Hot!

Puisi dan Kecapi di RCA


Program Ekspresi RCA edisi Minggu 29 Maret terasa istimewa dengan kehadiran tetamu berbakat, para pelajar SMKN 2 Borongrappoa Kindang dan SMKN 5 Sampeang Rilau Ale. Mereka menghadirkan nuansa musik etnis dengan alat musik petik tradisional kecapi yang dipadu dengan harmonisasi akustik gitar. Lirik lagu berbahasa konjo dan bugis ciptaan sendiri dibawakan lumayan apik oleh komunitas Sotta Bangkeng SMKN 2. Dimotori dua orang siswa berbakat, Awal dan Ramli. Dua orang guru mereka, Drs.Muh.Ishak dan ibu guru cantik Nirnan Rahman masing-masing membacakan tiga buah puisi karya sendiri.

Persembahan karya yang manis dilanjutkan dengan kolaborasi antara guru dan siswanya. Guru muda SMKN 5, M. Azzam J. membaca sebuah puisi duet dengan siswanya, Muammar dari Padepokan Seni Sastra Pammaka Ulu (Passappu Crew), komunitas seni dari SMKN 5. Ekspresi semakin ramai usai shalat dhuhur. Cewek cantik, Rindung Bulan baca dua puisi terbarunya. Program sastra dan budaya di RCA edisi kali ini ditutup dengan dua buah puisi bertema sketsa sosial dibacakan penuh ekspresif oleh Wandi, anggota komunitas rumpun seni budaya Kanre Ana' yang punya ciri khas suara bariton.

Guru dan siswanya sendiri berkolaborasi adalah yang untuk pertama kalinya di Ekspresi. Drs. Muh. Ishak mengatakan,"Kehadiran kami sebagai gurunya di sini semoga bisa menjadi motivasi kuat bagi siswa-siswa kami. Kehidupan berkesenian sejak dini harus tetap dalam koridor edukasi agar tidak kebablasan. Satu kebanggan tersendiri sebab mereka masih mau menggali budaya leluhur seperti kecapi sebagai alat musik tradisional yang kini sudah mulai asing bagi generasi muda."

0 apresiator:

Posting Komentar