Latest Post

Kesaksian Bung Tomo

Posted By Ivan Kavalera on Selasa, 10 November 2009 | November 10, 2009


Judul Buku: Pertempuran 10 November 1945,
Kesaksian dan Pengalaman Seorang Aktor Sejarah
Penulis : Bung Tomo (Sutomo)
Penerbit : Visi Media
Terbit : Februari 2009

Melalui siaran radio BPRI (Barisan Pemberontak Rakyat Indonesia), wartawan, penyiar dan pejuang itu kembali membakar api semangat pemuda-pemuda di seluruh kota Surabaya: "Saoedara-saoedara, didalam pertempoeran-pertempoeran jang lampaoe, kita sekalian telah menundjukkan bahwa ra'jat Indonesia di Soerabaja pemoeda-pemoeda jang berasal dari Maloekoe, pemoeda-pemoeda jang berasal dari Soelawesi, pemoeda-pemoeda jang berasal dari Poelaoe Bali, pemoeda-pemoeda jang berasal dari Kalimantan, pemoeda-pemoeda dari seloeroeh Soematera, pemoeda Atjeh, pemoeda Tapanoeli & seloeroeh pemoeda Indonesia jang ada di Soerabaja ini."
Nukilan pidato Bung Tomo di atas dicuplik dari buku Pertempuran 10 November 1945 Kesaksian & Pengalaman Seorang Aktor Sejarah. Sebuah buku yang berbicara dengan alur yang begitu hidup. Buku ini membawa pembaca langsung menuju peristiwa penting di area hotel Orange (sekarang hotel Majapahit). Buku yang berisi delapan belas bab ini ditulis langsung oleh Bung Tomo. Bung Tomo yang juga wartawan Kantor Berita Antara menuliskan narasi pertempuran 10 November dengan apa adanya tanpa berlebihan. Seolah pembaca disuguhi film perang yang dramatis dan penuh aksi heroik.
Bung Tomo adalah seorang orator yang hebat di masanya. Pidatonya yang inspiratif dan menggugah semangat arek-arek Suroboyo hingga kini terus diingat dan menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya. Pemberian gelar pahlawan untuk Bung Tomo diberikan dua puluh tujuh tahun setelah Bung Tomo meninggal di Mekah.
Pertempuran 10 November 1945 adalah sebuah pertempuran besar pertama yang meletus setelah Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945. Peristiwa heroik itu pantas dikenang dan direnungi. Kisahnya menjadi wajib dibaca oleh semua orang yang merasa dirinya bagian dari Indonesia!
Peristiwa pertempuran yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan ini merupakan salah satu penentu tetap berdirinya Republik Indonesia pada masa-masa sesudahnya hingga saat ini. Situasi pertempuran, kronologisnya, arsiteknya, tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya dan segala resiko perjuangan tercantum jelas di buku ini. Bung Tomo, salah satu aktor sejarah, tokoh utama di balik peristiwa pertempuran di Surabaya itu, enam tahun kemudian (1951) mengisahkannya dengan jujur, lugas dan sangat detail.

Selamat dan Semangat Hari Pahlawan.

Luna Vidya, Monolog dari Danau Sentani Papua

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 08 November 2009 | November 08, 2009


Dalam sebuah sidang pengadilan seorang TKW bernama Sumarah tertuduh telah melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Di depan sidang pengadilan itu, Sumarah bercerita tentang hari-hari dimana ia belajar menerima diskriminasi dalam seluruh dimensi kehidupan sosialnya sejak kecil karena satu penyebab: ayahnya dituduh sebagai anggota PKI. Ayah yang tidak pernah sempat dikenalnya.

Sumarah lulus SMA dengan nilai terbaik namun ijazahnya tak berguna apa-apa. Tak ada kesempatan menjadi pegawai negeri, bahkan petugas administrasi. Ia hanya boleh menjadi buruh pabrik. Nama bapaknya, adalah bayangan hitam yang terus menguntitnya di semua kesempatan. Bayangan itu menggelapkan bahkan impian Sumarah untuk menikah.

Dikucilkan, dirampas hak-haknya di negeri sendiri, menjadi TKW di Arab Saudi adalah kesempatan satu-satunya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kesempatan yang diperolehnya dengan memberi amplop. Sumarah menyangka, setelah bertahun-tahun menjadi rakyat setengah gelap di negeri sendiri, terselip dan tidak boleh mendongakkan kepala, ia akan bermetamorfosa dari ulat bulu menjadi kupu-kupu indah di negeri orang.

Balada Sumarah hanya satu titik di antara banyaknya peristiwa ketidakadilan lainnya yang terjadi di republik ini. Balada Sumarah ditulis oleh Tentrem Lestari dan pertama kali ditampilkan oleh Luna Vidya pada Festival Monolog Dewan Kesenian Jakarta 2005 di Teater Kecil-TIM. Lalu Luna menampilkannya di Paris, Prancis pada 7 Desember 2008. Saat itu sesi acara "Sepuluh Jam Untuk Sastra Indonesia" menghadirkan Sitor Sitomorang, Richard Oh, Laksmi Pamuntjak, Djenar Maesa Ayu, Lily Yulianti Farid dan Luna Vidya di samping para pakar sastra dan indonesianis Paris dan Belanda serta para penerbit terkemuka Perancis seperti Gallimard dan Flammarion yang telah menerbitkan karya-karya Pramoedya A Toer, Ayu Utami serta Laksmi Pamuntjak. Kemudian beberapa kota besar lainnya di dunia juga pernah mengundang pemonolog ini.

Belantara yang rimbun, puncak-puncak gunung yang melelahkan dalam pendakian, danau yang alami serta alam yang keras telah berhasil mencetak seorang perempuan bernama Luna Vidya. Luna Vidya lahir di Sentani, Papua. Luna Vidya bermain teater sejak tahun 1984 di Makassar bersama berbagai kelompok teater, sejak datang ke Makassar setelah menamatkan SMAnya di Jayapura. Bergabung dengan Teater Kampus Universitas Hassanuddin, Ia makin mengokohkan dirinya sebagai salah satu pemain teater terbaik Sulawesi Selatan. Ia juga bekerja sebagai Communication Coordinator Sustainable Mariculture Project di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia bekerja pada ruang-ruang teater monolog, memainkan naskah-naskah orang lain maupun menulis naskahnya sendiri (Meja Makan, Pagar, Garis). “Makkunrai”, “Dapur” adalah naskah monolog yang ia sadur dari cerita-cerita pendek yang ditulis oleh Lily Yulianti Farid dalam kumpulan cerpen “Makkunrai.” Bersama Lily Yulianti Farid, Makkunrai menjadi titik awal bergulirnya Makkunrai Project (2007), sebuah proyek eksplorasi berdimensi gender lewat penulisan sastra dan teater.

LV, demikian salah satu panggilan akrabnya di Makassar. Ia juga melewatkan waktu dengan menulis puisi. Salah satu puisinya saya posting di sini. Sebuah puisi yang Ia tulis buat sahabatnya, Aan Mansyur.



Hujan Yang Kau Cintai

:aan

Hujan, dan kau berulang tahun.

Beberapa waktu lalu
hujan yang kau cintai jadi basah di wajahku.
Basah seperti lantai hutan yang menebal oleh daun gugur, rumput berkepala es,
Atau bangku-bangku taman
ketika sesaat matahari musim dingin mendekam. Melelehkan waktu yang beku.
Daun maple duduk di sana menemani tai merpati
Menemaniku
waktu mengalir, jadi sungai

dari rumput dan daunan beku di lantai hutan telanjang, dingin, kilaumatahari dalam kristal es, musim, cagak telanjang, kau belajar merayakan kenangan.
Kenangan tentang hujan, hijau dan matahari.
Tentang hidup yang tidak sederhana, tanpa banyak pilihan di kampung bermusim dua: kemarau dan hujan; berangin dua: barra' dan timmorro'.

belibis dan itik berenang di kanal dan sungai tua, goyang ekornya menguakku
ingatan meriak. mengelus belakang jalan veteran, berbagai bonto di bulukumba dan jeneponto,
di mana hidup ditertawakan dan dirayakan dalam tepian penuh plastik, sampah dan pestisida,
di mana keberanian di tenggelamkan dalam cahaya lampu dan galian-galian pembangunan

merayakan kenangan bersamamu,
kau jatuh ke dalam gelas plastik
bersama koin satu Euro, kenangan tentang ceplok matahari yang dikerumuni mulut lapar, dan ibu
kau terselip pilu di berlembar-lembar lapis baju
–petang itu tak ada hujan, tapi angin tikam-
Ketika gelas plastic di usung, pengemis perempuan menyodorkan dua tangan
Di bawah bayang Eiffel, menjemput koin dan kelam.

jauh. jauh dari sini beberapa waktu lalu
Di lantai hutan, kilau matahari kupatahkan dari ujung rumput,
Di belakang jalan veteran, anak-anak berenang merayakan alir buangan kota
Ditemani hujan, plastic dan tai. Warnanya meriah.

kau. tentu kau yang tersedu-tersedu di bahuku
melihat kenangan dan warna musim
mengalir berkilau.

2009


Tahun-tahun bergegas lewat dan saya tidak lagi pernah punya kesempatan menikmati pementasannya. Ia satu-satunya yang masih terbaik di Makassar dalam mementaskan teater monolog. Putri Sentani itu satu-satunya perempuan mengagumkan dari Papua, ujung paling timur yang masih bergolak hingga saat ini.


sumber: disarikan dari beberapa catatan lama di bangku kuliah

Fanny Fredlina, Cerpenis Rasa Stroberi

Posted By Ivan Kavalera on Sabtu, 07 November 2009 | November 07, 2009


Perempuan ini benar-benar energik dalam menulis. Di sela-sela kegiatannya yang padat dalam bidang pemberian jasa hukum, setiap hari dia menulis cerpen, cerber, puisi dan apa saja. Ratusan cerpennya telah dimuat di beberapa majalah remaja di ibukota dan bahkan majalah terbitan luar negeri.

Fanny Fredlina, cerpenis kelahiran Jakarta ini sangat menyukai buah stroberi dan lagu-lagu Agnes Monica. Sesuai dengan jiwanya, energik, riang dan bergerak bebas penuh gagasan tanpa beban. Di dunia maya, dia tergolong blogger langka. Di celah waktu yang menyita kesehariannya, delapan blog sekaligus dia kelola. Bahkan diupdate setiap hari. Luar biasa dan istimewa.

http://just-fatamorgana.blogspot.com
http://sanubari-fanny.blogspot.com
http://perjalanan-fanny.blogspot.com
http://fanny-fredlina.blogspot.com
http://miss-gaptek-belajar.blogspot.com
http://tips-write-shortstory.blogspot.com
http://job-notary.blogspot.com
http://blognyaf2.blogspot.com

Karya-karya mbak Fanny terasa sangat pas hadir di tengah pergulatan rutinitas kehidupan kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan berkisah dari sudut-sudut problematika cinta remaja namun yang beda adalah teknik penulisan seperti plot dan ending yang tidak klise sebagaimana cerpen dan cerber remaja lainnya. Salah satu kelebihan perempuan cerpenis ini adalah kecerdasan melihat hal-hal kecil apapun yang bisa dituangkan sebagai karya. Dan yang menakjubkan bukan sekedar menghibur, tulisan-tulisannya juga kadang menyentil meski dia tidak mau bermain di wilayah politik sebab dia tidak suka politik, seperti pengakuannya.

Beberapa bulan lalu dua buah cerpennya dibacakan di program sastra RCA 102, 5 FM. Saya menyebutnya Sang Cerpenis Rasa Stroberi, rasanya rame dan menyenangkan. Karya-karyanya manis dan renyah.

Elly Suryani: Inspirator dari Sebuah Taman Bunga Puitika

Posted By Ivan Kavalera on Kamis, 05 November 2009 | November 05, 2009


Akhirnya saya diberinya ijin untuk membacakan salah satu narasinya di salah satu edisi sebuah program sastra di radio beberapa bulan lalu. Sejak itu saya baru sadar bahwa memang teramat menyenangkan jika memperdengarkan karya-karya bagus seperti karyanya. Membaca tulisan-tulisannya adalah seolah bertandang ke sebuah halaman rumah yang dipenuhi bunga-bunga harum filosofi kehidupan. Dari taman bunga itulah ia seorang perempuan dengan inspirasi meluber yang selalu siap dibaginya kepada siapapun.

Elly Suryani, Sang Inspirator kelahiran Palembang pada 18 November ini menyukai musik Kenny G. di samping menulis dan membaca. Saya selalu menyapanya dengan "bunda Elly," setiap kali mengunjungi alumnus Universitas Lampung 1991 Ilmu Lingkungan dan Pasca sarjana Universitas Andalas 2002 ini di blog Life With Your Own Vision. Satu hal yang hingga saat ini masih membuat saya penasaran adalah teknik yang digunakan bunda Elly menuliskan rentetan puitikanya dalam narasi yang enak dibaca sebagai motivasi dan renungan.

Banyak penulis, prosais, penyair dan esais yang mampu menulis sesuai genre dan pakem yang ada. Tapi penikmatnya mungkin bisa saja mengalami pengkotak-kotakan. Penggemar puitika hanya akan memburu puisi dan pencinta prosa hanya akan membaca karya naratif, misalnya. Yang istimewa dari tulisan-tulisan bunda Elly justru terletak di sana. Ia telah menemukan semacam bentuk yang sama sekali baru dalam teknik penulisan. Apapun yang dia tuliskan entah puisi, esai dan prosa maka tetap saja penikmatnya melebur bersama sebab ada benang merah produk pemikiran yang pabrik inspirasinya telah disetting khusus.

Secara fisik, sepintas tulisan-tulisan yang diposting bunda Elly di blognya memang telah menyemburatkan stimulan paling tidak bagi siapapun yang pada mulanya hanya berniat bergegas lewat. Saya masih meyakini, belum pernah ada seorang pun yang mau melanjutkan perjalanannya sebelum mengecup tuntas makna-makna dari tulisannya. Saya sendiri selalu menunggu postingannya yang paling anyar setiap hari.

Salah satu stimulan yang khas itu adalah pilihan judul yang menarik kemudian diksi yang enak dikunyah. Tengok saja misalnya peristiwa aktual yang dilipatnya dalam "Ngopi Sore Sambil Melirik Cicak dan Buaya" atau "Pemberdayaan Perempuan Di Antara Kepulan Asap Kopi." Temuilah ia dalam realita "Serenade Sore Kali Ini" dan "Sebuah Orkestra Hari Milik Tante Laksmi" dan banyak lagi sketsa menarik lainnya yang hanya bisa dibaca di http://newsoul-sayangidirimu.blogspot.com/


Lily Yulianti Farid, Penulis Makkunrai dari Makassar

Posted By Ivan Kavalera on Selasa, 03 November 2009 | November 03, 2009

Agak sulit juga melacak perempuan sastrawan ini. Jam terbangnya sangat tinggi. Dua hari lalu Minggu, 1 November jurnalis dan penulis fiksi ini tampil di ajang Singapore Writers Festival 2009 di gedung seni Play Den, Singapura. Bersama Luna Vidya, perempuan seniman lainnya dari Makassar, alumnus Fakultas Pertanian Unhas ini memproduseri pentas drama The Kitchen. Dia bekerjasama dengan tujuh seniman asal Jakarta dan Makassar, termasuk mengundang John McGlynn untuk menerjemahkan karya itu ke dalam versi bahasa Inggris.

Lily Yulianti Farid, jurnalis dan penulis fiksi. Lahir dan besar di Makassar. Sebagai jurnalis ia pernah bekerja di Harian Kompas, Radio Australia di Melbourne, Radio NHK di Tokyo dan menjadi kolumnis di majalah berita Nytid, Norwegia. Ia telah menerbitkan dua buku kumpulan cerita pendek Makkunrai (perempuan dalam bahasa Bugis) pada Maret 2008 dan Maiasaura pada Juni, 2008 yang mengeksplorasi isu gender dan respon perempuan terhadap korupsi, konflik dan juga nilai-nilai dalam keluarga dan masyarakat Bugis, serta agama. Bersama pemonolog Luna Vidya, ia menggagas Makkunrai Project, program kampanye isu-isu gender melalui sastra dan monolog. Makkunrai Project telah mementaskan sejumlah nomor monolog di Makassar, Paris dan Singapore Writers Festival 2009.

Jika anda pernah membaca salah satu bukunya, Cerpen Makkunrai maka akan jelas terlihat kasus demi kasus yang sering terjadi dalam konteks masa kini dari sudut pandang seorang perempuan. Sekaligus paling kuat menjadi judul kumpulan cerpen ini. Kronik politik era desentralisasi yang lagi tren merambah dari pusat ke daerah bawah sekelas kabupaten pun ikut dibahas. Pesta pernikahan adalah perihal yang sakral namun bukan kekal. Seringpula dijadikan usaha pelanggengan kekuasaan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam cerpen Makkunrai, tokohnya adalah perempuan yang dikutuk oleh mitos yang dipercaya oleh kakeknya yang tukang kawin. Hanya karena dirinya adalah perempuan ke-enam yang lahir dari rahim-kandung ibunya pada saat azan Jumat berkumandang. Ada hubungan apa suara azan Jumat dan kelahiran bayi perempuan? Mungkin pernah terjadi satu bencana maha-dahsyat yang menimpa nenek moyang si kakek pemercaya mitos itu, di hari jumat kelahiran bayi perempuannya, sementara azan persis dikumandangkan. Tentu hanya orang bodoh yang memercayai mitos demikian. Dikisahkan, perempuan itu tak mau tunduk oleh tindak-tanduk kakeknya yang sering bertingkah seenaknya saja.

Kumpulan Cerpen karya Lily ini mungkin tidak akan kadaluwarsa hingga beberapa dasawarsa. Sebab, problem sosiokultural, apalagi menyangkut perempuan, menurut ramalan pengamat masih akan tetap berlangsung lama di Indonesia. Lily Yulianti mengemasnya dengan luar biasa apik, juga menohok.

Galih Pandu Adi, Hujan Puisi dari Rembang

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 01 November 2009 | November 01, 2009


Saya tidak menyangka bisa berkenalan dengannya meski hanya melalui Facebook sekitar dua minggu lalu. Galih Pandu Adi, dilahirkan di Rembang, 1 Agustus 1987. Resmi menjadi mahasiswa Sastra Indonesia di Undip Semarang pada tahun 2005. Menulis puisi dan berteater di beberapa kelompok teater di Semarang antara lain; Teater Lingkar, Teater Komunitas Panggung dan Teater EmKa fakultas Sastra Undip Semarang. Beberapa puisinya terpilih dalam antologi "Aku Ingin Mengirimimu Hujan", dan "Mencari Rumah".

Membaca puisi-puisinya seperti membaca hujan, batu, angin dan benda-benda alam yang terdekat dengan keseharian kita. Galih menemukan simbol yang berbeda di sana. Benda-benda itu adalah bahan baku di dalam batok kepalanya. Lalu hatinya menjadi penterjemah yang efektif. Selebihnya, dia serahkan kepada para penikmatnya yang entah tidur atau terjaga. Puisi-puisinya berikut ini saya berhasil sobek dari kolom puisi koran Kompas milik tetangga.

Lelaki dan Hujan Saat Desember
Seorang lelaki mengenakan tubuhku lewat desember yang basah
Berbiak di depan pintu dan mengguruiku
Tentang batubatu berwarna merah
Aku serupa arwah dalam kabut gaib
Berwajah sakit
Menggumamkan mantramantara penyakit
Dan langit di atas bukit selalu enggan melepaskan rindu dan petuah ibu
Hujan di bawah lampu
Adalah desember yang melambat di garis wajahmu
-garis tanganku
Lelaki menggenggam sabit
Mengenakan tubuh dari aksara ganjil
Lebih dulu meramalkan takdir
Tentang akhir seorang Khidir
Lewat desember di bawah lampu
Aku arwah yang basah serupa tanah
Saat logam-logam jatuh dari Langit
Semarang, 22/12/08
Pancaroba Bulan April
Seperti hujan diatas April yang gundah
Aku jatuh pada kemarau yang merah
Pancaroba dilindap rumputan
Seperti kita yang sesat di ramalan leluhur
“Musim begitu tiba-tiba Ya?”
Kita betapa salah me’reka
Hujan tiba-tiba
Selepas usang
Seperti wajah kering kakek-kakek tua
“kuning ya matanya”
Kemarau yang nyala
Doa di putik kamboja

Kita masih saja menebak
Siapa datang?
Mengetuk pintu rumah

Kita masih saja rebah
dan saling berpandangan
Di atas ranjang april yang tua
Juga tiba-tiba
Semarang, April 2008
Gerbong Kereta
Gerbong-gerbong kereta ialah isyarat keranda
dan nisan hanyalah jurusan
hendak ke mana kita berpulang
saat loket di buka
orang-orang bergiliran mengantri pada penjagalan
Denting lonceng,
pilar-pilar tegak ialah isyarat
pelayat menunduk dan mendoa
saat gerbong-gerbong kereta semakin jauh
ke arah rembang
pada stasiun tak bernama
di kota tua yang terlupa
masih ada perbincangan terakhir
hingga aku mengingatkanmu
akan roda sejarah terakhir yang datang
yang tak bisa menanti
dan suara peluit kereta ialah sasmitha
mengingatkan untuk berjejalan
bersama wajah-wajah pucat
mengantarkan pada kota
yang lama kita tanggalkan wajahnya
dari ingatan
– “Aku harus berangkat” katamu –
kelak bila jumpa,
hendakkah kita bisa saling menyapa?
dan aku lebih memilih rebah ke rumah malam
dari pada menungguimu diusung gerbong keranda
pada akhir sebuah peradaban
Gerbong-gerbong kereta ialah isyarat keranda
dan nisan hanyalah jurusan
hendak ke mana kita berpulang
maka seperti pelayat
ku titipkan doa lewat kamboja
saat denting lonceng semakin riuh
dan rembang semakin berlabuh
Semarang, 5 Februari 2007
Ketika Maghrib
sampai kepada maghrib kita selalu melambat dan terhenti
pada ayat-ayat yang menggema di telinga
mendudukkan tubuh di depan kaca
dan kita bertaruh tentang kegaiban yang benar-benar menjelma
menjadi semacam sayatan atau luka
jatuh di tepi sajadah
kita terlelap tentang nubuat di balik jendela
sementara daun-daun terus berlalu
dan runtuh di alas sujudku
sujudmu,
di depan kaca lihatlah kita yang jumawa di wajah maghrib
berbusung dada dengan sekerat logam tajam berkarat
hendak kita rajamkan di denyut waktu
kian lemah berdegub
sedang sunyi tak hendak menggurui kita
tentang ada dan tiada
kekal dan sementara
karna semestapun harus menjadi bisu saat ini juga
tak terkecuali kita
Semarang, 06/12/08
Wanita di Bawah Langit
Dan kita selalu mengumpat matahari yang terang kusam
Karena muara sungai-sungai selalu habis sebelum sempat menggenang
Maka di atas batu-batu kali telah kita tulis semacam mantra
Tenun yang kejam untuk musim yang tak reda,
Lihatlah kekal yang selalu saja lindap
Pada dedaun yang kuning matang
Ranting-ranting yang telah menyerah di ujung keramat
Sebelum bisik-bisik malaikat
Curiga dan berpicing mata
Kita kan bersorak pada maghrib yang runtuh
Sedang daun-daun yang jatuh selalu habis dan tak pernah utuh
“Itulah takdir” katamu
Kukulum habis rembulan perawan yang jatuh di betismu
Sedang kita tak pernah sekejap saja menunduk
Dan masih saja kulihat kepal tanganmu tegak ke langit
Mengutuki gaib yang curiga
Kita terlampau waspada
Semarang,30/11/08
Mencari Sunyi
Aku tak hendak mencari sunyi di ruang ini
Ranjang tua, seprai bekas luka
Debu-debu, sisa keringat kita di situ
Bau dendam
Jejak cinta terakhir ku tanam di sana
Lahirlah anak-anak angin kita
Menyapu wajahmu
Menyingkap kelahiranku
Pada waktu yang terlampau usang
Aku tak hendak mencari sunyi di ruang ini
Manekin-manekin usang tergantung sudut pintu
Terlalu bosan menghakimi tamu
Tak kunjung tiba
Semarang, 07/11/08
Jakarta
Ku dapati juga kota ini
Lampu-lampu dalam terowong
Gembel tidur dalam gorong-gorong
Roda dan debu adalah tangan dengan kibasan angin
Yang turun di matanya serbuk besi juga polusi
Membuat awan-awan katarak
Kadang hijau
Kadang abu-abu
Kita kian tamak mengecupinya
Sejak faletehan merebutnya
Hingga kita tak tahu siapa duduk di atas nisannya
Sambil mariyuana
Doa-doa terjerat di kelembaknya

Ku dapati juga kota ini
Dengan kubah emas kopiah nya
Gema siapa tertinggal di sana?
Surut diantara suara-suara orang belanja
Juga desah orang bercinta,
Yang dulu sunda kelapa
Tempat abang pitung mengibaskan goloknya
Bagi kepala orang Batavia
Juga abang jali meramu mantra jadi kelewang
Mengukus doa jadi nasi buat orang betawi
Karena orang pribumi lebih pantas kerja rodi bagi kompeni
Dari pada sejahtera di bumi sendiri
Kinilah hutan beton hutan besi
Gembel tidur di gorong-gorong
Mimpi jadi orang kaya
Tidurnya di ranjang busa
Enak buat senggama

Ku dapati juga kota ini
Yung dulu sunda kelapa, yang dulu jayakarta
Tempat orang mengejar mimpi
Dan mengibiri ketakutannya sendiri
Jakarta, 23 juli 2008

Rasanya tak mau berhenti menikmati dan mengendapkannya. Beberapa dari puisi-puisinya seperti hujan yang menghapus kemarau meski tidak seluruhnya. Tapi batu-batu hitam dibersihkannya. Seperti hujan, Galih Pandu Adi menyirami pepohonan meranggas di halaman rumah kita.

Catatan Sebelum Festival Malioboro 2009

Posted By Ivan Kavalera on Jumat, 30 Oktober 2009 | Oktober 30, 2009


Tidak ada Kota Yogyakarta tanpa Malioboro. Ruas jalan yang selalu ramai oleh pedagang kaki lima, mahasiswa dan para seniman jalanan ini selalu menjadi tujuan wajib bagi mereka yang berkunjung ke Yogyakarta. Kota budaya, pelajar dan gudeg ini akan menggelar hajatan besar melalui Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bertajuk Festival Malioboro pada 6-8 November 2009.

Festival ini semoga menjadi reinkarnasi wisata budaya khususnya Malioboro masa lalu, saat ini dan masa mendatang. Selain mengedepankan performance art dengan sentuhan edukasi budaya, festival ini juga akan didominasi konfigurasi batik sebagai simbol budaya adiluhung Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta.

Sekian lama Yogyakarta berkepentingan ikut melestarikan warisan budaya batik sehingga batik tidak hanya menjadi suguhan wisata tetapi sebuah komoditas ekonomi yang laku dijual kepada para wisatawan. Even ini melibatkan seniman dan budayawan termasuk sebagian besar komunitas sanggar budaya di Yogyakarta.

Beberapa waktu lalu babak baru pembenahan Malioboro telah dimulai. Ribuan masyarakat dari 21 komunitas di sepanjang Jalan Malioboro dan Ahmad Yani diberi kesempatan untuk memberikan suara dalam pemilihan umum pengurus Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro periode 2009-2011.

Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro (LPKKM) ini bersinergi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro yang juga baru dibentuk oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Kedua lembaga ini bersama-sama menata dan menangani kebersihan, perparkiran, dan masalah sosial lainnya.

Sebelumnya, kondisi Malioboro memang sempat dikeluhkan karena kualitasnya menurun. Banyak faktor yang menjadi penyebab, termasuk dari dalam komunitas itu sendiri. Keberadaan dua lembaga, yakni LPKKM dan UPT ini diharapkan menjadi jawaban atas semua persoalan tersebut. Yang unik, layaknya pemilu presiden dan legislatif, pada pemilu LPKKM ini juga digarap profesional. Ada tempat pemungutan suara (TPS) di tiga titik, masing-masing trotoar depan Kantor Dinas Pariwisata DIY, depan Kantor Pusat Informasi bagi Wisatawan, dan depan Toko Ramai.

Semoga saja ada ruang dan waktu bagi saya untuk kembali bisa berada di sana pada tanggal 6-8 Nopember 2009. Insya Allah.

Mereka Yang Terbunuh

Posted By Ivan Kavalera on Kamis, 29 Oktober 2009 | Oktober 29, 2009

Dari sebuah diskusi seni budaya yang cukup mencengangkan di Bulukumba beberapa waktu lalu terbetik kesimpulan bahwa para pengarang lokal kebanyakan terbunuh oleh keberadaan Dewan Kesenian di daerah masing-masing. Geliat sastra yang bisa dijadikan sebagai ajang untuk menggairahkan dunia penciptaan teks-teks sastra dan apresiasi publik tak pernah tersentuh. Untuk menerbitkan sebuah buku sastra, modal awal seorang penulis berkantong tipis tidak serta merta mudah dibantu oleh Dewan Kesenian setempat. Harus melalui proposal, misalnya. Itupun harus melalui birokrasi berbelit-belit. Jangan heran, akhirnya pemberontakan kreatif para penulis berbakat ini terpaksa "hanya" dialihkan ke dunia maya.

Padahal sejarah sastra kita harus selalu mencatat para pemberontak baru di setiap angkatan. Mereka yang melakukan pembebasan ”mitos” penciptaan teks-teks sastra. Pemberontakan mereka bukanlah ambisi melambungkan nama di tengah jagad kesastraan, tetapi lebih pada pencarian bentuk-bentuk yang sama sekali baru dan bisa memenuhi dahaga estetiknya. Bacalah, Marah Rusli lewat Siti Nurbaya pada masa Balai Pustaka, Armyn Pane lewat Belenggu pada masa Pujangga Baru, Sutardji Calzoum Bachri lewat antologi O, Amuk, Kapak, atau Danarto lewat kumpulan cerpen Godlob pada era 1970-an dan sederet lagi nama lainnya. Mereka adalah pelaku pemberontakan kreatif sehingga karya mereka amat diperhitungkan. Tapi di zaman yang sama sekali berbeda seperti sekarang pemberontakan serupa hanya dapat ditengok dalam sejarah.

Kondisi ini semakin memiskinkan pemberontakan kreatif para sastrawan muda. Kemudian makin memperkuat dugaan bahwa republik ini memang bukan ladang yang subur bagi pertumbuhan sastra. Terlebih pada tradisi kritik, apresiasi publik, dan penghargaan finansial terhadap dunia kesastraan.

Situasi semakin diperparah dengan langkanya penerbit yang memiliki idealisme untuk menghidupkan dan menggairahkan terbitnya buku-buku sastra. Para penerbit didominasi pertimbangan utama untung rugi secara finansial. Mereka masih lebih takut menerbitkan buku-buku sastra kalau pada akhirnya tidak dibeli masyarakat yang lebih senang membeli pulsa, misalnya. Padahal masyarakat seperti inilah yang harus diajak "memberontak" terhadap jebakan kolonialisme pasar.

Zara Zettira ZR Yang Tetap Setia Kepada Cinta

Posted By Ivan Kavalera on Rabu, 28 Oktober 2009 | Oktober 28, 2009


Bagi anda yang gemar menonton sinetron, pasti tahu sinetron berjudul Janjiku yang berhasil masuk dalam jajaran sinetron Indonesia berating tertinggi pada era awal jayanya sinetron di tanah air. Ibunda saya di rumah kebetulan juga adalah pengemar sinetron bernuansa ramadhan seperti Hikmah 1, Hikmah 2, Ikhlas, Zahra, legenda Malin Kundang, dan DIA yang bertahan selama tiga tahun masa penayangan yang panjangnya hingga 150 episode. Perempuan bernama Zara Zettira ZR ini adalah penulis skenario dari sinetron-sinetron tersebut.Zara Zettira Zainuddin Ramadai lahir di Jakarta 5 Agustus 1969. Almarhum ayahnya berdarah Minang - Jawa dan Ibunya berdarah Tionghoa. Jebolan Universitas Indonesia Fakultas Psikologi ini menyadari dirinya terpanggil untuk mendedikasikan diri pada dunia penulisan. Yang sangat khas dalam karya-karyanya adalah kesetiaan mengusung pemahaman mengenai hakekat cinta yang sebenarnya. Zara meyakini karena cinta manusia ada, karena cinta manusia berusaha dan karena cinta manusia saling berinteraksi satu dengan lainnya.

Jika ibunda saya mengakrabi nama Zara Zettira ZR melalui sinetron, saya pertama kali mengenal namanya melalui beberapa karyanya seperti Believe in Love, Rehab dan Every Silence Has A Story. Zara kini menetap di Canada bersama suaminya tercinta Zsolt Zsemba bersama dua anaknya di sebelah utara kota Toronto, Canada. Zara benar-benar menikmati indahnya menjadi ibu dan istri, mengurus keluarga, berkebun di kebun apel dan membesarkan 3 ekor anjing herder serta seekor cocker spaniel bernama Cinta yang lahir pada tanggal 5 Agustus, serupa dengan tanggal kelahirannya.Zara masih tetap disibukkan dengan penulisan sinetron selama 10 tahun terakhir ini sehingga nyaris lupa menulis novel. Novel-novel remaja karyanya diterbitkan Gramedia seperti Mimi Elektrik, Jodoh Kelana, Jejak Jejaka dan Rasta Bella dia tulis bersama Hilman "Lupus" serta Catatan Si Boy di era 80-an bahkan difilmkan.

Sampai saat ini seperti biasa apapun yang ditulisnya pasti tetap setia mengusung cinta. Zara Zettira ZR, namanya masih menjadi jaminan bagi karya-karya sastra pop yang berkualitas dan edukatif meski tetap menjadikan cinta sebagai arus utama inspirasinya.

Arie Dirgantara, Benteng Kokoh Dari Gerakan Kota Penyair

Posted By Ivan Kavalera on Minggu, 25 Oktober 2009 | Oktober 25, 2009


Penyair dan teaterawan muda berambut gondrong kelahiran Bulukumba, 5 November 1984, Arie M. Dirgantara kembali menjadi tamu dalam program sastra dan budaya "Ekspresi" di RCA 102, 5 FM, edisi hari ini, Minggu 25 Oktober. Tidak kurang dari lima bongkah puisi dia bacakan secara ekspresif di studio RCA setelah saya interview beberapa menit untuk menguliti pikiran-pikiran liarnya yang paling anyar. Arie juga suka memakai nama samaran "Sang Kelam" dan telah menulis puisi sejak mengenal aksara di masa kecil. Arie adalah adik kandung dari cerpenis Anis K. Al Asyari.

Saya melihat Arie masih sebagai salah satu benteng terkokoh dalam gerakan Bulukumba Kota Penyair di mana dia menjadi salah seorang deklarator pada Maret 2009. Sampai hari ini tetap giat menggeliat di berbagai organisasi dan komunitas seni. Rajin melata di panggung-panggung teater melalui Sanggar Merah Putih Makassar. Pendiri Komunitas Mahasiswa dan Pemuda Kreatif (Kompak) Batukaropa Bulukumba. Berlompatan dengan energik kesana kemari melalui Selatan-Selatan Institut dan P31 Cultural Insitute bersama penyair Andhika Mapasomba. Kini masih menjabat ketua umum Komunitas Rumpun Seni Budaya Kanre Ana' (organisasi penggemar acara-acara seni di RCA).
Membaca puisi-puisinya adalah seolah sedang membaca metafora tentang sunyi-sunyi yang dia rekam bersama jejak-jejak yang seringkali tak terendus oleh angin. Dia mengendusnya dengan caranya sendiri. Sangat khas. Di bawah ini salah satu puisinya yang diberi judul cukup sederhana. Tapi isinya mungkin tak dapat diendus oleh siapapun termasuk angin. Judul-judul puisinya kadang "menipu" bagi penikmat puisi polos.

Puisi Buat Sang Terkasih

aku bersamamu, hampir setiap waktu ini kita lewatkan
membelai angin, menidurkan kerinduan kita
semestinya, memang cinta adalah keinginan
keinginan atas semua yang sedang berlaku antara kau aku dan semesta
mencintaimu, bukan berarti menjadikan kau adalah pilihan
atau menjadikanmu hak atasku dan bagian dalam kisahku
tapi mencintaimu adalah kesetaraan istimewa terhadap penalaran hidup
saling berbagi, membelai dan mengecup kening

sebab aku tahu setelah mencintaimu akan ada luka
luka yang menjadikan semuanya indah

aku tuliskan puisi ini buatmu
saat-saat hatiku seperti sangat kecil
dan kau memilikinya utuh.

sang kelam cendana 2009
Cukup rindang di bawah terik matahari. Saya selalu membacanya seperti itu. Setiap kali mendengarkan Arie di bawah angin dan kemarau.

Invasi Dari Cinta

Posted By Ivan Kavalera on Sabtu, 24 Oktober 2009 | Oktober 24, 2009


Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari ucapan iseng seorang teman. "Kebanyakan para penikmat karya seni yang bertema cinta justru adalah orang-orang yang tak kunjung memahami esensi cinta," katanya. Benarkah?
Diyakini bahwa tema cinta belum pernah tergeser sebagai pilihan favorit dari berbagai inspirasi karya seni. Lalu cinta menjadi genre yang istimewa dan kemudian disepakati sebagai aliran romantisme. Romantisme adalah sebuah aliran seni yang menempatkan perasaan manusia sebagai unsur yang paling dominan. Karena cinta adalah bagian dari perasaan yang paling mengagumkan, maka lambat laun istilah ini mengalami penyempitan makna. Sastra romantis pun diartikan sebagai genre sastra yang berisi kisah-kisah asmara yang indah dan penuh oleh kata-kata yang memabukkan perasaan dan kehidupan para tokohnya.
Genre inilah yang hari ini mendominasi dunia sastra populer di seluruh dunia. Bahkan, dominasi ini bukan hanya terjadi di dunia sastra, tetapi juga menginvasi semua lini, terutama film dan musik.
Ciri paling khas pada setiap produk sastra romantis adalah diletakkannya cinta (pada lawan jenis) sebagai kebenaran yang mutlak. Jika si Romeo dan si Juliet saling mencintai, maka kisah cinta mereka dianggap sebagai sesuatu yang suci dan abadi, tak terpisahkan oleh apapun. Di akhir cerita, keduanya akan menikah, atau minimal menjadi sepasang kekasih yang bahagia. Atau kalau pun keduanya menikah dengan orang lain, keluarganya tidak akan bahagia karena tidak didasari oleh cinta.
Gaya, bahasa dan pola yang digunakan dalam karya sastra romantisme biasanya lebih terbuka dan tidak metaforik. Para penulisnya langsung menyerang sasaran tanpa banyak simbolisasi seperti yang sering digunakan dalam karya sastra angkatan sebelumnya. Di sana dengan mudah ditemukan bahasa keseharian yang nyata. Tentu, itu kekuatan utamanya.
Lalu, hari ini. Ketika cinta dan romantisme menginvasi banyak karya seni termasuk sastra, dengan sajian yang mudah dicerna, pesan-pesan mengenai esensi cinta justru tak kunjung memberikan pencerahan tentang cinta itu sendiri terhadap sebahagian pembacanya. Semoga ucapan iseng teman saya itu tidak seluruhnya benar. Ada apa dengan cinta?
~~**~~


Tapi baiklah, dengan cinta dan keras kepala kita kabarkan saja cinta kepada segala. Salah satunya dengan membagikan award cantik ini buat semua. Terimakasih ya, mbak Fanny dengan award keren ini. Sebuah award yang menandai postingan ke-500 Sang Cerpenis kita. Saya bagikan kepada semua sahabat blogger dan siapapun yang pernah jatuh cinta. Ya, siapapun, harap diambil dan dibagikan kembali buat teman-teman yang lain ya.

Agen Perubahan Yang Mahal

Posted By Ivan Kavalera on Kamis, 22 Oktober 2009 | Oktober 22, 2009


Salah satu agen perubahan yang mahal adalah sastra. Buru-buru saya menyelesaikan tulisan ini ketika baru saja seorang anak tetangga berhasil memecahkan celengannya untuk membeli sebuah buku cerita. Harga dari buku yang diidamkan anak itu ternyata harganya semakin melambung tinggi ke langit. Seluruh hasil tabungannya kemudian ludes hanya untuk sebuah buku. Tapi anak itu senang. Buku itu berhasil dibelinya tanpa harus meminta uang kepada ayahnya yang hanya berprofesi tukang becak.

Apakah masih akan terus terus ditulis karya-karya sastra yang diyakini bisa meningkatkan kemanusiaan manusia? Sastra memiliki potensi besar untuk membawa masyarakat ke arah perubahan, semacam perubahan sosial dan budaya. Sastra diakui dapat menjadi sumber spirit kebangkitan suatu bangsa, spirit cinta pada tanah air, dan sumber semangat patriotik untuk melawan segala bentuk penjajahan. Sastra adalah kekuatan moral bagi proses perubahan sosial-budaya dari keadaan yang terpuruk dan ‘terjajah’ ke keadaan yang mandiri dan merdeka. Lalu siapa saja yang yang mampu menikmati karya sastra ketika harga buku sastra semakin mahal saja, misalnya.

Abrams (1981) berdasarkan tujuan penciptaannya, mengelompokkan karya sastra ke dalam empat orientasi. Pertama, karya sastra sebagai tiruan alam atau penggambaran alam. Kedua, karya sastra sebagai media untuk mencapai tujuan tertentu pada pembacanya. Ketiga, karya sastra sebagai pancaran perasaan, pikiran, ataupun pengalaman sastrawannya. Dan, keempat, karya sastra sebagai sesuatu yang otonom, mandiri, lepas dari alam sekelilingnya, pembaca maupun pengarangnya.

Segala orientasi penciptaan karya sastra, karena merupakan sekumpulan sistem tanda yang menyimpan makna, maka ia akan memiliki kemampuan tersembunyi (subversif) untuk mempengaruhi perasaan dan pikiran pembacanya. Karya-karya besar seperti Max Havelar (Multatuli), Uncle Tom Cabin (Beecher Stower), dan sajak-sajak Rabindranat Tagore misalnya telah menginspirasi perubahan sosial di lingkungan masyarakat pembacanya masing-masing. Max Havelar menginspirasi gerakan politik etis di Hindia Belanda, sajak-sajak Tagore mendorong gerakan pembebasan bangsa India dari penjajahan Inggris, dan Uncle Tom Cabin menginspirasi gerakan anti-perbudakan di Amerika Serikat.

Sajak-sajak cinta tanah air Mohammad Yamin dan Ki Hajar Dewantara yang ikut memupuk rasa kebangsaan anak-anak muda generasi 1920-an dan 1930-an dan sangat mungkin menjadi salah satu sumber inrspirasi lahirnya Sumpah Pemuda. Sementara, sajak-sajak patriotik Chairil Anwar, seperti Diponegoro, Kerawang-Bekasi, Kepada Bung Karno, ikut menyemangati generasi 1940-an untuk merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda.

Di dalam khasanah sastra Islam, sajak-sajak Mohammad Iqbal juga disebut-sebut ikut mendorong proses rekonstruksi pemikiran Islam. Sedangkan sajak-sajak Jalaluddin Rumi, Ibnu Arabi, dan Hamzah Fansuri, ikut mendorong proses rekonseptualisasi tasawuf.

Apakah sastra Indonesia kontemporer telah dapat memberikan sumbangan atau menjadi sumber inspirasi bagi proses perubahan social-budaya ke arah yang lebih baik? Siapa tahu, sastra di Indonesia hanya untuk kepentingan kelompok liberal dan pasar industri penerbitan. Di hari- hari ini, harga buku semakin mahal saja. Sungguh, agen perubahan yang mahal.

Catatan Sementara Dari Festival Phinisi Tanjung Bira 2009

Posted By Ivan Kavalera on Senin, 19 Oktober 2009 | Oktober 19, 2009



Apa jadinya jika sebuah perhelatan budaya terpaksa diundur dengan alasan anggaran untuk itu belum mencukupi? Sebuah perhelatan budaya bertaraf internasional, Festival Phinisi Tanjung Bira, yang rencananya digelar di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Bulukumba 25 Oktober tahun ini diundur hingga Desember 2009.

Festival Phinisi Tanjung Bira rencananya akan dihadiri 23 negara. Namun panitia mengumumkan perubahan jadwal dengan alasan keterbatasan anggaran.
Pemerintah Kabupaten Bulukumba berjanji mengupayakan untuk menggunakan dana di pos APBD Perubahan akhir tahun ini.
Festival ini dikemas sebagai rangkaian dari Expedition Taka Bonerate di Selayar yang mulai berlangsung Kamis 15 Oktober. Festival Phinisi Tanjung Bira digagas menjadi promosi secara besar-besaran kepada wisatawan domestik dan mancanegara tentang kawasan wisata Sulsel. Sejumlah kegiatan yang telah masuk item acara yakni, pembuatan atau penyusunan miniatur phinisi, pameran UKM dan makanan khas daerah, Fun Diving dan lomba memancing serta pagelaran seni dan Budaya Bulukumba.


Salah satu kunci jadi tidaknya perhelatan ini terpulang kepada para legislator yang bercokol di DPRD Bulukumba untuk menyetujui penggunaan APBD Perubahan. Sebuah perhelatan budaya akan ditentukan oleh perhelatan kepentingan? Sangat mungkin. Hari ini Bulukumba memang lagi demam Pilkada 2010. Para politisi dan kandidat bupati mendadak jago bicara seni dan budaya. Sesuatu yang sebelumnya tidak pernah mereka sentuh sama sekali. Seni dan budaya menjadi lahan basah di ranah politik.

 
Support : Creating Website | LiterasiToday | sastrakecil.space
Copyright © 2011. Alfian Nawawi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by sastrakecil.space
Proudly powered by LiterasiToday