Hot!

Ekspresi Novelis Ramli Palammai




Novelis Ramli Palammai akhirnya bersedia hadir di studio RCA untuk ditodong beberapa pertanyaan. Saya mengintervieunya sekitar 40 menit di program Ekspresi, edisi Minggu 10 januari 2010. Direktur p3i Press Makassar, Andhika Mappasomba, selaku pihak penerbit turut mendampingi. Andhika yang juga salah seorang sastrawan Bulukumba membacakan beberapa prosa lirik romantik dalam sesi pembacaan karya sastra.

Sebagaimana yang disuguhkannya dalam novel Aku Di Sebuah Novel, Ramli jujur mengakui tentang beberapa kegelisahannya. Salah satunya tentang ruang sempit bagi karya-karya anak negeri terutama di daerah. Terungkap pula bahwa novel pertamanya itu adalah bagian dari trilogi dengan judul-judul novel selanjutnya yang masih dirahasiakan. Hanya ada satu bocoran tentang  tebal halaman novelnya yang kedua yakni lebih dari 500 halaman.

Di salah satu halaman novel pertamanya, Ramli mengutip sebuah puisi yang dicuplik dari karya Andhika Mappasomba. Yang menjadi penanda ketegasannya dalam menulis tersingkap keluguan berupa rasa gerah terhadap gaya kepenulisan novel tanah air yang dianeksasi oleh kepentingan industri penerbitan semata. Satu hal yang justru dimusuhinya dan perlawanan itu terungkap jelas dalam novel Aku Di Sebuah Novel. 

Tapi terlanjur sebuah titik rasa yang berbeda telah dituangkan Ramli ke dalam bejana sastra tanah air. Selama 10 tahun terakhir, ini adalah novel yang pertama ditulis oleh manusia Bulukumba. Sekitar 20 tahun lalu, sebenarnya juga pernah terbit novel anak-anak berlatar sejarah revolusi fisik berjudul Bulukumba Membara yang ditulis oleh Fahmi Syarif.

Di akhir wawancara, Ramli menjanjikan, Aku Di Sebuah Novel dapat diperoleh di toko-toko buku di semua kota besar di Indonesia dalam waktu dekat ini. Distribusinya sementara mulai dilakukan.


16 apresiator:

  1. Kepada semua sahabat blogger. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Berhubung dalam minggu ini ada sebuah aktivitas yang cukup menyita waktu, maka terpaksa BLOGWALKING rutin ke tempat sahabat-sahabat tidak dapat saya lakukan untuk sementara. Insya Allah, jika sudah ada waktu luang maka saya akan berkunjung balik ke blog para sahabat sekalian. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Hmmmm....novelnya ada ga ya di Jatim?! Penasaran sama postingan mas ivan. Ramli Palammai, selamat singgah d RCA.
    Go RCA!!! Go Sastra Radio!!!

    BalasHapus
  3. Sayang ya ,tak dapat mendengarkan acara ekspresi diRCA,sepertinya seru wawancaranya.

    *Gak apa-apa kok mas ivan,selesaikan saja dulu kesibukannya.Nanti setelah semuanya sudah selesai baru BLOGWALKING kembali...

    BalasHapus
  4. Rekam jejak sekaligus promosi ya van. tapi mantap neh. kalau ada di toko buku, di Palembang, insyaallah saya beli deh. Salam buat sang Ramli.

    BalasHapus
  5. mantap Van... ternyata kita punya novelis lokal yang handal...
    makasih banyak sudah mengenalkannya disini.

    Aku juga akhir2 ini jaran BW sobat, disamping karena koneksi., Juga karena rutinitas kerja.

    BalasHapus
  6. Mantap ini..,

    Mudah-Mudahan nanti novelnya bisa booming.., biar ada juga sastrawan Sulawesi yang terkenal..,

    BalasHapus
  7. Mas Ivan ni konsisten banget sama sastra, salut deh... selalu bisa mendapatkan artikel tentang sastra.

    BalasHapus
  8. Wah novelis... wuahahaha, semoga novelnya laris di pasaran... amin...

    BalasHapus
  9. waduh g paham nih maksudnya sob

    BalasHapus
  10. Semakin yakin saya bahwa banyak sastrawan muda berbakat lahir di Bulukumba. Salah satunya mas Ramli ini. Novel keduanya tebel amat. Nah yang pertama ini tebal juga gak?
    Kalau saya cari buat bacaan anak-anak SMP, berat gak, Van?

    Terima kasih infonya ya

    BalasHapus
  11. maksudnya tentu saja bukan berat karena tebalnya, tapi berat isinya (terutama buat anak SMP). Mohon inputnya, terimakasih ...

    BalasHapus
  12. kita semua maklum Van semoga berhasil ya kesibukannya

    BalasHapus
  13. Novelisnya masih muda... jadi penasaran jugamau abca karyanya nih.

    BalasHapus
  14. asiiikkk nanti bisa lihat bukunya di toko buku..

    BalasHapus
  15. novelnya bisa sampai kekotaku ya... Thanks reviewnya...

    BalasHapus
  16. makasih Mas, info Novelnya... moga sukses.

    BalasHapus