Hot!

Tari Serampang Duabelas Bukukan Rekor MURI


Hari terakhir pagelaran Gema Pariwisata (Gempar) Sumut 2009, Minggu 15 Nopember pagi ditandai dengan pembukuan rekor Museum Rekor Indonesia (MuRI) dengan menampilkan 1.386 penari Serampang Dua Belas dalam satu pentas! Para penari Serampang Dua Belas yang merupakan tarian tradisional kaum muda Melayu itu berasal dari berbagai pelajar Kota Medan.

Dalam sejarah, Tari Serampang Duabelas merupakan tarian tradisional Melayu yang berkembang di bawah Kesultanan Serdang. Tarian ini diciptakan oleh Sauti pada tahun 1940-an dan digubah ulang oleh penciptanya antara tahun 1950-1960. Sebelum bernama Serampang Duabelas, tarian ini bernama Tari Pulau Sari, sesuai dengan judul lagu yang mengiringi tarian ini, yaitu lagu Pulau Sari

Ada dua alasan mengapa nama Tari Pulau Sari diganti Serampang Duabelas. Pertama, nama Pulau Sari kurang tepat karena tarian ini bertempo cepat (quick step). Nama tarian yang diawali kata “pulau” biasanya bertempo rumba, seperti Tari Pulau Kampai dan Tari Pulau Putri. Sedangkan Tari Serampang Duabelas memiliki gerakan bertempo cepat seperti Tari Serampang Laut. Berdasarkan hal tersebut, Tari Pulau Sari lebih tepat disebut Tari Serampang Duabelas. Nama duabelas sendiri berarti tarian dengan gerakan tercepat di antara lagu yang bernama serampang. Kedua, penamaan Tari Serampang Duabelas merujuk pada ragam gerak tarinya yang berjumlah 12, yaitu: pertemuan pertama, cinta meresap, memendam cinta, menggila mabuk kepayang, isyarat tanda cinta, balasan isyarat, menduga, masih belum percaya, jawaban, pinang-meminang, mengantar pengantin, dan pertemuan kasih Penjelasan tentang ragam gerak Tari Serampang Duabelas akan dibahas kemudian.

Tarian ini merupakan hasil perpaduan gerak antara tarian Portugis dan Melayu Serdang. Pengaruh Portugis tersebut dapat dilihat pada keindahan gerak tarinya dan kedinamisan irama musik pengiringnya.

Tari Serampang Duabelas berkisah tentang cinta suci dua anak manusia yang muncul sejak pandangan pertama dan diakhiri dengan pernikahan yang direstui oleh kedua orang tua sang dara dan teruna. Oleh karena menceritakan proses bertemunya dua hati tersebut, maka tarian ini biasanya dimainkan secara berpasangan, laki-laki dan perempuan. Namun demikian, pada awal perkembangannya tarian ini hanya dibawakan oleh laki-laki karena kondisi masyarakat pada waktu itu melarang perempuan tampil di depan umum, apalagi memperlihatkan lenggak-lenggok tubuhnya.

referensi:www.wisatamelayu.com/id

127 apresiator:

  1. Ternyata banyak bagiannya tari serampang, 12 jadi tahu deh sekarang

    BalasHapus
  2. Lalu sebenarnya siapa yang merubah nama tarian ini, Van? Sauti sang penciptanya atau orang lain? Dulu, saya nonton tarian ini di TVRI, dan salah satu yang saya suka selain Giring-giring yang dari Kalimantan itu, lho.
    Trim's ya

    BalasHapus
  3. Bener kata pak Munir, saya juga jadi tahu banyak tentang sejarah tari serampang dua belas. Mantap infonya mas...

    BalasHapus
  4. Hm...baru tau kalau dulu namanya bukan Tari serampang Dua Belas. Saya lebih suka disebut Tari Serampang Dua Belas, dari namanya saja terlihat kesemarakan dan kelincahan serampang tarian itu. Rekam jejak yang mantap van.

    BalasHapus
  5. ooo,,jadi kisahnya tari serampang 12 itu begitu yang kang,,
    baru tahu nih
    thanks yah infonya,,,
    jadi pingin nari
    hehehhee

    BalasHapus
  6. sebuah cerita bisa diexpresikan menjadi sebuah tarian..sangat menginspirasi bgt..jadi ga bingung lagi deh dari mana asal mula sebuah tarian, dan pastinya masih banyak cerita dibalik tarian2 yang lain

    BalasHapus
  7. jadi ingat, waktu perpisahan SD nari serampang 12..

    BalasHapus
  8. Hmmm...cerita indah dibalik tarian serampang dua belas..

    *rekam jejak yg mantav seperti biasa...

    BalasHapus
  9. indah indah nian tariannya (aduh seakan-akan lihat tarian)

    BalasHapus
  10. Oh ya kado dari cinta hakiki diambil ya...buat album kenangan foto sahabat blogger...makasih .

    BalasHapus
  11. Maju terus Seni dan Budaya Indonesia!

    BalasHapus
  12. Banyak amat Bung Penarinya.
    Semoga filosofi tari ini menilhami saya untauk mendapat cinta pada pandangan pertama.

    BalasHapus
  13. makasih infonya...semakin menambah wacana budaya saya :)

    BalasHapus
  14. Aku bisa lho nari Serampang Duabelas karena ibuku pinter banget menarikannya...!

    BalasHapus
  15. malam Mas Ivan... saya berkunjung lagi nih... sapa tau kali ini saya mendapat kehormatan di kunjungi balik, (sedikit mengharap dng wajah sangat melassss)

    BalasHapus
  16. wah, jadi inget jmn sd dulu pernah kursus tari melayu...
    dan andalannya ya ini..serampang duabelas.. :)

    BalasHapus
  17. nah gni dong...klo aja banyak yang meng info kan budaya indonesia dengan kreatif kaya akang...pasti kita akan semakin di egani di mata dunia.....salam kenal n selamat malam....saya suka tari ya.....

    BalasHapus
  18. @Munir Ardi- ya, benar daeng. Oh ya, sementara ini saya lagi cari2 referensi dari khazanah tari Sulawesi Selatan. Kalo abang ada bahan2nya, boleh tuh dikirim ke emailku aja (he he..ngarep.com)
    @annie-Yg merubah namanya adalah Sauti sendiri, mbak.
    @Noor's-makasih mas. Oh ya, mas ternyata punya 2 blog ya. Mantap.
    @Newsoul-Insya Allah, mau review juga tari Palembang nih, bunda.
    @yanuar-he he he, anak rasta yg jago nari..
    @Sigit-Insya Allah, dan blog ini tetap konsisten terhadap ekspresi anak bangsa, mas. Amin.
    @Mbak Fanny-ya, sama. aku juga baru tahu kemaren kok, mbak he he
    @isti-wah, hebat..mbak bisa nari waktu SD dulu tapi aku hanya bisa review sekedarnya..
    @ateh75-makasih kadonya ya mbak. Sukses buat blog Cinta Hakiki.
    @yans'-Amiin, mas.
    @Rumah Ide dan Cerita- Hmm, ya sangat cocok buat yg lagi jatuh cinta nih he he he..
    @Penikmat Buku-makasih juga apresiasinya, mbak.
    @reni- wah hebat, mbak reni ternyata jago nari juga nih..
    @Kang Sugeng- Malam kang Sugeng. Aku baru aja berkunjung tuh he he..
    @Tisti- wah, hebat kalo gitu bunda juga jago nari dong..kerenn!
    @rahasia yang terabaikan- Salam kenal balik mas. Terimakaih ya udah berkunjung. Jangan bosan main kesini ya.

    BalasHapus
  19. mantgap nie gan tarian nya ,,,,,,,,

    BalasHapus
  20. Makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  21. salam kenal aja makasih banyak info nya .........

    BalasHapus
  22. makasih info nya sangat bagus nie gan ........

    BalasHapus
  23. makasih banyak atas semua info nya gan ,,,,,,,,,

    BalasHapus
  24. Makasih banyak atas semua info nya gan ,,,,,,,

    BalasHapus
  25. yang pasti terus budayakan tarian yang sudah ada dan lebih di lestarikan

    BalasHapus
  26. izin berkunjung yah gan.. nice infonya

    BalasHapus
  27. bermanfaat sekali infonya
    http://goo.gl/LQYTrg

    BalasHapus
  28. bermanfaat sekali artikelnya
    http://goo.gl/bZRKyo

    BalasHapus
  29. saya sungguh senang membaca postingan yang bagus ini ...

    BalasHapus
  30. izin menyimak di postingan agan yang sangat menarik dan berguna ini .....

    BalasHapus
  31. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat banget dan berguna banget bagi saya thnks banget yah gan

    BalasHapus
  32. terimakasih atas informasi yang agan sampaikan melalui artikel ini, sangat bermanfaat dan bagus untuk di simak ...

    BalasHapus
  33. Kami menunggu infomasi yang terbarunya gan ....

    BalasHapus
  34. terimakasih banyak pak untuk informasinya, sangat bermanfaat sekali. Salam kenal aja yah pak admin :)

    BalasHapus
  35. mohon izin untuk membacaca-baca artikel agan yang menarik ini ....

    BalasHapus
  36. artikelnya sangat menarik untuk dibaca,
    penuh ilmu pengetahuan.
    Terima kasih pak untuk semua informasinya

    BalasHapus
  37. ternyata sungguh banyak juga manfaatnya trimakasih atas shareartikelnya
    semoga lebih kreatif lagi

    BalasHapus
  38. kunjungan siang menjelang sore ini, informasinya menarik keren banget..

    BalasHapus
  39. meskipun gantuk tetapi saya semangat membaca artikel agan ini :)

    BalasHapus
  40. informasi yang sangat baik kita baca dan bermanfaat,,, terimakasih telah menambah wawasan,,,

    BalasHapus
  41. terimakasih banyak kepada admin atas informasi yang sangat bermanfaat ini ..

    BalasHapus
  42. mohon ijin dan menyimak tuk baca-baca sekalian numpang kenalan mas bro..

    BalasHapus
  43. postingan yang sangat menarik,
    kami sangat manunggu info yang lebih menarik lainnya. segera psotingan yang lebih menarik lagi yah gan

    BalasHapus
  44. semoga Tambah sukses Dan Sehat Selalu...Aminnn
    Mantaap Websitenya Mantapppp

    BalasHapus
  45. terimakasih sebelumnya atas informasinya, saya tunggu info yang
    lainnya yaa. . . .
    salam terhangat buat seluruh bangsa indonesia.

    BalasHapus
  46. artikelnya sangat menarik untuk dibaca,penuh ilmu pengetahuan..terima kasih pak untuk semua informasinya ...

    BalasHapus
  47. terima kasih atas semua informasi yang sudah disampaikan sangat bermanfaat sekali gan ..! ..ditunggu kunjungan bailknya

    BalasHapus
  48. terima kasih atas semua informasi yang sudah disampaikan sangat bermanfaat sekali gan ..! ..ditunggu kunjungan bailknya

    BalasHapus
  49. selamat pagi semoga aktivitas di hari ini lancar dan salam sehat ...

    BalasHapus
  50. postingan ini bagus banget bagi saya, terimaksih yah gan udah berbagi ..

    BalasHapus
  51. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  52. informasi dan berita yang agan berikan kepada kami sangat bermanfaat

    BalasHapus
  53. makasih banyak atas semua informasinya. Saya sangat beruntung bisa menemukan situs web ini yang menarik sekali ..

    BalasHapus
  54. selamat pagi selamat beraktivitas kembali gan .. :)

    BalasHapus
  55. share nya semoga bermanfaat dan bertambah lagi ilmunya !!! trimakasih atas infonya pencerahan baru untuk saya

    BalasHapus
  56. kunjungan sore sangat enak jika membaca artikel bermanfaat seperti ini.. makasih informasinya ya..

    BalasHapus
  57. di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda ..

    BalasHapus
  58. terimakasih banyak atas artikel yang di sajikan hari ini,
    sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    Sukses selalu yan buat website dan adminnya.

    BalasHapus
  59. banyak hal positif yang dapat saya ambil dari artikel ini.
    Terimakasih untuk infonya, di tunggu informasi terbarunya.

    BalasHapus
  60. terimakasih untuk infromasi yang sangat berharga ini

    BalasHapus
  61. Hai, Selamat siang !!
    Apakabar hari ini ?? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat, dan mudah-mudahan yang sakit, cepat diberikan kesembuhan ..

    BalasHapus
  62. untuk informasi sebagus ini dan sharenya ane ucapin terima kasih banyak gan,,

    BalasHapus
  63. senang berjumpa dengan anda!dengan artikel yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  64. terimakasih informasinya sungguh sangat berguna dan bermanfaat sekalih admin, saya mohon jangan lupa untuk update berita terbarunya :D

    BalasHapus
  65. mari kita rajin membaca.karena rajin membaca akan dapat menambah wawasan.Sehingga info-info yang sebelumnya tidak tau pun akan menjadi tau, terimaskish yah :D

    BalasHapus
  66. informasi yang sangat menarik gan, ikut menyimak dan salam sehat semua :)

    BalasHapus
  67. semoga agan tidak pernah berhenti untuk menyampaikan informasi-informasi yang sangat menarik bagi pembaca nya , karena kami akan selalu menunggu informasi-informasi yang sangat bermutu seperti ini ....

    BalasHapus
  68. terima kasih ya om untuk semua yang tersaji dengan apik ini,sungguh informasinya sangat menambah wawasan ane..

    BalasHapus
  69. dengan mengunjungi website ini saya mendapat info dan ilmu yang bermanfaat
    terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus
  70. selamat sore, jumpa lagi untuk membaca artikelnya yang tidak akan membuat jenuh, dan akan membuat menambah wawasan

    BalasHapus
  71. selamat sore ...
    jumpa lagi untuk menyimak artikel yang bermanfaat ini
    terimakasih ..

    BalasHapus
  72. terima kasih atas informasinya sangat membantu saya sekali

    BalasHapus
  73. terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya. dengan lebih menarik lagi ...

    BalasHapus
  74. website yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses dan teruta sehat selalu :)

    BalasHapus
  75. artikel yg menarik untuk dibaca,makasih ka" telah berbagi, posting lagih yah aneu tunggu :)

    BalasHapus
  76. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  77. banyak hal positif yang dapat saya ambil dari artikel ini terimakasih untuk infonya dan ane tunggu artikel selanjutnya yah gan :)

    BalasHapus
  78. maanfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas penerangan dan informasinya

    BalasHapus
  79. artikel yg memuaskan, terimakasih atas postingannya. posting lebih banyak lagi di tunggu

    BalasHapus
  80. teriamakasih info yang di tersedia sangat menarik sekali.
    Terus lanjutkan berbagi infonya ..

    BalasHapus
  81. informasi yang ada di websitenya sangat menarik dan juga sangat inovatif sekali. Ini sangat bermanfaat bagi kami semua yang membacanya.

    BalasHapus
  82. Setiap hari baru memberi kita kesempatan untuk membuka lembaran baru kehidupan kita,kesempatan untuk memperbaiki semua yang masih kurang..begitu juga hari ini aku berharap ada info ataupun ilmu yg baru dari website ini..

    BalasHapus
  83. terimakasih untuk informasi yang menarik :)

    BalasHapus
  84. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  85. Terima kasih nih sudah tetap berbagi informasi menarik dan bermanfaatnya :)
    Tetap semangat untuk semuanya !!!!

    BalasHapus
  86. infonya cukup bagus, saya tunggu info-info yang lainnya terimakasih karena telah memberikan informasi yang bermanfaat ..

    BalasHapus
  87. informasi terbaik yang pernah aku lihat..
    semoga webiste ini terus update dan memberikan informasi terbaru yang lebih menarik lainnya ..

    BalasHapus
  88. Makasih banget udah di share sob, ditunggu yang selanjutnya..

    BalasHapus
  89. salam sukses http://www.furnitureputih.com

    BalasHapus
  90. salam sukses http://www.tempattidur123.com

    BalasHapus
  91. Terima Kasih Informasinya http://www.rumahukir.com

    BalasHapus
  92. Terima Kasih Informasinya http://www.tokojatijepara.com

    BalasHapus
  93. mantap nich kebudayaan kita bisa dapat rekor muri..selamat

    BalasHapus