitu sensasional ketika secara langsung disiarkan oleh televisi.

Kenyataan itu pasti akan meruntuhkan kronologis sejarah yang sudah dibangun pembaca. Tapi tak masalah karena menurut Noorca, novel ini seratus persen fiksi. Dan seperti cerita fiksi lainnya, Noorca harus mengembalikan Darius yang terjebak dalam dimensi lain ke dalam kehidupan nyata. Darius tersadar dan mendapati dirinya masih di rumah dan belum berangkat mencari pekerjaan. Jadi benarkah semua yang dialami Darius itu?

Entahlah, yang jelas ketika tersadar, Darius mendapati bagian dari perjalanan itu hadir dan nyata. Melalui novel ini, Noorca sepertinya ingin menyodorkan pemahaman baru tentang peristiwa kudeta itu. Apalagi ketika novel ini menyinggung sejarah penting tentang terbunuhnya Arief Rahman Hakim. Benarkah dia sendiri yang terbunuh atau orang lain?

Yang menjadi pertanyaan mendasar ketika membaca novel ini adalah, siapa sebenarnya Darius? Apakah ia adalah gambaran Noorca itu sendiri, karena mantan manajer kecap Mas Koki itu bertanggal lahir sama, yaitu 28 Februari. Atau jangan-jangan Noorca juga sedang terasuki oleh sosok Darius. Novel ini cukup berhasil menghadirkan persepsi baru terhadap segala kejadian seputar 30 September di Indonesia.

Penyair Gunung dari Sumatera Selatan

Posted By Ivan Kavalera on Selasa, 29 September 2009 | September 29, 2009


Tipografi, gaya dan pemilihan diksi dalam puisi-puisinya menandakan karakternya yang tidak pernah main-main untuk mengatakan segala sesuatu yang nyata dan benar itu adalah benar. Lelaki nyentrik yang suka memanjangkan rambut ini dijuluki oleh penyair-penyair nusantara sebagai "Penyair Gunung". Ia juga dikenal sebagai Pencetus terbentuknya Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Nama Kab. Empat Lawang pertama kali bergulir dari rumahnya di Desa Lubuk Puding, Kecamatan Ulumusi, 1998. Nama lengkapnya Syamsu Indra Usman, seorang penulis puisi, cerita bersambung, bahkan sering menulis resep masakan tradisional.

Sejak tahun 70-an karya-karyanya bertebaran di media massa lokal dan nasional, seperti Harian Pelita Jakarta, Harian Mimbar Umum Medan, Harian Semarak Bengkulu, Mingguan Sentana Jakarta, Mingguan Taruna Baru Medan, Buletin Sastra Kreatif Batu Malang, Gelora Musi Palembang, dan Buletin Sastra Revitalisasi Sastra Pedalaman Ngawi. Puisi-puisi karyanya telah diterbitkan dalam banyak antologi baik antologi bersama maupun antologi tunggal. Indra Usman juga seorang pencipta lagu. Ia menciptakan lagu daerah Empat Lawang. Lagu-lagu ciptaannya yang lain sudah diproduksi dalam bentuk kaset dan diedarkan di Sumatera Selatan.

Karakter penulisan puisinya sangat khas. Sesuai dengan julukannya, Penyair Gunung. Puisi-puisinya adalah bahasa tegas dan seringkali memuat repetisi yang lihai memainkan makna yang mudah dipahami oleh semua umur dan kalangan.

Tak Ada Gunanya Ijazah

Tak ada gunanya
ijazah
bila tak pandai bekerja

Tak ada gunanya
ijazah
bila hanya menjadi penghias pigura berkaca

Tak ada gunanya
ijazah
bila tak punya usaha

Tak ada gunanya
ijazah
bila tak pandai menciptakan lapangan kerja

Tak ada gunanya ijazah
bila tak punya minat wiraswasta

Tak ada gunanya
ijazah
bila hanya pandai meminta

Lahat Kota Takwa, 1978

Penyair Bercerita

Penyair
adalah manusia
yang bercerita
tentang seni dan sastra
dan bercerita
tentang kehidupan
bercerita tentang haus dan lapar
dan semua keindahan

dan kesucian
di antara duka dan tawa
mereka
mereka melihat ulah
manusia
yang kini berpaling
dari kebenaran
(Jember, 1978)

Kemaren Bukan Sejarah

Aku tak bisa bicara
dalam semua waktu dan peristiwa
dalam semua megnerti
aku tak mengerti
meski apa yagn kuperbuat
atas peristiwa hari ini
dan peristiwa kemaren
tentang ap ayagn telah terjadi
sepanjang penderitaan
yagn selau mengancam perjalanan
di sepanjang hidupku
akupun tak tau
sikap bagaimana menghadapi
segala cobaan
aku akan menerima segalanya
dengan rasa pasra
jika tuhan akan menghendaki demikian
aku akan tabah, aku akan sabar
barangkali ini adalah janjiku
yang dulu aku ikrarkan
saat menghadap-Mu
kini aku tak kuasa mengelak
karena aku sadari pada-Mu lah tempat
aku menyerahkan diri
dan seluruh ragaku
di hadapan-Mu aku terasa terlalu kerdil
yang tak punya kekuatan
segalanya kuperuntukkan untuk-Mu ya Tuhan

(Lubukpuding, 25/10 1991 - tatkala sedang sakit)

Saya tidak akan memposting banyak-banyak puisinya di sini. Jika ingin berkenalan lebih dekat lagi dengan karya-karyanya, langsung saja menuju ke sarangnya di http://penyairgunung.blogspot.com/

Warisan Karya Sastra dari Sunan Bonang

Posted By Ivan Kavalera on Jumat, 18 September 2009 | September 18, 2009


Sunan Bonang adalah ulama sufi, ahli dalam berbagai bidang ilmu dan sastra. Juga dikenal sebagai ahli falak, musik dan seni pertunjukan. Sebagai sastrawan dia menguasai bahasa dan kesusastraan Arab, Persia, Melayu dan Jawa Kuno. Nama aslinya ialah Makhdum Ibrahim. Salah seorang dari sembilan wali (walisongo) ini lahir pada pertengahan abad ke-15 M dan wafat pada awal abad ke-16 M

Sejak muda Makhdum Ibrahim adalah seorang santri yang tekun. Setelah mempelajari bahasa Arab dan Melayu, fiqih, usuluddin, tafsir Qur’an, hadis dan tasawuf; bersama saudaranya Sunan Giri dia pergi ke Mekkah dengan singgah terlebih dahulu di Malaka, kemudian ke Pasai. Di Malaka dan Pasai mereka mempelajari bahasa dan sastra Arab lebih mendalam. Sejarah Melayu merekam kunjungan Sunan Bonang dan Sunan Giri ke Malaka sebelum melanjutkan perjalanan ke Pasai. Sepulang dar Mekkah, melalui jalan laut dengan singgah di Gujarat, India, Sunan Bonang ditugaskan oleh ayahnya untuk memimpin masjid Singkal, Daha di Kediri. Di sini dia memulai kariernya pertama kali sebagai pendakwah.

Karya-karya Sunan Bonang yang dijumpai hingga sekarang dapat dikelompokkan menjadi dua: (1) Suluk-suluk yang mengungkapkan pengalamannya menempuh jalan tasawuf dan beberapa pokok ajaran tasawufnya yang disampaikan melalui ungkapan-ungkapan simbolik yang terdapat dalam kebudayaan Arab, Persia, Melayu dan Jawa. Di antara suluk-suluknya ialah Suluk Wujil, Suluk Khalifah, Suluk Kaderesan, Suluk Regol, Suluk Bentur, Suluk Wasiyat, Suluk Pipiringan, Gita Suluk Latri, Gita Suluk Linglung, Gita Suluk ing Aewuh, Gita Suluk Jebang, Suluk Wregol dan lain-lain (Drewes 1968). (2) Karangan prosa seperti Pitutur Sunan Bonang yang ditulis dalam bentuk dialog antara seorang guru sufi dan muridnya yang tekun. Bentuk semacam ini banyak dijumpai sastra Arab dan Persia.

Suluk adalah salah satu jenis karangan tasawuf yang dikenal dalam masyarakat Jawa dan Madura dan ditulis dalam bentuk puisi dengan metrum (tembang) tertentu seperti sinom, wirangrong, kinanti, smaradana, dandanggula dan lain-lain . Seperti halnya puisi sufi umumnya, yang diungkapkan ialah pengalaman atau gagasan ahli-ahli tasawuf tentang perjalana keruhanian (suluk) yang mesti ditempuh oleh mereka yang ingin mencpai kebenaran tertinggi, Tuhan, dan berkehendak menyatu dengan Rahasia Sang Wujud. Jalan itu ditempuh melalui berbagai tahapan ruhani (maqam) dan dalam setiap tahapan seseorang akan mengalami keadaan ruhani (ahwal) tertentu, sebelum akhirnya memperoleh kasyf (tersingkapnya cahaya penglihatan batin) dan makrifat, yaitu mengenal Yang Tunggal secara mendalam tanpa syak lagi (haqq al-yaqin). Di antara keadaan ruhani penting dalam tasawuf yang sering diungkapkan dalam puisi ialah wajd (ekstase mistis), dzawq (rasa mendalam), sukr (kegairahan mistis), fana’ (hapusnya kecenderungan terhadap diri jasmani), baqa’ (perasaan kekal di dalam Yang Abadi) dan faqr (catatan Abdul Hadi W. M. 2002:18-19).

Sebagaimana puisi para sufi secara umum, jika tidak bersifat didaktis, suluk-suluk Sunan Bonang ada yang bersifat lirik. Pengalaman dan gagasan ketasawufan yang dikemukakan, seperti dalam karya penyair sufi di mana pun, biasanya disampaikan melalui ungkapan simbolik (tamsil) dan ungkapan metaforis (mutasyabihat). Demikian dalam mengemukakan pengalaman keruhanian di jalan tasawuf, dalam suluk-suluknya Sunan Bonang tidak jarang menggunakan kias atau perumpamaan, serta citraan-citraan simbolik. Citraan-citraan tersebut tidak sedikit yang diambil dari budaya lokal. Kecenderungan tersebut berlaku dalam sastra sufi Arab, Persia, Turki, Urdu, Sindhi, Melayu dan lain-lain, dan merupakan prinsip penting dalam sistem sastra dan estetika sufi (Annemarie Schimmel 1983: ) Karena tasawuf merupakan jalan cinta, maka sering hubungan antara seorang salik (penempuh suluk) dengan Yang Satu dilukiskan atau diumpamakan sebagai hubungan antara pencinta (`asyiq) dan Kekasih (mahbub, ma`syuq).

Drewes (1968, 1978) telah mencatat sejumlah naskah yang memuat suluk-suluk yang diidentifikasikan sebagai karya Sunan Bonang atau Pangeran Bonang, khususnya yang terdapat di Museum Perpustakaan Universitas Leiden, dan memberi catatan ringkas tentang isi suluk-suluk tersebut. Penggunaan tamsil pencinta dan Kekasih misalnya terdapat dalam Gita Suluk Latri yang ditulis dalam bentuk tembang wirangrong. Suluk ini menggambarkan seorang pencinta yang gelisah menunggu kedatangan Kekasihnya. Semakin larut malam kerinduan dan kegelisahannya semakin mengusiknya, dan semakin larut malam pula berahinya (`isyq) semakin berkobar. Ketika Kekasihnya datang dia lantas lupa segala sesuatu, kecuali keindahan wajah Kekasihnya. Demikianlah sestelah itu sang pencinta akhirnya hanyut dibawa ombak dalam lautan ketakterhinggaan wujud.
Dalam Suluk Khalifah Sunan Bonang menceritakan kisah-kisah kerohanian para wali dan pengalaman mereka mengajarkan kepada orang yang ingin memeluk agama Islam. Suluk ini cukup panjang. Sunan Bonang juga menceritakan pengalamannya selama beradadi Pasai bersama guru-gurunya serta perjalanannya menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Karya yang tidak kalah penting ialah Suluk Gentur atau Suluk Bentur. Suluk ini ditulis di dalam tembang wirangrong dan cukup panjang.

Gentur atau bentur berarti lengkap atau sempruna. Di dalamnya digambarkan jalan yang harus ditempuh seorang sufi untuk mencapai kesadaran tertiggi. Dalam perjalanannya itu ia akan berhadapan dengan maut dan dia akan diikuti oleh sang maut kemana pun ke mana pun ia melangkah. Ujian terbesar seorang penempuh jalan tasawuf atau suluk ialah syahadat dacim qacim. Syahadat ini berupa kesaksian tanpa bicara sepatah kata pun dalam waktu yang lama, sambil mengamati gerik-gerik jasmaninya dalam menyampaikan isyarat kebenaran dan keunikan Tuhan. Garam jatuh ke dalam lautan dan lenyap, tetapi tidak dpat dikatakan menjadi laut. Pun tidak hilang ke dalam kekosongan (suwung). Demikian pula apabila manusia mencapai keadaan fana’ tidak lantas tercerap dalam Wujud Mutlak. Yang lenyap ialah kesadaran akan keberadaan atau kewujudan jasmaninya.

Karya Sunan Bonang yang juga amat terkenal ialah Gita Suluk Wali, untaian puisi-puisi lirik yang memikat. Dipaparkan bahwa hati seorang yang ditawan oleh rasa cinta itu seperti laut pasang menghanyutkan atau seperti api yang membakar sesuatu sampai hangus. Untaian puisi-puisi ini diakhiri dengna pepatah sufi “Qalb al-mucmin bait Allah” (Hati seorang mukmin adalah tempat kediaman Tuhan).Jenis Suluk lainnya adalah Suluk Jebeng. Ditulis dalam tembang Dhandhanggula dan dimulai dengan perbimcanganmengenai wujud manusia sebagai khalifah Tuhan di bumi dan bahawasanya manusia itu dicipta menyerupai gambaran-Nya (mehjumbh dinulu). Hakekat diir yang sejati ini mesti dikenal supaya perilaku dan amal perubuatan seseorang di dunia mencerminkan kebenaran. Persatuan manusia dengan Tuhan diumpamakan sebagai gema dengan suara. Manusia harus mengenal suksma (ruh) yang berada di dalam tubuhnya. Ruh di dalam tubuh sperti api yang tak kelihatan. Yang nampak hanyalah bara, sinar, nyala, panas dan asapnya. Ruh dihubungkan dengan wujud tersembunyi, yang pemunculan dan kelenyapannya tidak mudah diketahui. Ujar Sunan Bonang:

Puncak ilmu yang sempurna
Seperti api berkobar
Hanya bara dan nyalanya
Hanya kilatan cahaya
Hanya asapnya kelihatan
Ketauilah wujud sebelum api menyala
Dan sesudah api padam
Karena serba diliputi rahsia
Adakah kata-kata yang bisa menyebutkan?

Jangan tinggikan diri melampaui ukuran
Berlindunglah semata kepada-Nya
Ketahui, rumah sebenarnya jasad ialah ruh
Jangan bertanya
Jangan memuja nabi dan wali-wali
Jangan mengaku Tuhan
Jangan mengira tidak ada padahal ada
Sebaiknya diam
Jangan sampai digoncang
Oleh kebingungan

Pencapaian sempurna
Bagaikan orang yang sedang tidur
Dengan seorang perempuan, kala bercinta
Mereka karam dalam asyik, terlena
Hanyut dalam berahi
Anakku, terimalah
Dan pahami dengan baik
Ilmu ini memang sukar dicerna

Pitutur Seh Bari adalah satu-satunya karangan prosa Sunan Bonang. Salah satu naskah yang memuat teks karangan prosa Sunan Bonang ini ialah MS Leiden Cod. Or. 1928. Naskah teks ini telah ditransliterasi ke dalam tulisan Latin, serta diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda oleh Schrieke dalam disertasi doktornya Het Boek van Bonang (1911). Hoesein Djajadiningrat juga pernah meneliti dan mengulasnya dalam tulisannya ”Critische Beschouwing van de Sedjarah Banten” (1913). Terakhir naskah teks ini ditransliterasi dan disunting oleh Drewes, dalam bukunya The Admonotions of Seh Bari (1978), disertai ulasan dan terjemahannya dalam bahasa Inggris.


Di antara suluk karya Sunan Bonang yang paling dikenal dan relevan bagi kajian ini ialah Suluk Wujil. Dari segi bahasa dan puitika yang digunakan, serta konteks sejarahnya dengan perkembangan awal sastra Pesisir, SW benar-benar mencerminkan zaman peralihan Hindu ke Islam (abad ke-15 dan 16 M) yang sangat penting dalam sejarah Jawa Timur. Teks SW dijumpai antara lain dalam MS Bataviasche Genotschaft 54 (setelah RI merdeka disimpan di Museum Nasional, kini di Perpustakaan Nasional Jakarta) dan transliterasinya ke dalam huruf Latin dilakukan oleh Poerbatjaraka dalam tulisannya ”De Geheime Leer van Soenan Bonang (Soeloek Woedjil)” (majalah Djawa vol. XVIII, 1938). Terjemahannya dalam bahasa Indonesia pernah dilakukan oleh Suyadi Pratomo (1985), tetapi karena tidak memuaskan, maka untuk kajian ini para ahli berusaha menerjemahkan sendiri teks hasil transliterasi Poerbatjaraka. Sebagai karya zaman peralihan Hindu ke Islam, pentingnya karya Sunan Bonang ini tampak dalam hal-hal seperti berikut: Pertama, dalam SW tergambar suasana kehidupan badaya, intelektual dan keagamaan di Jawa pada akhir abad ke-15, yang sedang beralih kepercayaan dari agama Hindu ke agama Islam. Di arena politik peralihan itu ditandai denga runtuhnya Majapahit, kerajaan besar Hindu terakhir di Jawa, dan bangunnya kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama. Demak didirikan oleh Raden Patah, putera raja Majapahit Prabu Kertabumi atau Brawijaya V daripada perkawinannya dengan seorang puteri Cina yang telah memeluk Islam. Dengan runtuhnya Majapahit terjadilah perpindahan kegiatan budaya dan intelektual dari sebuah kerajaan Hindu ke sebuah kerajaan Islam dan demikian pula tata nilai kehidupan masyarakat pun berubah.

Pada sastra peralihan ini dapat dilihat dengan berhentinya kegiatan sastera Jawa Kuna setelah penyair terakhir Majapahit, Mpu Tantular dan Mpu Tanakung, meninggal dunia pda pertengahan abad ke-15 tanpa penerus yang kuat. Kegiatan pendidikan pula mula beralih ke pusat-pusat baru di daerah pesisir. Dari segi bahasa suluk ini memperlihatkan “keanehan-keanehan bahasa Jawa Kuna zaman Hindu” (Purbatjaraka: 1938) karena memang ditulis pada zaman permulaan munculnya bahasa Jawa Madya. Dari segi puitika pula, cermin zaman peralihan begitu ketara. Penulisnya menggunakan tembang Aswalalita yang agak menyimpang, selain tembang Dhandhanggula. Aswalalita adalah metrum Jawa Kuna yang dicipta berdasarkan puitika Sanskerta. Setelah wafatnya Sunan Bonang tembang ini tidak lagi digunakan oleh para penulis tembang di Jawa.


Sunan Bonang dan penulis-penulis Muslim Jawa yang awal masih menggunakan huruf Jawa, dan baru ketika agama Islam telah tersebar luas huruf Arab digunakan untuk menulis teks-teks berbahasa Jawa. Dalam penulisan puisinya, Sunan Bonang juga banyak menggunakan tamsil-tamsil yang tidak asing dalam kebudayaan Jawa pada masa itu. Misalnya tamsil wayang, dalang dan lakon cerita pewayangan seperti Perang Bharata antara Kurawa dan Pandawa. Selain itu dia juga masih mempertahankan penggunaan bentuk tembang Jawa Kuno, yaitu aswalalita, yang didasarkan pada puitika Sanskerta. Dengan cara demikian, kehadiran karyanya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang asing bagi pembaca sastra Jawa, malahan dipandangnya sebagai suatu kesinambungan.

Suluk Wujil mengandung renungan-renungannya tentang masalah hakiki di sekitar wujud dan rahasia terdalam ajaran agama. Suluk Wujil dimulai dengan pertanyaan metafisik yang esensial dan menggoda sepanjang zaman, di Timur maupun Barat:

1
Dan warnanen sira ta Pun Wujil
Matur sira ing sang Adinira
Ratu Wahdat
Ratu Wahdat Panenggrane
Samungkem ameng Lebu?
Talapakan sang Mahamuni
Sang Adhekeh in Benang,
mangke atur Bendu
Sawetnya nedo jinarwan
Saprapating kahing agama kang sinelit
Teka ing rahsya purba

2
Sadasa warsa sira pun Wujil
Angastupada sang Adinira
Tan antuk warandikane
Ri kawijilanipun
Sira wujil ing Maospait
Ameng amenganira
Nateng Majalanggu
Telas sandining aksara
Pun Wujil matur marang Sang Adi Gusti
Anuhun pangatpada

3
Pun Wujil byakteng kang anuhun Sih
Ing talapakan sang Jati Wenang
Pejah gesang katur mangke
Sampun manuh pamuruh
Sastra Arab paduka warti
Wekasane angladrang
Anggeng among kayun
Sabran dina raraketan
Malah bosen kawula kang aludrugi
Ginawe alan-alan

4
Ya pangeran ing sang Adigusti
Jarwaning aksara tunggal
Pengiwa lan panengene
Nora na bedanipun
Dening maksih atata gendhing
Maksih ucap-ucapan
Karone puniku
Datan polih anggeng mendra-mendra
Atilar tresna saka ring Majapait
Nora antuk usada

5
Ya marma lunganging kis ing wengi
Angulati sarasyaning tunggal
Sampurnaning lampah kabeh
Sing pandhita sundhuning
Angulati sarining urip
Wekasing jati wenang
Wekasing lor kidul
Suruping radya wulan
Reming netra lalawa suruping pati
Wekasing ana ora

Artinya, lebih kurang:

1
Inilah ceritera si Wujil
Berkata pada guru yang diabdinya
Ratu Wahdat
Ratu Wahdat nama gurunya
Bersujud ia ditelapak kaki Syekh Agung
Yang tinggal di desa Bonang
Ia minta maaf
Ingin tahu hakikat
Dan seluk beluk ajaran agama
Ssampai rahsia terdalam

2
Sepuluh tahun lamanya
Sudah Wujil
Berguru kepada Sang Wali
Namun belum mendapat ajaran utama
Ia berasal dari Majapahit
Bekerja sebagai abdi raja
Sastra Arab telah ia pelajari
Ia menyembah di depan gurunya
Kemudian berkata
Seraya menghormat
Minta maaf

3
“Dengan tulus saya mohon
Di telapak kaki tuan Guru
Mati hidup hamba serahkan
Sastra Arab telah tuan ajarkan
Dan saya telah menguasainya
Namun tetap saja saya bingung
Mengembara kesana-kemari
Tak berketentuan.
Dulu hamba berlakon sebagai pelawak
Bosan sudah saya
Menjadi bahan tertawaan orang

4
Ya Syekh al-Mukaram!
Uraian kesatuan huruf
Dulu dan sekarang
Yang saya pelajari tidak berbeda
Tidak beranjak dari tatanan lahir
Tetap saja tentang bentuk luarnya
Saya meninggalkan Majapahit
Meninggalkan semua yang dicintai
Namun tak menemukan sesuatu apa
Sebagai penawar

5
Diam-diam saya pergi malam-malam
Mencari rahsia Yang Satu dan jalan sempurna
Semua pendeta dan ulama hamba temui
Agar terjumpa hakikat hidup
Akhir kuasa sejati
Ujung utara selatan
Tempat matahari dan bulan terbenam
Akhir mata tertutup dan hakikat maut
Akhir ada dan tiada

Pertanyaan-pertanyaan Wujil kepada gurunya merupakan pertanyaan universal dan eksistensial, serta menukik hingga masalah paling inti, yang tidak bisa dijawab oleh ilmu-ilmu lahir. Terbenamnya matahari dan bulan, akhir utara dan selatan, berkaitan dengan kiblar dan gejala kehidupan yang senantiasa berubah. Jawabannya menghasilkan ilmu praktis dan teoritis seperti fisika, kosmologi, kosmogeni, ilmu pelayaran, geografi dan astronomi. Kapan mata tertutup berkenaan dengan pancaindra dan gerak tubuh kita. Sadar dan tidak sadar, bingung dan gelisah, adalah persoalan psikologi. Ada dan tiada merupakan persoalan metafisika. Setiap jawaban yang diberikan sepanjang zaman di tempat yang berbeda-beda, selalu unik, sebagaimana pertanyaan terhadap hakikat hidup dan kehidupan. Lantas apakah dalam hidupnya manusia benar-benar menguasai dirinya dan menentukan hidupnya sendiri? Siapa kuasa sejati itu? Persoalan tentang rahasia Yang Satu akan membawa orang pada persoalan tentang Yang Abadi, Yang Maha Hidup, Wujud Mutlak yang ada-Nya tidak tergantung pada sesuatu yang lain.

Tampaknya pertanyaan itu memang ditunggu oleh Sunan Bonang, sebab hanya melalui pertanyaan seperti itu dia dapat menyingkap rahasia ilmu tasawuf dan relevansinya, kepada Wujil. Maka Sunan Bonang pun menjawab:

6
Sang Ratu Wahdat mesem ing lathi
Heh ra Wujil kapo kamangkara
Tan samanya pangucape
Lewih anuhun bendu
Atunira taha managih
Dening geng ing sakarya
Kang sampun alebu
Tan padhitane dunya
Yen adol warta tuku warta ning tulis
Angur aja wahdat

7
Kang adol warta tuhu warti
Kumisum kaya-kaya weruha
Mangke ki andhe-andhene
Awarna kadi kuntul
Ana tapa sajroning warih
Meneng tan kena obah
Tinggalipun terus
Ambek sadu anon mangsa
Lirhantelu outihe putih ing jawi
Ing jro kaworan rakta

8
Suruping arka aganti wengi
Pun Wujil anuntu maken wraksa
Badhi yang aneng dagane
Patapane sang Wiku
Ujung tepining wahudadi
Aran dhekeh ing Benang
Saha-saha sunya samun
Anggaryang tan ana pala boga
Ang ing ryaking sagara nempuki
Parang rong asiluman

9
Sang Ratu Wahdat lingira aris
Heh ra Wujil marangke den enggal
Tur den shekel kukuncire
Sarwi den elus-elus
Tiniban sih ing sabda wadi
Ra Wujil rungokna
Sasmita katenggun
Lamun sira kalebua
Ing naraka isung dhewek angleboni
Aja kang kaya sira

... 11
Pangestisun ing sira ra Wujil
Den yatna uripira neng dunya
Ywa sumambar angeng gawe
Kawruhana den estu
Sariranta pon tutujati
Kang jati dudu sira
Sing sapa puniku
Weruh rekeh ing sariri
Mangka saksat wruh sira
Maring Hyang Widi
Iku marga utama

Artinya lebih kurang:

6
Ratu Wahdat tersenyum lembut
“Hai Wujil sungguh lancang kau
Tuturmu tak lazim
Berani menagih imbalan tiggi
Demi pengabdianmu padaku
Tak patut aku disebut Sang Arif
Andai hanya uang yang diharapkan
Dari jerih payah mengajarkan ilmu
Jika itu yang kulakukan
Tak perlu aku menjalankan tirakat

7
Siapa mengharap imbalan uang
Demi ilmu yang ditulisnya
Ia hanya memuaskan diri sendiri
Dan berpura-pura tahu segala hal
Seperti bangau di sungai
Diam, bermenung tanpa gerak.
Pandangnya tajam, pura-pura suci
Di hadapan mangsanya ikan-ikan
Ibarat telur, dari luar kelihatan putih
Namuni isinya berwarna kuning

8
Matahari terbenam, malam tiba
Wujil menumpuk potongan kayu
Membuat perapian, memanaskan
Tempat pesujudan Sang Zahid
Di tepi pantai sunyi di Bonang
Desa itu gersang
Bahan makanan tak banyak
Hanya gelombang laut
Memukul batu karang
Dan menakutkan

9
Sang Arif berkata lembut
“Hai Wujil, kemarilah!”
Dipegangnya kucir rambut Wujil
Seraya dielus-elus
Tanda kasihsayangnya
“Wujil, dengar sekarang
Jika kau harus masuk neraka
Karena kata-kataku
Aku yang akan menggantikan tempatmu”

...

11
“Ingatlah Wujil, waspadalah!
Hidup di dunia ini
Jangan ceroboh dan gegabah
Sadarilah dirimu
Bukan yang Haqq
Dan Yang Haqq bukan dirimu
Orang yang mengenal dirinya
Akan mengenal Tuhan
Asal usul semua kejadian
Inilah jalan makrifat sejati”

*disarikan dari berbagai sumber

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday