Hot!

Eksakta Kepenyairan Umar Khayyam




Di dunia Barat, Umar Khayyam telah melampaui batas geografis dan demografis dengan julukan The Rub iy t of Omar Khayyam. Bahkan nama besarnya diabadikan menjadi salah satu nama planet kecil di luar angkasa. Pada tahun 1980, seorang ahli astronomi dari Uni Soviet bernama Lyudmila Zhuravlyova menemukan sebuah planet kecil melalui teleskop. Zhuravlyova kemudian menamakan planet itu Umar Khayyam. Kontribusi dan dedikasi Khayyam di bidang astronomi juga diabadikan sebagai salah satu nama kawah di bulan. Pada tahun 1970, para astronom sepakat untuk menggunakan nama Khayyam di salah satu kawah bulan.

Ia seorang ilmuwan matematika, astronomi dan filsafat tapi lebih termasyhur sebagai penyair.  Beberapa sumber sejarah menyebutkan, syair dan puisinya banyak dipengaruhi karya-karya Abu Nawas. Khayyam telah menulis seribu bait syair dan puisi. Puisi-puisinya yang dikenal skeptik justru begitu berpengaruh di dunia Barat. Lahir di Persia (Iran) pada 18 Mei 1048 M dengan nama lengkap Ghiyath A-Din Abu'l-Fath Umar ibnu Brahim Al-Nisaburi A-Khayyami. Secara bahasa, Khayyam berarti 'pembuat tenda'. Nama itu digunakan, karena sang ayah bernama Ibrahim adalah seorang pembuat tenda.

Sebagai seorang ahli matematika ia  menulis buku tentang aljabar berjudul Treatise on Demonstration of Problems of Algebra. Salah satu kontribusinya yang lain dalam bidang matematika, dia menemukan metode memecahkan persamaan kubik dengan memotong sebuah parabola dengan sebuah lingkaran. Pada 1077 M, Khayyam menulis kitab Sharh ma ashkala min musadarat kitab Uqlidis (Penjelasan Kesulitan dari Postulat-postulat Euclid). Umar Khayyam juga berkontribusi dalam geometri, khususnya pada teori perbandingan.

Sebagai pakar astronomi, Khayyam sempat diundang penguasa Isfahan, Malik Syah pada tahun 1073 M. Ia diminta untuk membangun dan bekerja pada sebuah observatorium, bersama-sama dengan sejumlah ilmuwan terkemuka lainnya. Akhirnya, Khayyam dengan sangat akurat (mengoreksi hingga enam desimal di belakang koma) mengukur panjang satu tahun sebagai 365,24219858156 hari.

Ia terkenal di dunia Persia dan Islam karena observasi astronominya. Khayyam pernah membuat sebuah peta bintang (yang kini lenyap) di angkasa. Salah satu prestasinya dalam bidang astronomi dan matematika adalah keberhasilannya mengoreksi kalender Persia.

Pada 15 Maret 1079 M, Sultan Jalaluddin Maliksyah Saljuqi (1072 M - 1092 M) memberlakukan kalender yang telah diperbaiki Khayyam, seperti yang dilakukan oleh Julius Caesar di Eropa pada tahun 46 SM dengan koreksi terhadap Sosigenes, dan yang dilakukan oleh Paus Gregorius XIII pada Februari 1552 dengan kalender yang telah diperbaiki Aloysius Lilius.

Rubaiyat Umar Khayyam merupakan antologi puisi karya Umar Khayyam yang ditulis dalam bahasa Persia. Antologi puisi karya ahli matematika dan astronom itu berjumlah sekitar seribu. Setiap syair dan puisi Khayyam berjumlah empat baris. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia. Salah satu asset terbesar dari dunia Islam itu tetap dikagumi dunia Barat sampai hari ini. Ironisnya, justru kurang dikenal di Timur bahkan di kalangan masyarakat islam sendiri. Mungkin juga akibat kegersangan dunia Timur akan ilmu pengetahuan itulah yang telah disorot Umar Khayyam  dalam salah satu syairnya:


Mari, di bawah pohon dengan sepotong roti 
Sebotol anggur, buku puisi dan Engkau ini 
Di sampingku bernyanyi-nyanyi di padang gurun
Dan padang gurun pun menjadi tanah surgawi.


23 apresiator:

  1. Rekam jejak yang mantap van. Di Indonesia kita juga ada Umar Khayam, sastrawan, salah satu karyanya yang saya ingat "Seribu Kunang-kunang di manhattan".

    BalasHapus
  2. Seperti yang ibu ely bilang sy cm tahu umar khayam yang di sini urang terimakasih telah memberi wawasan baru , begitu banyak sudah tokoh baru yang saya kenal dari blog ini

    BalasHapus
  3. weleh-weleh, ni orang kok mantap abis yah
    udah bisa matematika, jadi penyair pula
    kerennnn
    hehehe

    BalasHapus
  4. *...Khayyam dengan sangat akurat (mengoreksi hingga enam desimal di belakang koma) mengukur panjang satu tahun sebagai 365,24219858156 hari.*

    ck...ck...ck...

    BalasHapus
  5. Semakin banyak saya tahu dari blog ini,.... maka semakin banyak pula yang saya tigak ketahui.
    Yang saya tahu cuman Umar Khayam dari negeri kita.

    Makasih banyak Van...

    BalasHapus
  6. Semakin banyak saya tahu dari blog ini,.... maka semakin banyak pula yang saya tigak ketahui.
    Yang saya tahu cuman Umar Khayam dari negeri kita.

    Makasih banyak Van...

    BalasHapus
  7. membanggakan, karya ilmuwan muslim yg tertelan zaman. mudah2n ini bisa jadi prasasti utk mengingatkan

    BalasHapus
  8. Selain Tan Malaka Dan Semaun, Beliau Salah Satu Tokoh Yang Sampai Saat ini Saya Idolakan.

    BalasHapus
  9. Wow keren, selalu kutemukan orang2 hebat disini, makasih Mas Ivan sudah berbagi.

    Nambah lagi ilmu saya hari ini, Alhamdulillah ya Allah.

    BalasHapus
  10. Kirain tentang Umar Khayam yang ada di Indonesia... ternyata bukan to ?
    Makasih infonya... jadi tambah ilmu nih.

    BalasHapus
  11. Kupikir Umar Khayam orangnya satu yang di Indonesia, ternyata dua orang, diblog ini selalu dapat tokoh dan peristiwa mantap bang!

    BalasHapus
  12. aku juga pernah dengan umar kayyam... cuma sebatas tahu kalau beliau ilmuwan...

    BalasHapus
  13. aku malah tau Umar Kayam yang dari Jogja
    punya beberapa buku kumpulan artikelnya di koran
    Sugih ora banda
    Sugih ora sugih sing penting ngumpul
    dan 1 lagi lupa judulnya

    BalasHapus
  14. aku suka 1000 kunang kunang di manhattan.... huhuhuhu... sukaaaaa banget...

    BalasHapus
  15. bravo broadcasting juga bang ivan.....tadi aq dengerin lagu lama milik power slave di radio n muncul ide buat ngenang sejarahnya radio...gpp ya?hehe salam bang...sukses selalu....

    BalasHapus
  16. Umar Khayam memang keren ya mas... cerdas, berbakat

    BalasHapus
  17. anyin lagi, ninggal link ini...


    minor explore dibuat tidak untuk mendapat perhatian berlebih sebenarnya mas... hahauahuahauahha.. -__-a

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. makasih kemaren sudah sempet follow pandoraboks.blogspot.. yang kemaren kotak komennya sempet error.. hah.. sekarang udah ngga kok mas..


    Bravo Umar Khayam!
    Dan yang dibilang ommunir, Umar Khayamnya indonesia juga ngga kalah keren.

    BalasHapus
  20. Satu lagi wawasan baru yang saya dapat dari postinganmu mas...makasih

    Met pagi n' met beraktivitas..

    BalasHapus