Home » » Kristal Putih

Kristal Putih

Posted By Redaksi on Senin, 10 Agustus 2020 | Agustus 10, 2020

Oleh: Assyifa Barizza

Cuaca yang kurang bersahabat sore ini, membuat Alexi memutar haluan perahu kecilnya menuju pesisir. Hujan yang disertai angin lebat, membuat laut mengamuk. Ombak pun seketika memukul perahunya yang hanya menggunakan satu mesin. Hasil tangkapan ikannya belum seberapa, tapi Alexi lebih memilih pulang daripada tetap bertahan di laut yang saat ini sedang murka.

Saat tiba di pesisir, Alexi segera memungut ikan yang masih berada dalam jala untuk ditawarkan pada para pelanggan. Alangkah terkejutnya, di antara tumpukan ikan kakap, Alexi menemukan sebuah bola kristal berwarna putih sebesar telur.

"Sangat indah," guman Alexi dalam hati sambil memasukkan benda itu kedalam saku celananya.

"Tangkapan ikannya banyak, Alexi?" tegur beberapa ibu-ibu yang mendekati perahunya.

"Lumayan untuk hari ini, tangkapan ikanku kali ini kuberikan pada ibu-ibu dengan gratis."

Langsung saja ibu-ibu yang kebetulan berada di tempat  menyerbu perahu untuk mengambil ikan yang masih berada di sana.

"Bagi rata, yah," ucap Alexi sembari meninggalkan pantai setelah terlebih dahulu menambatkan perahunya.

Sepanjang perjalanan, Alexi tidak berhenti tersenyum. Dalam hatinya terbersit pikiran untuk menjual benda yang berbentuk kristal tadi.

"Harganya pasti mahal. Sebentar lagi aku kaya raya, aku bisa mempersunting Adeena, bisa membeli kapal penangkap ikan yang lebih besar." Alexi mulai berkhayal. Sudah lama dia naksir sama Adeena, gadis kampung sebelah. Apalah daya, dia hanya seorang pemuda yatim yang miskin. Ayahnya sudah lama meninggal dunia. Kini, dia hanya hidup bersama Sang Ibu yang sudah renta. Sementara dua kakak perempuannya, sudah menikah dan memilih hidup di kampung suami. Hanya sesekali mereka datang membesuk.

***

"Kau adalah laki-laki pilihan yang bisa menyelamatkan bangsa kami dari serangan kerajaan laut hitam."

Seorang perempuan yang sangat cantik bagai bidadari berada dalam kamar Alexi. Dia terkejut bukan kepalang. Seumur hidupnya, baru kali ini, dia melihat perempuan yang sangat cantik. Sebuah tiara menghiasi kepala perempuan itu, layaknya seperti seorang ratu yang biasa Alexi saksikan di film kerajaan.

"Si … siapa kau?" tanya Alexi ketakutan. Suaranya terbata-bata.

"Aku Ratu Diomira! Ratu kerajaan Laut Putih. Saat ini, kerajaan kami diserbu oleh Raja Laut Hitam dan pasukannya yang terkenal sangat kejam. Dia ingin menguasai kerajaan kami dan tunduk di bawah perintahnya. Hanya kau yang bisa membantu kami!"

"Kenapa harus aku?"

"Karena siapa yang berhasil menemukan kristal putih, simbol dari kerajaan kami, maka dialah laki-laki yang mampu mengalahkan Raja Laut Hitam."

"Kalau Raja Laut Hitam berkuasa, apa yang akan terjadi?"

"Seluruh lautan akan berada dalam kegelapan. Gelombang, ombak dan tsunami akan dia ciptakan. Akibatnya, para manusia juga akan terkena dampaknya, tidak bisa lagi menangkap ikan dan bencana akan sering terjadi."

Alexi masih bingun dengan ucapan perempuan yang berada di hadapannya saat ini. Nalarnya masih belum bisa menerima, bukankah cerita tentang kerajaan laut, hanyalah sebuah dongeng pengantar tidur?

"Waktuku tidak banyak. Pertimbangan ucapanku tadi. Kalau kau ingin membantu bangsaku, datanglah besok ke pulau Marumasa. Di situ, kau akan menemui ikan lumba-lumba yang akan membawamu ke kerajaanku," ucap perempuan itu kemudian tiba-tiba menghilang dari pandangan Alexi.

"Alexi, Alexi bangun." Alexi terkejut, karena di depannya saat ini hanya ibunya yang memanggil-manggil namanya.

"Ibu? di mana Ratu tadi?"

"Ratu apaan? kau ini kebanyakan tidur, jadi mimpi yang tidak masuk akal."

Alexi mengucek matanya, rasanya yang terjadi tadi bukanlah mimpi, seperti nyata. Segera Alexi mengambil kristal di saku celananya dan memandangnya sedemikan rupa. Bukankah di mimpiku, perempuan itu berkata bahwa yang menemukan kristal ini adalah laki-laki pilihan yang bisa mengalahkan Raja Laut Hitam?

***

Siang itu, Alexi ke pulau Marumasa, sesuai dengan petunjuk dalam mimpinya. Dengan menggunakan perahu kecilnya, dia ke pulau itu, hanya sebuah pulau kecil. Banyak orang bilang, kalau pulau itu angker. Meski, belum ada yang membuktikan tentang keangkerannya.

Sejam perjalanan, sampailah Alexi di pulau Marumasa.Sebuah pulau yang sangat indah. Airnya biru, ikan di dalamnya tampak berenang kesana-kemari, seakan-akan menyambut kedatangan Alexi. Tak lama, seekor ikan lumba-lumba yang sangat besar datang menghampirinya. Ikan itu, seperti menawari Alexi naik ke punggungnya. Tanpa berfikir lama, dia segera naik ke punggung ikan itu. Ikan itu pun lalu membawa Alexi mengarungi lautan luas. Lajunya sangat kencang, kemudian diamenyelam, membawa Alexi ke dasar laut.

Alangkah takjubnya Alexi saat tiba di dasar laut. Sebuah istana yang sangat megah berada di hadapannya. Beberapa prajurit menyambut kedatangannya. Tampak dari dalam istana seorang Ratu dikelilingi dayang perempuan berjalan ke arahnya. Alexi tak berkedip menatap Ratu dan juga dayang yang kecantikannya tak tertandingi itu. Bukankah itu Ratu yang menemuinya lewat mimpi?

"Selamat datang di kerajaan Laut Putih, Alexi!"

"Ratu Diomira? bukankah kau yang datang di alam mimpiku?"

"Iya, aku sebagai Ratu Laut Putih sangat berterima kasih atas kedatanganmu ke kerajaan kami. Apakan kau bersedia membantu kami?"

"Apa imbalannya, kalau aku membantumu?"

"Aku bisa memberimu kekayaan Alexi. Jika kau mau, kau bisa menetap di kerajaan kami dan menjadi Raja di disini. Tentu saja kau harus menikahiku terlebih dahulu."

Menikah dengan Ratu Diomira? perempuan yang cantiknya laksana bidadari?  menjadi Raja dan dia akan kaya? tapi saat ini dipikiran Alexi hanya untuk membantu Ratu Diomira. Dia tidak ingin kegelapan menguasai lautan.

"Aku akan membantumu Ratu! Tapi, apa yang harus kulakukan? aku tidak menguasai ilmu belah diri."

"Aku akan memberimu tongkat kerajaan, senjata pusaka laut putih. Selain itu, kristal putih yang ada padamu bisa kau gunakan saat dalam keadaan terdesak ketika bertarung dengan Raja Laut Hitam. Sebentar malam, saat purnama penuh, Raja Laut Hitam dan pasukannya akan menyerang." Ratu Diomira mengakhiri petuahnya sembari mempersilahkan Alexi menuju ke ruang makan istana. Di sana, sudah tersedia berbagai macam aneka hidangan dan buah-buahan yang lezat.

***

Tengah malam. Saat purnama sudah penuh, lonceng dibunyikan. Pertanda, Raja Laut Hitam sudah datang menyerang.

Alexi dan pasukan laut putih sudah bersiap-siap. Alexi yang akan menjadi panglima perang, dia sudah memegang tombak pusaka pemberian Ratu Diomira. Sebelumnya, dia sudah diberi ramuan berupa bubuk mutiara sakti, agar bisa bebas bernafas dalam air.

Musuh semakin mendekat, jumlah mereka sangat banyak. Alexi kaget sekaligus ngeri melihat wujud dari Raja Laut hitam. Raja itu, mukanya hitam lebam dan berbentuk gurita raksasa yang siap menerjangnya. Menurut Ratu Diomira, Raja Laut Hitam adalah pamannya sendiri. Tapi dia serakah ingin merebut tahta kerajaan laut putih dari kakaknya sendiri, yaitu ayah dari Ratu Diomira, pewaris sah kerajaan. Akhirnya dia dikutuk menjadi menjadi makhluk buruk rupa dan diusir dari istana.

Pertarungan sudah dimulai, para pasukan dari ke-dua kubu sudah mulai saling menyerang. Alexi segera mendekat ke arah raja Laut Hitam yang besarnya tiga kali lipat dari dirinya. Raja Laut Hitam mulai menyerang Alexi,  beberapa kali dirinya terlempar karena tentakel Raja Laut Hitam menyerangnya bertubi-tubi. Untunglah, Alexi selalu bisa berkelit dan terbebas dari belitan tentakelnya.

Pertarungan semakin sengit, tampak korban dari ke-dua kubu sudah mulai berjatuhan. Tombak yang digunakan Alexi selalu gagal setiap kali menyerang Raja Laut Hitam.

"Kau tidak bisa selamat dariku anak muda." Raja Laut Hitam berhasil menangkap Alexi saat dia lengah.

Alexi yang berada dalam cengkeraman Raja Laut Hitam susah bernapas akibat belitan tentakel. Tombaknya pun sudah terlepas. Segera dia mengeluarkan kristal putih dari sakunya, dan mengarahkan ke arah Raja Laut Hitam.

Raja Laut Hitam kaget, seketika badannya lemas. Kilauan kristal putih membuatnya tidak bisa melihat. Alexi tidak membuang kesempatan, segera dia melepaskan diri dan meraih tombak pusaka dan menancapkan pada badan Raja Laut Hitam.

Raja Laut Hitam berteriak keras menahan sakit, darah mengucur dari tubuhnya membuat kerajaan laut putih berubah menjadi merah. Detik itu juga, Raja Laut Hitam menghembuskan napas terakhirnya. Pasukannya segera menghentikan pertempuran saat melihat rajanya gugur. Segera mereka memohon ampun dan bersedia menjadi pengikut Ratu Laut Putih.

***

Kemenangan dirayakan oleh seluruh penghuni kerajaan Laut Putih selama tiga hari tiga malam.

"Terimakasih Alexi. Karena bantuanmu, akhirnya kerajaan laut putih bisa hidup aman dan tentram. Sesuai janjiku, apakah kau bersedia menjadi Raja dan menikah denganku?"

Alexi  terdiam, tawaran Ratu Diomira memang menggiurkan. Siapa yang tidak ingin jadi Raja dan mempunyai istri secantik Ratu Diomira?

"Maaf Ratu, dunia kita berbeda. Aku lebih memilih untuk hidup di duniaku dan tetap menjadi seorang nelayan. Aku mengembalikan kristal putih padamu." Alexi menyerahkan kristal putih ke tangan Ratu Diomira.

"Tidak Alexi. Karena kemuliaan hatimu,  kristal putih ini aku serahkan padamu. Anggap saja ini hadiah dari laut, karena telah menyelamatkannya dari kegelapan."

"Tapi, apa gunanya benda ini untukku, Ratu?"

"Dengan kristal ini, saat kau melaut, ikan-ikan akan berdatangan padamu. Dengan ikan hasil tangkapanmu, kau akan menjadi kaya raya, Alexi," jawab Ratu Diomira sembari mengembalikan kristal ke tangan Alexi.

"Selain itu, dengan kristal putih di tanganmu, laut akan bersahabat denganmu. Kau juga bisa berkunjung ke sini dengan menggunakan kristal putih," lanjut Ratu Diomira.

Alexi menggemgam kuat kristal putih di tangannya, seakan dia tidak percaya apa yang baru saja dialaminya. Ternyata kerajaan laut bukanlah dongeng semata, tapi ini nyata. Dia orang yang paling beruntung karena berkesempatan untuk bisa melihat kerajaan Laut Putih dan bangga karena telah dipilih untuk menjadi penyelamat kerajaan ini.

Tidore, 2020

Share this article :
Komentar

0 apresiator:

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday