Hot!

Ini Mei!


Bagi bangsa manapun, kekuatan bahasa adalah defensif awal terhadap agresi dari luar yang mulai menggerogoti kebudayaan. Membangun kekuatan bahasa berarti membangun pertahanan awal dalam mencapai taraf kesejahteraan sebuah bangsa. Bahasa adalah muara dari sebuah identitas.
   
Bagi bangsa ini semestinya Mei merupakan bulan identitas. Tanggal 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional, sedangkan tanggal 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional. Hari Buruh  jatuh pada 1 Mei, wafatnya pejuang buruh, Marsinah, pada 9 Mei, dan Hari Buku Nasional pada tanggal 21 Mei. Tanggal 21 Mei juga adalah tonggak demokratisasi yang menumbangkan kekuasaan otoritarian Orde Baru.

Kebangkitan Nasional tidak tercapai hakikatnya ketika identitas diri bangsa perlahan musnah. Tidak akan bisa suatu keinginan tercapai bila tidak menghadirkan kekuatan bahasa. Dengan hilangnya identitas secara bahasa, akan hilang pula suatu proses yang berarti dari sejarah-sejarah tersebut di bulan Mei.
      
Berbagai proses yang telah mengabaikan bahasa nasional telah merekonstruksi masyarakat terdidik untuk berorientasi menuju bahasa yang tidak sesuai dengan identitas bangsanya sendiri. Buku-buku pendidikan pun lambat laun didominasi oleh bahasa bercampur paham asing. Sangat diperlukan 'improvisasi permainan' oleh dunia perbukuan nasional pada Hari Buku Nasional bulan ini.
       
Republik ini  semakin melemah akibat intervensi asing. Penjajahan baru dalam bentuk eksplorasi alam dan budaya berlangsung secara besar-besaran. Kebudayaan leluhur semakin terdiskriminasi di sisi sosial sebab masyarakat tergiring ke individualistik dan konsumerisme. Mulut besar kapitalisme menganga di ujung sana dan menelan manusia Indonesia bulat-bulat.
      
Bahasa nasional yang telah diracuni kebudayaan asing dan terus diabaikan oleh kaum intelektualnya sendiri akan membuat peradaban serta kekuatan negara dalam identitas akan segera musnah tidak lama lagi. Lalu darimana harus memulainya ketika itu semua terasa terlambat? Satu kekuatan bersama dalam membangun tahap identitas bangsa yang kuat adalah melalui bahasa nasional. Tidak berlebihan jika hari ini bahasa nasional yang baik dan benar semestinya sudah harus dimulai di situs blog, website, catatan harian pribadi, jurnal-jurnal tidak resmi, status di facebook maupun twitter dan sebagainya. 

Belum terlambat jika hari ini blogger dan facebooker menunjukkan bahasa nasional sebagai identitas Indonesia kepada dunia. Mengapa Jepang kuat dan besar? Hari ini generasi muda Jepang ternyata tetap terinspirasi leluhur mereka. Mereka ternyata selalu terbiasa memposting blog dan menulis status di jejaring sosial dengan menggunakan bahasa nasional Jepang yang baik dan benar. Dan kepada blogger Indonesia? Saya hanya ingin menyampaikan,"Ini Mei!" 


11 apresiator:

  1. Ide sangat menarik.Tapi,perlu juga mengetahui bahasa lain kan?Untuk kepentingan individu maupun umum.

    BalasHapus
  2. tentu saja bahasa nasional kita tetap menjadi identitas bangsa ini bukan?
    tetap menjadi bahasa di negrinya sendiri.....

    BalasHapus
  3. sebuah tujuan mulia ayo kita mulai dari kalangan blogger dan Facebooker "ini Mei bung"

    BalasHapus
  4. Betapa banyak moment penting bangsa kita di bulan Mei. Semoga Mei membawa barokah buat kita semua.

    BalasHapus
  5. Idenya bagus banget Bang..
    tapi memulai suatu ide itu yang susah kali ya..

    BalasHapus
  6. Artikel yang sangat menarik dan menggugah anak bangsa untuk mencintai bahasa nasionalnya sendiri,dan saya akan mulai ikut pakai bahasa nasional aja dech mas coz lbh gampang hehehe...:D

    BalasHapus
  7. Bagus mas...

    saya juga khawatir lama2 bahasa Indonesia akan punah tergantikan bahasa prokem..

    BalasHapus
  8. mungkin dengan menggunakan bahasa nasional,bangsa indonesia akan terlihat lebih kompak dan lebih bersatu...

    Jangan biarkan bahasa kita seperti kenthongan,yang saat ini sudah jarang ditemui.Padahal sebenarnya kenthongan adalah alat komunikasi yang sangat trendy.Karena suaranya mempunyai cirikhas yang semua orang mengetahui,bahwa itu adalah suara kenthongan.

    BalasHapus
  9. besok Juni! (loh gak nyambung ya bang)

    BalasHapus
  10. Ayo kita posting dengan Bahasa Indonesia yang benar dan bukan berarti kita menutup bahasa lain, tetap belajar dan berkarya juga dengan bahasa lain!

    BalasHapus
  11. Selamat Hari Buruh dan Selamat Hari Pendidikan Nasional

    BalasHapus