Hot!

Pasar Seni Lukisan Indonesia di Surabaya



Sebanyak 370 pelukis dari Jawa, Bali dan Sumatera meramaikan Pasar Seni Lukisan Indonesia (PSLI) ketiga yang digelar Sanggar Merah Putih, Balai Pemuda Kota Surabaya, sepanjang tanggal 7-17 Mei. Pasar Seni ini adalah bentuk kepedulian para pelukis terhadap masyarakat pencinta seni. Selain pencinta seni bisa langsung bertransaksi dengan pelukis, masyarakat seni juga bisa bertukar ide dan gagasan.

Harga yang ditawarkan di Pasar Seni ini lebih miring dari harga lukisan yang dijual di galeri atau pameran. Jika lukisan yang berada di galeri dijual sampai Rp 20 juta namun di pasar seni bisa hanya Rp 6 juta.

Panitia membangun 159 stan yang diikuti 370 pelukis. Jumlah lukisan yang dipamerkan sebanyak 1.100. Sebelumnya, pada Pasar Seni 2008 diikuti sebanyak 118 pelukis, dan pada 2009 diikuti sebanyak 360 pelukis. Pada 2010 ini panitia menargetkan transaksi jual beli sebesar Rp 1,5 milliar, pada 2009 lalu transaksi mencapai 980 juta.

Dalam Pasar Seni ini juga disediakan stan khusus untuk penjualan lukisan seharga Rp 500 ribu. Selain itu juga diadakan lomba sketsa wajah atau karikatur Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saiffulah Yusuf.

(berbagai sumber)

18 apresiator:

  1. Suatu perkembangan yang pesat ya dari 118 hingga sekarang 370 pelukis..luar biasa...

    BalasHapus
  2. Wouw... kapan yah bisa ada pasar seni seprti itu di Makassar?

    BalasHapus
  3. Dari 20 juta jadi 6 juta???
    Koq turunnya banyak banget ya...

    BalasHapus
  4. wah... keren yah...
    tapi koq harganya bisa turun yah??

    maaf baru bisa mampir sekarang ^^

    BalasHapus
  5. alam sobat
    memberikan keuntungan bagi penggemar lukisan.
    dari harga Rp 20.juta bisa dibeli di pasar seni Surabaya dengan harga hanya Rp 6 juta rupiah.

    BalasHapus
  6. hebad! kapan yah, aku bisa ikutan atau sekdar penggembira dalam acara seperti itu...?? :(

    BalasHapus
  7. Pasar seninya berarti tinggal beberapa hari lagi Rek.

    salam kenal......

    BalasHapus
  8. Permisi follow, follow balik Rek

    BalasHapus
  9. Wow, lukisan seharga 6 juta? busyeeeet, kaya gimana tuh gambarnya?

    BalasHapus
  10. Lukisan-lukisannya kayaknya bagus-bagus tuh, kalau di kotaku pasti aku dah dateng tuh ...., ya walaupun cuma liat-liat aja he he.

    BalasHapus
  11. Wah, ada acara bagus di Surabaya kok aku malah gak tahu ya..? hehehe *malu*

    BalasHapus
  12. Kok bisa ya harga lukisannya selisih begitu banyak dari galeri ke pasar seni..?

    BalasHapus
  13. hoho, semoga sering-sering aja diadakan pesta kesenian semacam ini.. ^^ salut buat panitia penyelenggara dan peserta.. :)

    BalasHapus
  14. menarik tuh eventnya, mudah2an dengan begitu bisa lebih meningkatkan cita rasa seni dikalangan pemuda juga warga biasa. Dan ini juga jadi ajang promosi yang baik untuk para pelukis yang menyalurkan inspirasinya melalui gambar. Nice info

    BalasHapus
  15. bangkit dan maju terus pelukis indonesia,..
    tunjukan segenap kreatifitas anak bangsa,...

    BalasHapus